BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

budidaya ikan gabus

via inaturalist.org

Budidaya Ikan Gabus dengan Omzet Besar dan Pangsa Pasar Luas

October 2, 2016

Budidaya ikan gabus memang tidak sepopuler budidaya ikan air tawar lainnya seperti nila, gurame ataupun lele. Namun jika ditelusuri lebih dalam lagi, peluang usaha budidaya ikan air tawar yang satu ini mampu menghasilkan omset yang luar biasa. Ikan gabus sendiri merupakan ikan air tawar dengan daging yang sangat nikmat.

Yang cukup mengejutkan, ikan gabus juga memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Siapa sangka ikan yang enak dikonsumsi ini memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Jadi selain untuk dikonsumsi, ikan gabus juga banyak dicari untuk dijadikan obat herbal.

Ikan gabus biasa disebut sebagai ikan kutuk oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Kandungan yang ada di dalam ikan gabus memang sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan.

Ikan gabus diketahui mengandung asam amino yang lengkap baik yang esensial ataupun non esensial. Jika anda mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, ada banyak manfaat yang dapat anda peroleh.

Tidak hanya memanjakan lidah para penikmatnya, ikan gabus juga mampu memberikan khasiat luar biasa bagi kesehatan. Ikan gabus juga sangat disarankan untuk dikonsumsi anak-anak, ibu hamil dan bahkan bayi.

Cara Budidaya Ikan Gabus dan Peluang Usahanya

cara budidaya ikan gabus dan peluang usahanya

via youtube.com

Ikan gabus merupakan ikan air tawar dari keluarga Channedae, bentuknya mirip dengan ular. Berkat bentuknya yang mirip ular tersebut membuat ikan gabus sering disebut sebagai Snakeheads.

Untuk jenisnya, di Indonesia ditemukan terdapat 3 jenis ikan gabus. Di antaranya yaitu Great Snackhead yaitu ikan gabus yang panjangnya mencapai 1 meter. Jenis lainnya yaitu Forest Snackhead yang ukuran panjangnya dapat mencapai 40 cm.

Untuk jenis lainnya yaitu Channa Gacua, yaitu ikan gabus terkecil. Jenis ikan gabus terkecil itulah yang banyak dibudidayakan, dijualbelikan dan dikonsumsi.

Sampai saat ini peluang usaha budidaya ikan gabus masih terbuka cukup lebar. Bagaimana tidak, permintaan pasar akan ikan gabus masih cukup tinggi namun tidak disertai dengan pasokan yang cukup. Hal tersebut mengakibatkan harga ikan gabus yang semakin naik karena kurangnya pembudidaya ikan gabus.

Bukankah ini menjadi peluang emas untuk anda yang selama ini bingung mencari jenis usaha yang mampu diandalkan? Tingginya pengeluaran untuk kebutuhan hidup menuntut anda untuk berpikir cerdas bagaimana cara menghasilkan uang banyak. Untuk itu cobalah menjadi pembudidaya ikan gabus yang menawarkan omzet besar.

Ikan gabus mirip dengan ikan lele yaitu termasuk kanibal atau pemakan sejenis. Untuk itu, sangat disarankan untuk memisahkan ikan gabus yang kecil dari ikan gabus yang besar. Jika tidak dipisahkan maka ikan gabus yang kecil hanya akan jadi pakan untuk ikan gabus besar. Bahkan ikan gabus cenderung lebih liar dibandingkan ikan lele.

Jadi bayangkan berapa kerugian yang akan anda tanggung jika anda tidak memisahkan ikan gabus kecil dan besar. Ikan gabus kecil akan habis dan budidaya ikan gabus yang anda lakukan menjadi sia-sia.

Budidaya ikan gabus ini memang sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan budidaya ikan lele. Yang mana pemijahan ikan lele dapat dilakukan dengan lebih mudah yaitu dengan melakukannya pemijahan buatan. Sementara pemijahan untuk ikan gabus harus dilakukan secara alami sesuai dengan kondisi habitat aslinya.

