BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

gambar ayam bangkok hitam semua

via ayam-com.blogspot.com

Prospek dan Peluang Usaha Ayam Bangkok yang Begitu Menggiurkan

September 6, 2016

Ayam Bangkok merupakan ayam istimewa karena banyak dijadikan sebagai ayam aduan. Kualitas ayam jenis ini berbeda dari ayam lain, kualitasnya merupakan kualitas terbaik untuk penampilan fisiknya.

Ayam bangkok memiliki penampilan yang bagus dan memiliki gaya bertarung yang juga sangat bagus. Selain ayam bangkok, masih ada jenis ayam lain yang banyak dijadikan sebagai ayam aduan.

Namun ayam bangkok menjadi primadona karena tidak hanya memiliki penampilan yang baik tetapi juga memiliki gaya bertarung yang memuaskan. Banyak orang yang sangat berminat untuk memiliki ayam bangkok, baik hanya sebagai peliharaan atau untuk diadu.

Keunggulan Ayam Bangkok Aduan

gambar ayam bangkok petarung juara

via ayamsabungkualalangat.blogspot.com

Ayam bangkok memang merupakan ayam yang banyak diminati terutama bagi Anda yang memiliki hobi sabung ayam. Ayam bangkok memiliki pukulan yang sangat kuat, cepat dan mampu melawan lawannya sampai tidak berdaya lagi.

Ayam jenis ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya yaitu:

  1. Ulet
  2. Ayam bangkok tidak mudah menyerah ketika terkena pukulan yang cukup keras dari lawannya.

  3. Pukulan Spontan
  4. Ayam bangkok sering memukul lawannya secara spontan sehingga menyebabkan lawannya terseok-seok.

  5. Matanya Tajam
  6. Ayam bangkok memiliki mata yang tajam sehingga kewaspadaannya sangat baik.

  7. Fisik Kuat
  8. Ayam bangkok memiliki fisik yang bagus, badannya panjang dan juga dadanya lebar. Jika dipegang dadanya maka terasa membusung dan berdirinya begitu tegak. Oleh karena itu ayam yang satu ini mampu memukul lawannya dari segala arah.

  9. Lincah
  10. Selain memiliki pukulan yang kuat, ayam bangkok juga sangat cerdik dan juga lincah. Ayam bangkok memiliki pangkal sayap besar dan bulu yang panjang. Sementara pinggangnya ramping dan terasa empuk ketika dipegang.

Itulah kelebihan ayam bangkok jika dijadikan sebagai ayam aduan untuk Anda yang memilik hobi sabung ayam.

Namun Anda juga harus mengetahui kelemahan ayam bangkok, walaupun memiliki banyak kelebihan ayam bangkok tetap membutuhkan perhatian khusus. Terutama untuk Anda yang sering mengadu ayam bangkok Anda. Ketika bertarung, perhatikan bagian mana saja yang terserang oleh lawan.

Bagian yang terserang tersebut bisa jadi membutuhkan pengobatan lebih karena lukanya setelah bertarung. Jika tidak segera diobati maka hal tersebut dapat menjadi kelemahan ayam bangkok milik Anda.

Bagian-bagian yang menjadi tempat sasaran ketika bertarung bagi ayam bangkok yaitu perut, leher, dagu, telinga, alis, pembuluh darah, urat syaraf dan mata.

Jika bagian mata yang terserang oleh lawan, maka dapat menyebabkan kebutaan. Kemudian ayam bangkok tidak mampu melihat lawan dan akan kalah ketika bertarung. Serangan-serangan pada bagian tertentu bahkan dapat menyebabkan ayam bangkok pingsan ataupun meninggal.

Posisi yang terbaik bagi ayam bangkok ketika bertarung yaitu dari samping. Jika Anda ingin ayam bangkok milik Anda menjadi juara, latihlah ayam bangkok Anda sesering mungkin.

Ciri Ayam Bangkok Istimewa

gambar ciri ayam bangkok istimewa

via ayambangkok10.wordpress.com

Jika diperhatikan, ayam bangkok memang memiliki gaya tarung yang unik sehingga cukup mudah dikenali. Namun ayam bangkok istimewa sebenarnya memiliki ciri-ciri fisik yang dapat dikenali dengan mudah.

