BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

peluang usaha budidaya sereh, hemat biaya banyak laba

via pinterest.com

Peluang Usaha Budidaya Sereh; Hemat Biaya Banyak Laba

November 10, 2016

Tanaman sereh atau serai merupakan sejenis tanaman yang berdaun mirip rumput gajah dengan daun yang lebih ramping tentunya.

Sekilas tanaman ini seperti gundukan rumput lebat atau alang-alang yang tidak berguna, tapi jangan salah, tanaman sereh merupakan tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnnya.

Tanaman sereh hidup bergerobol atau berumpun meskipun tanaman ini tidak memiliki umbi.

Satu tanaman sereh ini nantinya akan beranak pinak dengan menghasilkan tunas-tunas baru melalui akarnya yang menyebar dari dalam keluar ke permukaan tanah.

Mengenal Sereh: Apa Itu Tanaman Sereh?

mengenal sereh, apa itu tanaman sereh?

via plantfreak.wordpress.com

Tanaman sereh masih termasuk dalam keluarga rumput-rumputan. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti di negara-negara benua Asia, Afrika, Amerika dan beberapa wilayah di Australia. Nama beken dari tanaman ini adalah lemon grass dan memiliki nama latin cymbopogon schoenanthus atau cymbopogon citroli untuk sereh wangi.

Di pasar, biasanya kita dapat dengan mudah menemukan sereh. Biasanya sereh ini dijual per batang; kita akan sedikit sulit membedakan batang sereh atau daun sereh karena batang sereh ini merupakan bonggol tanaman yang tampak menyatu dengan daun.

Gampangnya, struktur tanaman atas sereh ini bisa disetarakan dengan daun bawang yang berboggol putih dan diteruskan batang hijau lalu batang tersebut memencar menjadi daun. Demikian halnya sereh, batang atau bonggol tanaman ini terdiri dari serat-serat padat berair yang memiliki kandungan sama dengan daunnya.

Tanaman sereh selain bentuknya yang demikian, memiliki ciri-ciri yang khas, yakni aromanya yang wangi seperti aroma jahe.

Sereh bisa digunakan sebagai bahan minuman atau bahan masakan karena aromanya yang khas tersebut dan sekali lagi fungsi ini boleh dibilang mirip jahe; bisa dijadikan bahan masakan atau minuman.

Sereh seringkali digunakan untuk memasak daging dan ikan, tentu selain untuk menghilangkan amis, tanaman ini memberikan nuansa rasa tertentu yang menenangkan.

Dimanakah Sereh Tumbuh?

dimanakah sereh tumbuh?

via greenlandfarm.org

Sereh merupakan tanaman daerah tropis dan merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh. Tanaman ini bahkan bisa hidup di daerah pegunungan dengan ketinggian hingga 1800 m.dpl. meskipun tanaman sereh ini hidup dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian tanah sekitar 250 m.dpl. Bahkan, di daerah yang sangat miskin unsur harapun, tanaman sereh masih bisa hidup dengan baik.

Mula-mula, sereh ini merupakan tanaman liar yang tumbuh di mana saja sebagaimana rumput-rumput lainnya. Karena masih sekeluarga dengan rumput, sebagaimana rumput lainnya, sereh tidak mudah mati.

Akan tetapi sereh memiliki kualitas yang berbeda-beda lho bergantung pada kesuburan tanah tempat sereh tersebut tumbuh. Sereh dikatakan berkualitas jika menghasilkan banyak minyak ketika diolah.

Ketika sereh telah diketahui memiliki manfaat obat, tanaman tersebut pada akhirnya dikategorikan sebagai tanaman herbal dan mulai di budidayakan. Selain dapat diolah sebagai masakan atau minuman, sereh juga diambil minyaknya yang dikenal dengan nama minyak citronella.