Namun tenang saja, ada beberapa trik yang dapat anda lakukan agar kolam ikan gabus terasa seperti habitat aslinya. Gunakan saja kolam beton yang berukuran 3x5 m, jangan lupa untuk menjaga tingkat suhunya.

Ingat, ikan gabus hidup di perairan yang dalam dan juga gelap serta terdapat banyak lubang. Pada lubang tersebutlah ikan gabus dapat melakukan pemijahan secara alami.

Namun, bagaimana cara membuat lubang di dalam kolam beton berukuran 3x5 m tersebut? Jawabannya yaitu cukup gunakan gentong. anda dapat meletakkan beberapa gentong berukuran kecil di dalam kolam, letakkan miring.

Gentong tersebut akan dianggap sebagai lubang bagi ikan gabus dan ikan gabus dapat melakukan pemijahan di dalamnya. Bagaimana? Cukup sederhana bukan trik agar ikan gabus dapat melakukan pemijahan alami? Pastikan untuk mencoba cara tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan enceng gondok ke dalam kolam pemijahan tersebut untuk membuat ikan gabus semakin nyaman. Enceng gondok dapat membantu ikan gabus merasa bahwa ia berada di habitat aslinya. Kolam pemijahan yang berukuran 3x5 m tersebut dapat anda isi dengan 30 ekor indukan jantan dan juga 30 ekor indukan betina.

Sebelum itu anda harus mengetahui ciri-ciri ikan gabus yang betina dan jantan. Untuk yang betina biasanya ditandai dengan bentuk kepala yang bulat dan warna tubuhnya cenderung terang.

Sebagai calon pembudidaya ikan gabus yang sukses, anda dituntut untuk mengetahui karakter ikan gabus. Jika ikan gabus selesai melakukan pemijahan maka anda dapat mengambil telurnya menggunakan skupnet halus.

Kemudian letakkan telur tersebut ke dalam akuarium untuk ditetaskan, gunakan akuarium dengan ukuran 60x40x40 cm. Untuk membantu proses penetasan, usahakan aerasi harus tetap menyala dan air di dalam akuarium harus bersuhu 2 derajat celcius selama 24 jam.

Ketika telur menetas maka akan muncul larva, biarkan larva selama 2 hari untuk tidak diberi makan.

Untuk larva yang usianya lebih dari 3 hari dapat anda pisahkan dan beri pakan berupa baupli artemia. Dalam 1 liter air dapat dihuni oleh 5 sampai 7 ekor larva, berikan pakan dengan frekuensi 3 kali sehari. Setelah larva menjadi bibit ikan gabus yang siap digunakan, anda dapat menyiapkan kolam untuk membesarkan ikan gabus tersebut.

Kolam yang dapat anda gunakan yaitu kolam tanah yang memiliki ukuran kurang lebih 200 meter persegi. Jika anda terhambat dengan lokasi yang tidak memadai, cukup gunakan terpal untuk pembuatan kolam ikan gabus.

Demi kesuksesan budidaya ikan gabus, anda harus membuat kolam terasa seperti habitat asli bagi ikan gabus. Dimana anda dapat memasukkan 5 sampai 7 karung kotoran, baik kotoran ayam, puyuh atau kotoran ternak lain yang sudah kering. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan pH agar mirip dengan habitat asli ikan gabus.

Untuk volume air sebaiknya dalam sebuah kolam diberi air dengan ketinggian sekitar 40 cm. Biarkan terlebih dahulu kolam tersebut selama kurang lebih 5 hari sebelum digunakan.

Pembesaran ikan gabus dilakukan sampai ikan gabus memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran pasar atau ukuran siap konsumsi. Benih yang harus digunakan merupakan benih yang sehat dan sudah disortir terlebih dahulu.

Dalam setiap kolam, anda dapat memasukkan 50 sampai 100 ekor benih per meter persegi. Kedalaman air di dalam kolam tersebut sebaiknya sekitar 80 sampai 100 cm.

Pakan utama untuk ikan gabus dapat berupa pelet, anda juga dapat memberikan pakan berupa hewan-hewan kecil. Misalnya saja cacing, ikan rucah, daging bekicot dan lain sebagainya, berikan secukupnya saja.