Penting untuk Anda ketahui, bentuk dari fisik ayam bangkok memiliki pengaruh yang sangat besar pada kemampuan bertarungnya. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri fisik ayam bangkok yang istimewa. Dengan begitu, Anda dapat membedakan mana ayam bangkok yang istimewa atau yang biasa.

Ciri-ciri ayam bangkok sendiri terbagi menjadi 2 yaitu ciri khusus dan ciri umum. Ciri yang menjadi prioritas untuk menentukan kualitas ayam bangkok tentu saja yaitu ciri khusus.

Adapun ciri-cirinya yaitu memiliki kepala yang berbentuk layaknya buah pinang serta tubuh yang panjang dan bulat. Ayam bangkok yang istimewa memiliki sayap yang panjang dan juga rapat serta paha bulat pipih.

Untuk pangkal ekornya tampak besar dan juga kaku, itulah ciri khusus untuk ayam bangkok yang istimewa. Ciri ayam bangkok yang istimewa ini memang lebih sedikit dibandingkan dengan ciri umumnya.

Jika ayam bangkok memiliki ciri khusus yang sudah disebutkan tersebut, maka Anda dapat mengabaikan ciri umumnya. Dengan kata lain, ayam bangkok tersebut tentunya merupakan ayam bangkok yang istimewa. Namun akan lebih baik jika Anda juga mengetahui dan memperhatikan ciri umumnya.

Ciri-ciri umum ayam bangkok yang istimewa antara lain yaitu memiliki paruh panjang dan juga tebal yang mirip dengan paruh elang. Kemudian lehernya terlihat lurus dan juga tebal dan bulu ekornya sangat lebat sampai menyentuh tanah. Ciri lainnya yaitu memiliki dada yang bidang serta bahu yang kuncup.

Selain itu, ayam bangkok yang istimewa juga memiliki lutut yang menekuk. Kakinya tampak kering, penuh dengan sisik yang tampak rapi dan jari-jarinya halus serta panjang.

Itulah ciri umum dari ayam bangkok yang istimewa dengan kualitas yang terbaik.

Sayangnya, tidak mudah untuk menemukan ayam bangkok yang memiliki semua ciri-ciri tersebut yaitu ciri umum dan ciri khusus. Jika Anda sudah menemukan ayam bangkok dengan ciri-ciri khusus, sebenarnya itu sudah cukup. Ayam bangkok tersebut dapat segera Anda latih agar menjadi ayam bangkok aduan juara.

Selain dijadikan sebagai ayam aduan, Anda juga dapat melatih ayam bangkok dengan ciri khusus untuk dijadikan sebagai induk jantan bagi Anda yang ingin membudidayakannya. Seperti yang Anda ketahui, peminat ayam bangkok semakin hari semakin tinggi saja. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba usaha yang satu ini.

Ayam bangkok sangat diminati oleh semua kalangan, bahkan tidak hanya kaum pria saja. Ayam yang terkenal dengan pukulannya yang kuat dan cepat ini memang banyak penggemarnya.

Persiapan Budidaya Ayam Bangkok Super

gambar ayam bangkok betina berkualitas

via enggalbabarfarm.com

Saat ini ternak ayam bangkok menjadi bisnis yang banyak diminati karena penggemar ayam aduan semakin banyak. Minat masyarakat terhadap ayam aduan ini terus meningkat walaupun harganya tidak murah.

Bagi Anda yang memiliki hobi sabung ayam, ternak ayam bangkok merupakan usaha yang tepat untuk Anda lakukan. Celah pasar masih terbuka lebar bagi Anda yang ingin berkecimpung dalam bisnis yang satu ini.

Keuntungannya sangat menggiurkan, usaha ini dapat membantu Anda memperoleh penghasilan tambahan. Manfaatkan hobi Anda tersebut demi keuntungan yang tidak sedikit.

Menjalankan usaha ternak ayam bangkok dapat Anda coba walau dengan modal yang minimal. Jangan meremehkan usaha yang satu ini, jika ditekuni maka keuntungannya dapat menjadi sumber penghasilan Anda.