Di Indonesia, sereh dibudidayakan dibeberapa wilayah khususnya di Aceh, Lampung, dan Jawa khususnya Jawa Barat dan jawa Timur. Oleh sebab itulah, pulau jawa menjadi salah satu pemasok minyak sereh dunia dan minyak sereh dari Jawa ini dikenal dengan julukan citronella oil of Java.

Daun Sereh

foto daun sereh

via pinterest.com

Bagian terpenting dari tanaman sereh yang diolah untuk dijadikan minyak adalah daun sereh. Minyak sereh atau citronella ini merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang fungsi uniknya adalah untuk mengusir nyamuk.

Itu sebabnya tanaman sereh ini disebut juga sebagai tanaman pengusir nyamuk karena aroma dari tanaman ini membuat para nyamuk enggan mendekat.

Ciri-ciri dari daun sereh ini sangat mirip bentuknya dengan ilalang atau rerumputan liar yang tumbuh di pinggiran sungai atau sawah. Sepintas, jika dilihat dari bentuknya, daun sereh ini mirip dengan daun rumput gajah yang masih muda.

Dalam pertanian sereh, kelak yang akan sering dipanen adalah daunnya sebelum pada akhirnya nanti batang sereh juga akan dipanen dan dijual dipasar untuk bumbu dapur.

Kembang Sereh

foto kembang sereh

via suzandtell.wordpress.com

Yang spesial dari tanaman sereh ini adalah bunganya. Bunga sereh ini berbentuk mirip gandum atau padi namun tidak berisi. Meskipun bunga ini juga bisa ditanam atau ijadikan bibitBunga sereh ini menjadi spesial karena bisa dibilang sebagai barang langka.

Tidak semua tanaman sereh bisa berbunga, khususnya sereh liar. Kembang sereh ini oleh banyak kalangan dinilai memiliki banyak manfaat, baik manfaat yang bisa dinalar ataupun manfaat yang melampaui nalar normal.

Manfaat logis dari bunga sereh ini adalah untuk obat, yakni dengan cara memasak ataupun membuat minuman dengan merebus bunga ini. Sementara manfaat spektakuler dari kembang sereh adalah untuk keperluan mistis.

Kembang sereh dipercaya memiliki kekuatan gaib yang bisa disetarakan dengan batu akik, benda-benda pusaka, atau jimat. Oleh sebab itulah kembang serai disebut juga sebagai mustika kembang sereh.

Hal ini karena kembang sereh merupakan kembang yang langka dan sebagian orang yang percaya dengan dunia gaib menganggap bahwa bunga sereh merupakan bunga yang tak semestinya ada.

Beberapa ahli supranatural meyakini bahwa mustika kembang sereh ini merupakan jimat alami penolak bala, penangkal ilmu hitam, dan pembawa keberuntungan. Cara penggunaannya cukup sederhana, kembang sereh ini disimpan dengan rapi layaknya menyimpan benda pusaka.

Atau ada juga yang mengambil beberapa bagian dari bunga tersebut untuk dibungkus dengan kertas menjadi bungkusan kecil yang bisa disimpan di domper atau di dalam tas dan hal ini diyakini bahwa mustika kembang sereh tersebut akan menjadi jimat penangkal bahaya atau pembawa rejeki.

Tidak sedikit orang yang mempercayai hal ini, oleh sebab itu kembang sereh ini merupakan salah satu benda yang paling diburu. Bahkan, ada kalanya orang rela menukarkan emas, berlian, mobil, atau harta kekayaan lainnya demi mendapatkan kembang sereh ini.

Hanya saja, kembang ini dipercaya pantang untuk diperjual belikan karena justru akan membawa sial bagi pembeli atau bahkan penjualnya. Maka dari itu, biasanya peminat akan menukarkan sesuatu yang berharga kepada pemilik.

Sereh Wangi

foto sereh wangi

via amoils.com

Tanaman sereh ada beberapa macam varietasnya dan diantaranya yang paling terkenal adalah sereh wangi, yakni sereh yang sedang kita bahas dan merupakan varietas unggulan untuk dbudidayakan. Sereh ini menjadi pilihan untuk dibudidayakan karena aromanya sekaligus kandungannya yang memiliki banyak manfaat.