Selain porsi, anda harus memperhatikan waktu pemberian pakan untuk hewan kanibal tersebut. Jika anda dapat memeliharanya secara tepat, usaha budidaya ikan gabus anda akan segera sukses.

Pangsa pasar untuk ikan gabus tidak susah, bahkan permintaan pasar masih cukup tinggi setiap tahunnya. Untuk harganya sendiri, ikan gabus dijual dengan harga sekitar 30 sampai 40 ribu rupiah per kilogramnya.

Selain dapat dijual dalam kondisi segar, ikan gabus juga dapat diolah menjadi barang bernilai jual tinggi lainnya. Misalnya abon, kerupuk, pempek, ikan asin dan bahkan obat herbal.

Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

manfaat ikan gabus bagi kesehatan

via wikipedia.org

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar bahwa ikan gabus memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Hal ini memang sudah menjadi rahasia umum, terbukti dari banyaknya obat-obatan yang terbuat dari ekstrak ikan gabus.

Ikan gabus memiliki khasiat luar biasa berkat kandungan proteinnya yang tinggi. Bahkan kandungan protein di dalam ikan gabus merupakan yang paling tinggi diantara ikan-ikan lainnya. Ikan gabus dapat ditemukan dengan mudah di alam liar seperti rawa, sungai ataupun danau.

Jika dilihat sekilas, ikan gabus memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan lele. Tidak hanya mirip bentuk tubuhnya saja tetapi karakteristiknya juga beberapa ada yang mirip. Sama seperti ikan lele, ikan gabus dapat bertahan di darat dalam kurun waktu cukup lama.

Pasalnya, ikan gabus mampu bernapas langsung dengan udara luar tanpa ada kendala. Jika anda tidak percaya, anda dapat membuktikannya sendiri dengan meletakkan ikan gabus di baskom atau di wadah tanpa ada air di dalamnya.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh dari ikan gabus yang kaya akan protein. Berikut adalah manfaatnya bagi kesehatan:

  1. Membantu Pertumbuhan dan Pembentukan Otot
  2. Untuk anda yang ingin memiliki otot yang bagus, dukung usaha anda dengan mengkonsumsi ikan gabus. Pembentukan otot sangat didukung oleh konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti putih telur. Namun selain putih telur, anda juga dapat memperoleh protein yang cukup dari ikan gabus.

    Dari 100 gram ikan gabus, anda dapat memperoleh 25,2 gram protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot. Kandungan protein ini 2 kali lebih besar dibandingkan protein yang ada di dalam putih telur.

  3. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
  4. Jika anda memiliki luka di tubuh anda, dukung proses penyembuhannya dengan mengkonsumsi ikan gabus. Ikan gabus juga mengandung albumin yang sangat tinggi, sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka.

  5. Menjaga Keseimbangan Cairan di Dalam Tubuh
  6. Zat albumin yang terdapat di dalam daging ikan gabus juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan regulasi cairan di dalam tubuh. Jika kadar cairan di dalam tubuh anda kurang, maka protein yang anda serap ke dalam tubuh anda tidak dapat berfungsi dengan normal.

  7. Baik untuk Pencernaan
  8. Struktur daging ikan gabus sangat empuk dan tentunya saja mudah untuk dicerna. Bahkan ketika anda mengkonsumsi daging ikan gabus dalam jumlah besar maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam buang air besar.

  9. Penyembuhan Berbagai Penyakit
  10. Untuk manfaat ikan gabus yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak buktinya. Salah satu buktinya yaitu banyaknya obat yang terbuat dari bahan utama berupa ekstrak daging ikan gabus. Obat-obat tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan bahkan untuk penyakit kronis.

    Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat dari ekstrak ikan gabus antara lain yaitu infeksi pari, hepatitis, typhus, stroke, diabetes dan masih banyak lagi lainnya.

  11. Memperbaiki Gizi Buruk
  12. Sampai saat ini masih banyak anak-anak yang tumbuh dengan gizi buruk, bahkan juga terjadi pada ibu hamil. Penderita gizi buruk akan mengalami berbagai gangguan kesehatan yang sangat berisiko.