Jika Anda dapat menghasilkan ayam bangkok dengan kualitas super, maka banyak orang yang hobi tarung ayam membeli ayam bangkok yang Anda miliki. Untuk menghasilkan ayam bangkok yang super, ada beberapa tips yang penting untuk Anda perhatikan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk Anda yang ingin sukses dalam ternak ayam bangkok:

Jika bibit, kandang dan juga pakan diperhatikan dengan baik, maka ayam bangkok yang Anda ternak akan laku keras. Mengenai harganya, Anda dapat memperhitungkan sendiri untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bisnis dan Harga Ayam Bangkok Terbaru

gambar ayam bangkok hitam kumbang

via ayambangkoksurabaya.blogspot.com

Bisnis ternak ayam bangkok memang sangat menggiurkan karena ayam bangkok sebenarnya tidak hanya dijadikan ayam aduan saja. Tetapi tidak jarang rumah makan yang menjadikan daging ayam bangkok sebagai menu utama.

Seperti yang Anda ketahui, ayam bangkok memiliki daging yang teksturnya lebih lezat dibandingkan ayam kampung. Untuk itu ayam bangkok memang lebih unggul dibanding ayam kampung bahkan untuk kelezatan dagingnya.

Baik ayam kampung dan ayam bangkok, keduanya memiliki masa panen yang sama. Namun ayam bangkok memiliki berat badan yang lebih dibanding ayam kampung, bahkan selisihnya mencapai 50 persen. Untuk menjalankan usaha ternak ayam bangkok sebenarnya tidaklah sulit karena tidak membutuhkan keahlian khusus.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, usaha yang satu ini dapat sukses jika Anda dapat menekuninya. Siapa saja dapat melakukan usaha yang satu ini, tidak harus orang yang hobi dengan sabung ayam.

Namun jika Anda memiliki hobi sabung ayam, maka akan lebih baik. Di mana Anda dapat menekuni hobi Anda dan mendapatkan keuntungan dari usaha yang satu ini. Anda dapat memulainya dengan skala rumahan lalu secara perlahan dikembangkan menjadi skala besar.

Modal awal yang perlu Anda keluarkan untuk menjalankan usaha ternak ayam bangkok tidak harus besar. Anda dapat memulainya dengan membeli minimal 2 indukan yaitu 1 ayam bangkok jantan dan 1 ayam bangkok betina. Namun jika Anda memiliki modal yang lebih maka Anda dapat membeli indukan sekitar 10 sampai 50 ekor.

Perawatan ayam bangkok tidaklah sulit, baik soal pakan ataupun kandangnya. Secara umum, perawatan ayam bangkok mirip dengan perawatan ayam kampung. Namun keuntungan yang diperoleh tentunya lebih besar dibandingkan dengan ternak ayam kampung.

Seperti yang Anda ketahui, ayam kampung ditawarkan dengan harga tergantung dari berat badannya. Sementara ayam bangkok dijual dengan harga tergantung dari postur tubuhnya.

Harga ayam bangkok di pasaran saat ini yaitu setidaknya 500 ribu bahkan mencapai jutaan rupiah per ekor. Sedangkan untuk ayam bangkok yang super karena pandai bertarung tentunya akan dijual dengan harga yang jauh lebih mahal.

Bagaimana, sangat menggiurkan bukan keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha ternak ayam bangkok? Untuk itu jangan meremehkan usaha yang satu ini, cobalah untuk menjalankannya untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Tips Memulai Usaha Ayam Bangkok Super

gambar ayam bangkok blorok madu kaki putih

via jawaraayam.blogspot.com

Sebelumnya sudah disebutkan apa saja yang perlu diperhatikan untuk Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam bangkok. Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam bangkok.

Sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti arah pasar dan juga harga jual ayam aduan tersebut. Tanpa mengetahui kedua hal tersebut, Anda akan mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha ternak ayam bangkok.