Adapun beberapa jenis kandungan kimiawi yang terdapat dalam serai yakni sitrat dan sitronelol (ini merupakan kandungan yang paling utama), selanjutnya disusul oleh berbagai jenis kandungan bernama aneh seperti farnesol, geraniol, sitronelal, terpinol, mirsen, sabinen, kamfen, a-pinen, p-simen, limonene, cis-osimen, metilheptenon, dipenten, tripinil astet, sitronil asetat, beta-elemen, geranil asetat, beta-kariofilen, trans-metilsoeugenol, beta-bergamoten, beta kadinen, elemol, kariofilen oksida, geranil butirat, geranial, eugenol, lomonen, metileugenol dan eugenol. Nama yang sulit bukan, dan entah apa fungsi dari zat-zat tersebut (bisa kamu dalami di artikel lain).

Karena aroma dari sereh wangi ini memang wangi (berbeda wanginya dengan bunga melati, cengkeh, atau minyak kayu putih tentunya) maka minyak dari sulingan sereh wangi ini tak hanya mujarab dijadikan sebagai obat, namun juga sangat oke untuk bahan parfum atau pewangi lainnya.

Manfaat Sereh

manfaat sereh

via whiteoakgardens.com

Secara umum, sereh dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan selain daripada dipergunkan sebagai bumbu dapur penguat rasa pedas-hangat dan penghilang amis. Berikut ini merupakan beberapa manfaat sereh:

  1. Minuman Penghangat Tubuh dan Penghilang Masuk Angin
  2. Selain jahe, rebusan air sereh sangan ampuh untuk menghilangkan masuk angin karena sereh ini jika diminum mampu menghangatkan tubuh.

    Terlebih, jika sereh ini direbus dan dicampur dengan sedikit cengkeh, gula merah, teh, dan jahe, kamu akan mendapatkan minuman sehat yang sangat nikmat rasanya. Di restoran atau cafe, minuman semacam ini dibandrol dengan harga yang mahal sekaligus diberi nama aneh.

  3. Memulihkan Kondisi Tubuh Sehabis Sakit/Kecapekan
  4. Para pendaki gunung biasanya tidak asing dengan rebusan air sereh. Biasanya, sehabis melakukan pendakian atau perjalanan jauh, para pendaki gunung akan merasakan lelah yang luar biasa.

    Salah satu minuman alami penghilang lelah ini adalah rebusan air sereh yang bisa dicampur dengan madu atau susu. Rebusan air sereh ini juga baik bagi kamu yang baru saja sembuh dari sakit; agar cepat pulih dan bugar, minumlah air rebusan sereh.

  5. Meningkatkan Sistem Imun
  6. Jika kamu merasa gampang terserang penyakit, itu tandanya sistem imun tubuhmu lemah. Jangan khawatir, secara alami sereh mamppu meningkatkan sistem imun kita. Cukup dengan mengkonsumsi sereh dalam berbagai macam olahan setiap hari maka kita akan memiliki sistem imun yang kuat.

  7. Mengobati Rematik
  8. Sereh sangat bagus untuk mengobati rematik tak heran jika tanaman ini merupakan salah satu bahan untuk pembuatan obat rematik. Secara manual, kamu bisa menggunakan sereh yang dimemarkan untuk dijadikan minyak gosok atau digunakan untuk memijit bagian tubuh yang terasa nyeri.

  9. Mengobati Diabetes
  10. Sereh juga cukup tangguh untuk mengatasi penyakit diabetes jika dikonsumsi setiap hari.

  11. Mengurangi Nyeri
  12. Kadangkala tubuh kita terasa nyeri di beberapa bagian tanpa kita tahu sebab pastinya. Ternyata minum seduhan sereh sedikit banyak dapat mengurangi hingga menyembuhkan nyeri tersebut lho.