    Oleh sebab itu, untuk memperbaiki gizi buruk sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus. Baik pada anak-anak ataupun ibu hamil, keduanya membutuhkan asupan gizi yang cukup.

  13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  14. Manfaat lain mengkonsumsi daging ikan gabus yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Jika anda mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, daya tubuh anda akan terjaga. anda tidak akan mudah sakit terutama ketika pancaroba atau ketika perubahan cuaca.

  15. Mengatasi Pembengkakan di Tubuh
  16. Kandungan albumin di dalam daging ikan gabus ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan.

  17. Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi
  18. Seperti yang sudah disebutkan, mengkonsumsi ikan gabus dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Begitu juga untuk luka pasca operasi, anda dapat mempercepat proses penyembuhannya dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur.

  19. Membantu Penyembuhan Anak Autis
  20. Untuk membantu penyembuhan anak autis, anda dapat memanfaatkan ikan gabus untuk dijadikan sebagai menu makan tetap. Kandungan proteinnya yang sangat tinggi memang memiliki khasiat luar biasa, bahkan untuk anak-anak autis.

Itulah manfaat-manfaat dari ikan gabus yang sangat bagus untuk kesehatan. Dilihat dari banyaknya manfaat yang ada, jangan ragu lagi untuk memulai budidaya ikan gabus.

Dari 100 gram daging ikan gabus, kandungan gizi yang ada yaitu:

Berkat kandungan-kandungan tersebutlah ikan gabus memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Trik Jitu Mancing Ikan Gabus

trik jitu mancing ikan gabus

via fishhut.blogspot.com

anda memiliki hobi memancing? Jika iya maka tentunya anda sudah sering memancing ikan gabus. Untuk membantu anda agar mendapatkan hasil mancing yang banyak, simak tips dan trik berikut ini:

  1. Mancing di Pagi atau Sore Hari
  2. Jika ingin mendapatkan hasil tangkapan yang banyak, memancinglah ikan gabus di pagi atau di sore hari. Di pagi atau di sore hari, kondisi cuaca tidak terlalu panas sehingga ikan gabus tidak banyak yang sembunyi dari panasnya terik matahari.

    Begitu juga sebaliknya, jika anda memancing di siang hari maka peluang menangkap ikan lebih sedikit. Pasalnya ikan-ikan banyak yang sembunyi di pinggiran atau di daerah yang dekat dengan pohon.

  3. Sabar
  4. Kunci sukses ketika memancing adalah sabar, jika anda tidak sabar maka anda tidak cocok untuk memancing. Terutama ketika anda memancing ikan gabus di siang hari, anda membutuhkan kesabaran yang lebih.

  5. Pandai Menarik Senar
  6. Ketika anda melempar umpan dalam mancing ikan gabus, sebaiknya jangan asal dalam menarik senarnya. Jika anda terlalu terburu-buru, bisa jadi senar putus dan anda tidak mendapatkan ikan gabus. Untuk itu tariklah secara perlahan tapi pasti sampai anda menangkap ikan gabus.

    Umpan yang anda tarik secara perlahan akan terlihat seperti ikan asli sehingga ikan gabus akan tertarik untuk memangsanya.

  7. Gunakan Senar Pilihan
  8. Ketika memancing ikan gabus, anda harus menggunakan senar pilihan yaitu senar yang berkualitas. Pilih senar yang mampu menahan berat ikan hingga 20 kg dan tidak mudah luntur.

Umpan Ikan Gabus Paling Jitu

umpan ikan gabus paling jitu

via deccanangler.blogspot.com

Selain trik memancing, umpan juga memiliki andil besar terhadap kesuksesan dalam memancing ikan gabus. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan gabus yang bagus untuk dijadikan umpan, antara lain:

  1. Cacing Tanah
  2. Umpan yang satu ini memiliki bau amis yang mampu menarik perhatian ikan gabus. Tingkat keberhasilan memancing ikan gabus menggunakan cacing tanah cukup tinggi, anda dapat membuktikannya sendiri.