Langsung saja, berikut adalah tips memulai usaha ternak ayam bangkok:

  1. Memilih Bibit
  2. Dalam memilih bibit sebaiknya jangan terburu-buru, lakukan dengan santai saja. Kunjungi tempat-tempat peternakan ayam bangkok yang dapat Anda kunjungi. Namun jangan bilang ingin membeli ayam bangkok, cukup bilang kalau Anda hanya ingin melihat-lihat saja. Kemudian bilang jika ada yang cocok dengan selera Anda maka Anda ingin membelinya.

    Ketika melihat-lihat, tanyakan kepada peternak ayam tersebut apakah ayam bangkok yang ditawarkan pernah menang dalam bertarung atau belum. Jangan lupa juga untuk menanyakan mengenai harga per ekor ayam bangkok yang ditawarkan.

    Jika Anda mengetahui ada ayam bangkok yang bagus dan berkualitas di tempat tersebut maka jangan terburu-buru untuk membeli. Tunggulah beberapa hari namun jangan terlalu lama juga untuk menundanya.

    Kunjungi pula peternak ayam bangkok lain, mungkin saja ada ayam bangkok yang berkualitas dan ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

    Untuk itu Anda jangan terpaku pada 1 tempat saja namun lakukan survei di beberapa tempat. Perhatikan kualitasnya mulai dari postur tubuhnya, kesehatannya dan yang pasti berapa harganya.

    Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan ayam bangkok calon juara, maka carilah ayam bangkok indukan yang sering menang. Oleh sebab itu ketika bertanya-tanya di beberapa tempat peternakan ayam bangkok Anda harus pandai memancing peternaknya untuk menceritakan bagaimana ayam bangkoknya.

    Jika ayam bangkok yang dimilikinya sering menang, tentunya itu merupakan bibit yang sangat bagus untuk Anda jadikan sebagai indukan. Untuk memperoleh hasil ayam bangkok calon juara maka pilihlah indukan yang setidaknya pernah menang 1 kali.

  3. Persiapan Kandang
  4. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandang untuk ayam bangkok setidaknya memiliki tinggi 50 cm. Namun umumnya untuk ayam bangkok calon juara ditempatkan pada kandang dengan tinggi sekitar 150 cm. Untuk panjangnya yaitu sekitar 100 cm dan lebarnya yaitu 80 cm, itu sudah cukup.

    Semakin besar ukuran kandang maka akan semakin bagus karena sebenarnya tidak ada ukuran baku untuk kandang ternak ayam bangkok. Kandang ayam bangkok tidak harus dibuat di atas lahan yang luas, di pekarangan rumah juga sudah cukup.

  5. Pemberian Pakan
  6. Berikanlah formulasi yang tepat untuk pakan ayam bangkok, berikan pula jamu ataupun vitamin. Dengan formulasi yang tepat, ayam bangkok akan tumbuh dengan cepat dan biaya pakannya dapat ditekan. Yang tidak kalah penting, ayam bangkok Anda dapat tumbuh dengan sehat tanpa adanya masalah kesehatan.

Selain ketiga hal tersebut, jangan lupa pula untuk memberikan latihan pada ayam bangkok yang Anda miliki. Terutama jika Anda ingin menghasilkan ayam bangkok calon juara, latihan sangat diperlukan.

Kemampuan tarung ayam bangkok akan semakin bagus jika Anda telaten melatih ayam-ayam bangkok. Pengalaman akan menjadi tips jitu agar ayam bangkok peliharaan Anda menjadi juara. Tidak ketinggalan pula mengenai pemasaran, tentunya Anda ingin usaha ternak ayam bangkok yang Anda jalani dapat memberikan keuntungan besar. Untuk itu Anda harus memikirkan pemasaran dengan sebaik mungkin.

Peluang Usaha Ternak dan Jual Ayam Bangkok

prospek dan peluang usaha ayam bangkok yang begitu menggiurkan

via jawaraayam.blogspot.com

Salah satu usaha yang saat ini sedang menjadi incaran banyak orang yaitu ternak ayam bangkok. Usaha yang satu ini merupakan usaha berbasis hobi sehingga terasa lebih menyenangkan. Berikut ini ada beberapa faktor kenapa usaha ternak ayam bangkok sangat disarankan:

  1. Modal Kecil
  2. Untuk memulai usaha ternak ayam bangkok hanya membutuhkan modal kecil. Sebelumnya sudah disampaikan bahwa ternak ayam bangkok dapat dimulai dengan memiliki 2 ekor indukan.