  13. Baik untuk Sistem Syaraf
  14. Sereh bersifat membuat kita merasa rileks dan nyaman, hal ini karena jika kita mengkonsumsi sereh, zat-zat yang erkandung dalam sereh cukup ampuh untuk menjaga metaolisme syaraf kita agar tidak tegang.

  15. Mengobati Demam
  16. Jika kamu terserang demam, minumlah sereh karena selain bisa menghangatkan tubuh, sereh juga meredakan demam lho.

  17. Mengatasi Infeksi
  18. Sereh juga memiliki sifat antibiotic yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi baik infeksi dalam tubuh eperti misalnya sariawan, panas dalam, gangguan pencernaan maupun infeksi luar seperti luka di kulit.

    Untuk penggunaan sebagai obat dalam, sereh bisa dikonsumsi langsung sebagai minuman, sementara untuk mengatasi luka, rebusan sereh bisa digunakan untuk mengompres luka.

  19. Meredakan Gangguan Pernafasan
  20. Seperti hanya cengkeh atau minyak atsiri pada umumnya yang memiliki aroma menyegarkan dan melegakan, aroma dari sereh ini atau minyak sereh ini cukup ampuh untuk meredakan gangguan pernafasan.

  21. Mengatasi Gangguan Sulit Tidur
  22. Sifat sereh yang membuat rileks atau menenangkan tak hanya ampuh untuk mengobati stress tubuh, namun juga bisa membuat tubuh gampang beristirahat atau tidur. Caranya gampang, sereh dijadikan minuman hangat dan diminum kira-kira 30 menit sebelum kamu beranjak tidur.

  23. Meredakan Gangguan Perut
  24. Ada berbagai macam sebab yang bisa mengakibatkan gangguan perut seperti misalnya masuk angin, telat makan, atau gangguan pencernaan.

    Sereh bisa dijadikan salah satu alternatif untuk meredakan gangguan tersebut dengan cara dikonsumsi sebagai minuman yang disajikan selagi masih hangat.

  25. Anti Racun/Detoksifikasi
  26. Sereh bersifat anti racun atau bisa dipergunakan untuk meningkatkan imun tubuh jika rutin dikonsumsi. Baiknya, sereh dijadikan minuman untuk diminum saat pagi atau sore hari.

  27. Anti Kanker
  28. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sereh mampu menanggulangi kanker dalam tubuh dengan cara mematikan atau menonaktifkan penumpukan zat asing dari luar yang tumbuh dalam sel-sel tubuh.

    Zat-zat asing tersebut biasanya berasal dari radikal bebas atau polusi yang diam-diam mengendap dalam tubuh, merusak sel-sel tertentu sehingga mengakibatkan pertumbuhan yang abnormal dengan hasil tumor hingga kanker.

  29. Meningkatkan Kolesterol Baik
  30. Sereh memiliki zat yang berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya cukup sederhana, yakni dengan cara mengkonsumsi sereh setiap hari dalam berbagai macam varian masakan atau minuman.

  31. Perawatan Kulit
  32. Sereh dipergunakan juga oleh industri untuk dijadikan bahan sabun. Sabun sereh ini sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit, mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

    Namun secara alami, kita juga bisa menggunakan rebusan air sereh untuk mandi dan hasilnya tentu jauh lebih menyegarkan ketimbang sereh olahan yang dijadikan produk kecantikan.

  33. Penghilang Bau Badan
  34. Kamu punya masalah bau tak sedap di beberapa bagian tubuhmu seperti ketiak dan telapak kaki? Sereh merupakan penghilang bau badan alami, misalnya kakimu bau bangkai, cukup rendam saja dengan menggunakan rebusan air sereh, dijamin kuman-kuman di kakimu akan amblas dan kakimu akan bebas bau bangkai.

    Air sereh yang dimemarkan juga bisa dipergunakan sebagai deodorant alami yang melindungi ketiak dari bakteri penyebab bau badan.