  3. Belalang
  4. Selain cacing, belalang juga merupakan umpan yang ampuh untuk menarik ikan gabus.

  5. Jangkrik
  6. Jangkrik menjadi jenis hewan yang memiliki suara merdu, hewan ini sangat cocok dijadikan sebagai umpan untuk menarik ikan gabus.

  7. Katak Kecil
  8. Hewan kecil lain yang dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan gabus yaitu katak kecil. Usahakan katak kecil tersebut tidak mati agar anda dapat segera menangkap ikan gabus.

  9. Ulat dari Daun Pisang
  10. Ada banyak ulat yang ada saat ini namun ulat daun pisang adalah pilihan favorit ikan gabus. Ulat daun pisang sangat ampuh dalam menarik ikan gabus.

  11. Ikan Wader atau Ikan Kecil Lainnya
  12. Seperti yang sudah disebutkan bahwa ikan gabus termasuk kanibal. Jika anda ingin menangkapnya menggunakan ikan-ikan kecil, gunakan ikan wader atau ikan kecil-kecil lainnya.

Itulah umpan-umpan yang dapat anda andalkan untuk memancing ikan gabus. Umpan ikan gabus tersebut dapat anda peroleh dengan mudah dan juga murah.

Modal dan Keuntungan Bisnis Budidaya Ikan Gabus

modal dan keuntungan budidaya ikan gabus

via pinterest.com

Setelah membaca uraian di atas, anda mungkin sudah sangat yakin untuk melakukan budidaya ikan gabus. Dengan membudidayakan ikan gabus, anda dapat membuka bisnis lain seperti pemancingan ikan gabus. Bayangkan betapa besar keuntungan dari usaha budidaya ikan gabus ini, tentunya tidak sedikit.

Namun hanya dengan membudidayakan ikan gabus tanpa membuka bisnis lain saja sudah memberikan keuntungan besar bagi anda. Lalu berapa besar modal yang harus anda persiapkan dan berapa keuntungan yang dapat anda?

Berikut analisa sederhana yang dapat anda jadikan sebagai contoh perhitungan modal dan keuntungan dari bisnis budidaya ikan gabus. Modal yang harus anda keluarkan mulai dari pembelian indukan, pembuatan kolam dan biaya pakan serta kebutuhan lainnya sekitar 10 juta rupiah.

Keuntungan yang dapat anda peroleh dalam sekali masa panen mungkin tidak sebesar modal anda. Namun jika sudah panen yang ke-3 atau bahkan yang ke-2, modal anda sudah kembali. Untuk selanjutnya, anda hanya perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan saja. Keuntungan yang dapat anda kantongi tentu saja besar mencapai puluhan juta rupiah.

Semakin besar skala usaha budidaya ikan gabus yang akan anda lakukan maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan anda peroleh. Namun anda juga harus mengeluarkan modal yang lebih besar terutama untuk pembuatan kolam.

Pembuatan kolam beton mungkin membutuhkan dana yang lebih mahal namun kolam ini dapat bertahan dalam rentan waktu yang sangat lama. Berbeda jika anda menggunakan terpal, risiko rusak lebih cepat terjadi. Sementara untuk pembelian alat-alat lain tidak membutuhkan dana yang terlalu besar.

Semakin anda pandai mengatur pengeluaran maka semakin besar pula peluang untuk sukses. Keuntungan yang anda peroleh tentu sangat besar karena modal yang anda keluarkan hanya sedikit.

Namun penting untuk anda ingat, jangan terlalu perhitungan untuk memberikan pakan pada ikan gabus. Dengan kebutuhan gizi yang cukup, ikan gabus yang anda budidayakan akan tumbuh subur dan sehat serta berbobot.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai budidaya ikan gabus, peluang usaha dengan omzet besar. Semoga ulasan mengenai budidaya ikan gabus ini dapat memotivasi anda untuk menjadi pembudidaya ikan gabus yang sukses.

Sharing is Caring

«

»


One Response to “Budidaya Ikan Gabus Dengan Omzet Besar Dan Pangsa Pasar Luas”

  1. Lia says:

    yg banyak di budidaya bukan Chana Gacua gan, tapi Chana striata.

KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service