    Yaitu 1 indukan jantan dan 1 indukan betina untuk dikawinkan dan menghasilkan calon ayam bangkok juara. Namun akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan indukan dengan kualitas bagus yang umumnya ditawarkan dengan harga tinggi.

    Dalam hal ini, Anda yang memiliki hobi sabung ayam memiliki keuntungan tersendiri. Terutama jika ayam yang biasa Anda adu merupakan ayam juara yang sering memenangkan pertarungan atau bahkan tidak pernah kalah.

    Tanpa harus membeli ayam bangkok dengan harga selangit, Anda dapat menghasilkan ayam bangkok yang istimewa dan super. Tentunya dengan menggunakan ayam juara Anda tersebut untuk dijadikan sebagai indukan.

    Terlepas dari hal tersebut, modal untuk menunjang hal-hal lainnya masih sangat terjangkau. Usaha ini memang tidak membutuhkan modal yang besar terlebih lagi jika Anda memulainya dari skala rumahan.

  3. Perawatan Mudah
  4. Tidak hanya karena membutuhkan modal yang kecil, usaha ternak ayam bangkok dikatakan menggiurkan karena perawatannya cukup mudah.

    Anda dapat menjadikan usaha ternak ayam bangkok sebagai usaha sampingan karena merawat ayam bangkok tidak membutuhkan perhatian ekstra. Layaknya Anda memelihara ayam kampung, Anda hanya perlu memberi pakan dan lain sebagainya ketika sudah waktunya.

  5. Sarana Produksi yang Mudah Diperoleh
  6. Untuk Anda yang berminat untuk menjalankan usaha ternak dan jual ayam bangkok, jangan ragu lagi. Tidak hanya karena modalnya yang sedikit dan perawatannya yang mudah, sarana produksi untuk usaha ini mudah diperoleh.

    Tidak seperti usaha budi daya pertanian yang kerap mengalami kelangkaan sarana produksi seperti obat ataupun pupuk. Usaha ternak ayam bangkok bebas dari masalah-masalah tersebut. Baik pakan, jamu dan juga vitamin dapat diperoleh dengan mudah atau bahkan Anda dapat membuatnya sendiri.

  7. Pasar Luas
  8. Seperti yang Anda ketahui peminat ayam bangkok dan pehobi sabung ayam semakin hari semakin meningkat. Hal ini dapat menjadi celah untuk Anda yang ingin meraup keuntungan besar dari usaha ternak ayam.

  9. Keuntungan Besar
  10. Dengan modal yang kecil, Anda dapat mendapatkan keuntungan besar dari usaha ternak ayam bangkok. Bagaimana tidak, jika ayam bangkok yang Anda jual adalah super maka sudah pasti harganya sangat tinggi.

    Dengan modal 2 indukan, akan lahir beberapa ekor ayam bangkok calon juara. Jika dikembangkan terus-menerus maka ayam bangkok yang Anda miliki semakin hari akan semakin banyak.

Namun penting Anda ingat, ayam bangkok merupakan ayam yang cukup mudah terserang penyakit. Terutama jika lokasi kandangnya dekat dengan lokasi kandang ayam potong, untuk itu pilih lokasi yang tepat.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus siap menanggung kerugian jika terjadi pencurian ayam. Hal ini sering terjadi di peternakan ayam bangkok dan menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh para peternak. Jika Anda siap untuk memulai usaha ternak ayam bangkok, Anda harus siap dengan segala risiko yang ada.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai prospek dan juga peluang usaha ternak ayam bangkok. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang berniat untuk memanfaatkan celah usaha ternak ayam bangkok.

Kunci sukses untuk usaha yang satu ini adalah keuletan dan ketelatenan Anda dalam menjalankannya. Jangan terlalu mengharapkan keuntungan besar di awal namun telateni usaha ayam bangkok secara perlahan.

Sharing is Caring

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service