  35. Aromaterapi
  36. Minyak dari sereh ini sangat baik untuk dijadikan aromaterapi. Terapi dengan menggunakan wewangian ini dipercaya mampu membugarkan jiwa dan raga lho.

  37. Pelangsing Alami
  38. Kalau kamu sedang dalam program diet, jangan lewatkan sereh pada daftar makanan dietmu karena sereh ini sangat manjur untuk menghilangkan lemak tubuh secara alami.

Cara Menanam Serai

cara menanam serai

via brighterblooms.com

Sereh sangat mudah untuk dibudidayakan. Lahan yang dipergunakanpun tidak membutuhkan perawatan sulit. Namun untuk memproduksi sereh dengan kualitas bagus dan memiliki banyak kandungan minyak, maka beberapa trik perlu dilakukan dalam rangka membuat tanaman ini tumbuh subur.

Tahap-tahap penanaman sereh meliputi persiapan lahan, pembibitan, penanaman, penyulaman, penyiangan, perawatan, pemanenan, dan perawatan pasca panen. Berikut penjelasan dari tahap-tahap tersebut:

  1. Persiapan Lahan
  2. Ada baiknya kita menyburkan dahulu lahan kita sebelum menanam sereh demi mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Caranya gampang, sebarkan pupuk kandang pada lahanmu hingga mencapai ketebalan 5-10 cm (makin banyak makin bagus) setelah itu barulah lahan tersebut digemburkan.

    Penggemburan ini boleh menggunakan bajak atau cangkul dan proses ini sekaligus untuk mencampurkan pupuk kandang dengan tanah.

    Setelah tanah gembur, buatlah bedengan dengan lebar 50 cm, tinggi 70 cm dan panjang meyesuaikan dengan panjang ladangmu.

    Berilah jarak kira-kira 30-50 cm antar bedengan untuk mempurmudah kita melakukan perawatan sekaligus pengairan. Agar lahan ini optimal, biarkan dahulu lahan ini selama dua minggu sebelum ditanami dengan bibit sereh.

  3. Pembibitan
  4. Bagaimana kita memperoleh bibit serai? Kita bisa memperoleh bibit serai berkualitas tentunya jika kita langsung membeli (anakan) serai pada petani sehingga kita masih akan mendapatkan serai segar yang ada akarnya. Atau kalau tidak, kita bisa membeli serai di pasar atau di supermarket untuk ditanam.

    Namun saat ini sudah banyak yang menjual bibit serai secara online sehingga jika kamu tidak mau repot jalan-jalan mencari petani sereh, kamu tinggal klik website tertentu dan transaksi.

    Kalau kita membeli serai dari petani serai secara langsung, bisa dipastikan kita mendapatkan bibit yang 99% bisa hidup di lahan kita. Pastikan membeli serai yang masih ada akarnya. Setelah dapat, langsung saja tanam di lahan yang telah kita sediakan.

    Membeli bibit di petani serai ini tentunya akan lebih menguntungkan karena kita akan mendapatkan serai dengan harga yang jauh lebih murah daripada serai yang dijual di pasar.

    Sementara jika kita membeli serai di pasar dan hendak kita jadikan bibit, maka peluang hidup bibit ini adalah 60%. Terlebih, kita tidak bisa langsung menanam bibit tersebubt di tanah.

    Kita rendam dahulu batang serai (sebaiknya jangan beli yang kering, belilah yang masih segar) ke dalam air yang kita campur dengan root up atau zat peranngsang akar. Setelah itu barulah kita tananam/semai di tempat yang teduh terlebih dahulu hingga benar-benar hidup dan mengeluarkan daun baru sebelum nantinya dipindahkan ke lahan pembesaran.

    Media penyemaian untuk benih yang kita dapatkan dari pasar cukup dengan menggunakan campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbadingan 1:1.

    Wadah media semai ini bisa menggunakan pot/polybag atau apapun dan simpan media semai beserta serai yang kita semai di tempat yang teduh.

  5. Penanaman
  6. Kalau kita dapat bibit dari petani artinya kita bisa langsung menanam bibit tersebut ke lahan kita, sementara jika kita mendapatkan bibit dengan cara membeli serai di pasar, maka kita harus menunggu dahulu bibit itu disemai dan mengeluarkan daun baru sebelum kita tanam di lahan pembesaran.

    Disarankan untuk membeli bibit pada petani sereh sehingga kita bisa mendapatkan anakan sereh muda yang berkualitas.

    Tanamlah dua batang serai pada tiap-tiap lubang bedengan yang masing-masing lubang ini berjarak sekitar 50 cm. nantinya, tiga bibit serai ini akan berubah menjadi rumpun serai dengan daun berjumbai-jumbai.

    Jika kamu menanam serai dengan jarak terlalu dekat, kamu akan kesulitan untuk melakukan perawatan dan menjaga mutu tanaman ketika serai ini nantinya membesar.

  7. Penyulaman
  8. Penyulaman dilakukan setelah satu atau dua minggu dari masa penanaman karena dikhawatirkan ada benih yang mati sehingga kita harus segera menggantinya agar nanti tanaman sereh bisa panen secara serempak.

  9. Penyiangan
  10. Penyiangan bisa dilakukan setiap dua bulan sekali dengan mengecek tiap-tiap rumpun sereh dan mengambil batang sereh yang sudah tua atau mati sekaligus menggugurkan daun-daun sereh yang sudah mulai berwarna kuning atau kecoklatan.

  11. Perawatan
  12. Perawatan serai ini mencangkup penyiraman, pencabutan gulma/rumput pengganggu dan pemupukan tambahan. Bisa dibilang tanaman ini tidak disukai hama karena kandungan minyaknya yang secara alami justru menolak hama. Tak jarang daun dari tanaman serai ini malah dijadikan pestisida alami pengusir hama.

    Meskipun tanaman serai mampu bertahan di lahan yang panas, namun jika kamu memberi asupan air yang cukup, tanaman serai ini akan cepat menghasilkan banyak daun dan tunas-tunas baru.

    Penyiraman baiknya dilakukan secara rutin dengan menyesuaikan tingkat kelembaban tanah. Pencabutan gulma bisa dilakukan setiap dua bulan sekali bebarengan dengan masa penyiangan.

    Sementara pemupukan tambahan bisa ilakukan tiga bulan sekali setelah daun-daun sereh dipanen. Pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk kandang atau pupuk cair organik dengan dosis sesuai takaran yang tertera di label produksi.

  13. Pemanenan
  14. Ada dua jenis pemanenan serai, yakni dengan diambil seakar-akarnya atau hanya dipotong daunnya saja dengan meninggalkan batang bawah sepanjang kurang lebih 5 cm.

    Umumnya, panen pertama dilakukan ketika sereh mencapai usia 5-6 bulan, setelah itu panen ke dua hingga ke 4 atau 5 dilakukan setiap tiga bulan sekali. Setelah panen yang kelima ini, baiknya kita lakukan penanaman awal lagi karena jika rumpun sereh terlalu banyak anakannya justru malah tidak produktif.

    Panen ke lima ini atau panen terakhir dalam satu rangkaian fase panen sereh merupakan pemanenan dengan mencabut sereh hingga ke akar-akarnya. Batang sereh yang sudah kering bisa dibuang atau dijadikan pupuk, sementara batang sereh muda atau anakan bisa dijual ke pasar atau dijadikan bibit baru untuk penanaman selanjutnya.

  15. Perawatan Pasca Panen
  16. Jika serai dipanen daunnya saja, setelah panen kamu harus merawat batang-batang serai yang masih tertanam di tanah dengan cara menyiram secara rutin dan memberikan pupuk tambahan. Pupuk ini bisa berupa pupuk cair organik ataupun pupuk kandang dengan cara menaburkan atau menyiramkan pupuk tersebut diarea sekitar rumpun sereh.

    Panen sereh hingga panenan ke lima, sebaiknya kita tetap secara rutin melakukan penyiangan terutama pencabutan gulma pengganggu tanaman.

    Setelah panen yang terakhir, saatnya kamu melakukan peremajaan lahan dengan cara menggemburkan ulang sekaligus memberikan tambahan pupuk kandang sehingga tanah untuk menanam sereh selalu gembur dan kaya unsur hara.

Peluang Usaha Budidaya Sereh

peluang usaha budidaya sereh

via bluebirdgardencenter.wordpress.com

Meskipun harga sereh atau daun sereh tidak terlalu mahal, namun karena kemudahan dan murahnya biaya penanaman, budidaya sereh bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Harga sereh di pasaran tidaklah stabil. Kadangkala murah dan kadangkala mahal. Namun untuk harga daun yang akan dijadikan minyak saat ini relatif stabil mulai dari 1000-2000 rupiah per kg.

Jika kita menanam sereh dalam jumlah sedikit, tentu sedikit pula hasil yang bisa kita rasakan. Namun jika kita memiliki lahan luas, satu hektar misalnya, kita akan mendapatkan hasil yang menggiurkan.

Satu hektar lahan bisa berisi 10 ribu rumpun sereh dan menghasilkan setidaknya 10 ton daun sereh. Jika setiap kg daun dihargai 1000 rupiah saja, maka dalam lima bulan pertama dan selanjutnya tiga bulan sekali kita akan mendapatkan uang sebesar 10 juta rupiah.

Belum lagi kalau kita memanen batang sereh. Satu hektar lahan bisa kita ambil setidaknya 50-70 ton setiap 17 bulan sekali. Jika satu kg batang sereh dipasaran berkisar mulai dari 10 ribu rupiah, berapa pendapatan kita bro? katakanlah kita dapat 50 ton dengan harga sereh 10 ribu per kg, maka kita akan mendapatkan 500.000.000 rupiah.

Bukankah angka tersebut sangat fantastis? Sementara itu, pernah ada wacana bahwa harga serai bisa mencapai 70 ribu rupiah per kilo (di Sulawesi). Betapa menggiurkan usaha ini bukan? Lantas berapa modal awal kita untuk menanam sereh?

Jika kita tidak memiliki lahan, artinya kita harus menyewa lahan dan ini tentunya bisa dihitung sebagai biaya produksi.

Sementara harga bibit sereh, khususnya anakan sereh bisa mencapai 10000 rupiah per kilo. Satu kg bibit ini berisi sekitar 25-30 batang serai muda (jumlah ini relatif, tergantung dari besarnya benih yang kita dapatkan).

Untuk satu hektar lahan, kita membutuhkan sekitar 20 ribu batang sereh atau sekitar 800 kg benih. Untuk satu hektar lahan, kita bisa menggunakan sekitar 10-15 ton pupuk kandang.

Baiklah, saatnya kita buat rincian anggaran biaya produksi untuk satu rangkaian penanaman hingga panen akhir:

Jika kita memulai dari awal untuk usaha budidaya sereh, maka kita membutuhkan modal yang lumayan banyak, yakni sekitar 53 juta rupiah.

Namun untuk selanjutnya hingga masa kontrak tanah habis, modal yang perlu kita keluarkan hanya berkisar 20an juta rupiah untuk penanaman baru karena asumsinya kita telah memiliki bibit, masa kontrak masih panjang, alat dan keperluan lain telah terpenuhi di awal sehingga kita hanya membutuhkan pengeluaran untuk pupuk, biaya tenaga kerja, air, dan keperluan lain-lain saja.

Sementara dalam 17 bulan, total penghasilan kita berkisar 550.000.000 rupiah. Bersih kita mendapatkan 450 juta lebih lho kawan.

Angka tersebut menurutku cukup untuk menjadi alasan kita kenapa kita harus mencoba untuk mencari rejeki dengan budidaya sereh, selain karena perawatannya yang mudah, hasil yang kita peroleh bisa melimpah ruah. Dengan demikian, selamat mencoba kawan!

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service