BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

berbagai cara ampuh mengusir tikus

via pinterest.com

Berbagai Cara Ampuh Mengusir Tikus

November 2, 2016

Aku sering merasa kesal ketika suatu ketika tiba-tiba ada beberapa tikus yang mulai berseliwaran disekitar rumah. Padahal beberapa minggu yang lalu aku sudah membasmi gerombolan tikus yang sering mencuri bahan makanan di dapur. Seolah-olah tikus-tikus itu tidak ada habis-habisnya.

Tikus yang biasanya menyerang ke rumah adalah tikus got dan tikus curut. Dari dua tikus itu, yang paling mengesalkan adalah tikus got, bukan hanya karena ukurannya yang sangat besar, namun juga mereka bisa kemana-mana, dari kolong meja hingga diatas plafon. Kalau malam suara mereka berdecit-decit dan terdengar bunyi–bunyi jatuh di atas plafon.

Bayangkan jika kamu sedang tertidur pulas tiba-tiba terbangun kaget karena mendengar suara dari atap? Atau pagi-pagi kamu menemukan dapurmu sudah berserakan? Pasti jengkel bukan?!

Aku pernah memelihara kucing agar tikus-tikus mengesalkan itu segera enyah selamanya, namun yang terjadi, setiap malam aku malah mendengar suara yang lebih mengesalkan lagi, yakni kucing yang berburu tikus di atap.

Pernah juga aku memelihara ular (tentu saja aku menaruhnya dalam kandang) dan memanfaatkan tikus yang tertangkap untuk makanannya hingga ular piaraanku menjadi besar dan membuatku takut sendiri (akhirnya aku menjualnya).

Saking bencinya dengan tikus, pada akhirnya aku mencari beberapa refrensi untuk lebih jauh mengenal tikus dan mencari tahu bagaimana cara mengenyahkannya. Melalui artikel ini, aku ingin berbagi beberapa hal mengenai cara mengusir mulai dari yang sederhana hingga yang sangat canggih.

Mengenal Karakteristik Tikus

mengenal karakteristik tikus

via mightymitetermite.com

Tikus merupakan salah satu anggota dari keluarga besar mamalia pengerat seperti kelinci, marmut, hamster, bajing, mus, tupai, kanguru, landak, dan masih banyak lagi hingga kurang lebih mencapai 3000an jenis yang tersebar di seluruh dunia kecuali di kutub utara dan selatan.

Yang menjadi karakter dari binatang pengerat adalah mereka semua memiliki gigi depan yang runcing, selalu tumbuh, dan selalu digunakan untuk mengkerikiti sesuatu agar gigi mereka tajam.

Dari berbagai macam jenis binatang pengerat tersebut, sebagian dianggap hama dan sebagian lain dianggap memiliki nilai guna bagi manusia. Tikus itupun memiliki ratusan jenis dan tiap-tiap negara biasanya memiliki tikus-tikus yang sedikit berbeda bentuknya satu dengan yang lain.

Meskipun hampir semua negara menganggap tikus sebagai hama yang mengesalkan, akan tetapi sebenarnya manusia berhutang budi atas keberadaan tikus.

Bagaimanapun juga tikus adalah mamalia. Tikus ini selalu dijadikan bahan percobaan di laboratorium yang hasilnya bisa diterapkan pada mamalia lainnya termasuk manusia. Entah bagaimana ceritanya, namun tikus ini merupakan sampel untuk menerapkan berbagai macam fungsi obat, racun, dan zat-zat lainnya untuk diketahui efeknya.

Tikus yang mengesalkan itu ternyata bukan binatang yang bodoh lho. Mereka memiliki volume otak yang lumayan sehingga mereka termasuk sebagai binatang yang cerdas.

Di beberapa laboratorium, tikus bisa dilatih untuk melakukan sesuatu. Tikus juga bisa menghafalkan beberapa hal yang pernah ia alami, sebagai contoh, jika kita pernah menagkap tikus dengan perangkap dan tikus tersebut berhasil kabur, percayalah tikus itu tidak akan masuk perangkap yang sama untuk kedua kalinya.

Tikus juga termasuk binatang pemakan segala. Jenis makanan yang bisa dimakan tikus lebih banyak dari jenis makanan yang bisa dikonsumsi manusia. Tentu saja, tikus sangat menyukai makanan yang dibuat oleh manusia.

Dari berbagai macam tikus, tikus got merupakan yang paling parah. Bisa jadi mereka adalah binatang terkuat di dunia dalam hal ketahanan dan survival. Mereka bisa mengetahui dan makan makanan yang paling jorong dan berbahaya namun tetap aman bagi mereka karena mereka memiliki sensor yang sangat baik yang terdapat di kumis mereka.

Lho tetapi kan tikus bisa diracuni? Betul sekali. Itu lain soal. Racun tikus harus dicampur makanan dulu untuk menyamarkan bau racun tersebut hingga tikus bisa memakannya. Namun perlu diketahui, bagi tikus-tikus yang survive dari racun tikus, percayalah mereka akan kebal terhadap racun yang sama.

Tikus sangat gampang berkembang biak. Mereka tidak mempunyai musim kawin alias mereka bisa kawin kapan saja selama bertemu dengan pasangannya sehingga tikus bisa beranak pinak sepanjang tahun. Tikus bisa melahirkan 8-10 ekor bayi tikus seperti halnya hamster dan kelinci.

Namun seringnya, mereka hanya melahirkan 6-8 ekor saja. Bayi-bayi tikus ini akan menyusu pada induknya selama dua minggu sebelum nantinya mereka belajar manjadi pencuri yang suka masuk dalam rumah orang.

Jenis-Jenis Tikus Yang Umum Di Indonesia

jenis-jenis tikus yang umum di indonesia

via reference.com

  1. Tikus Got
  2. Sebagaimana telah disinggung di bagian sebelumnya, tikus got ini merupakan tikus yang teramat sangat sakti dan habitat mereka adalah got, parit, atau tempat-tempat yang luar biasa jorok dan penuh kuman dan virus.

    Tikus ini bisa berukuran sangat besar sehingga membuat kucing enggan untuk memburu mereka. Tak jarang tikus got ini ikut-ikutan masuk rumah jika mereka kelaparan.

  3. Tikus Sawah
  4. Tikus sawah ini tinggalnya di sawah dengan membuat lubang-lubang disekitar area persawahan. Mereka sering membuat kesal para petani karena mereka mencuri dan merusak tanaman di pertanian.

    Dari berbagai jenis tanaman yang bisa mereka makan semua, tikus sawah ini sangat suka dengan umbi-umbian dan padi. Itu sebabnya banyak tikus sawah yang ikut-ikutan masuk lumbung padi.

  5. Tikus Rumah
  6. Pernah lihat Tom and Jerry? Yup, demikianlah tikus rumah. Mereka pintar bersembunyi dan pintar sekali mencuri makanan.

    Jika makanan di dapur sudah digerogoti tikus ini, jangan sekali-kali memakannya. Sebaiknya dibuang saja karena tikus rumah tetap berpotensi membawa virus dan kuman penyakit yang berbahaya bagi manusia.

  7. Tikus Laboratorium
  8. Biasanya tikus lab ini berwarna putih, tetapi ada juga yang hitam atau hitam putih. Tikus ini sebenarnya adalah tikus yang telah dikembang biakkan sehingga mereka menjadi tidak seliar tikus lainnya. Tikus ini cenderung penurut, lambat, dan tidak takut manusia.

    Selain tikus ini dipasarkan untuk kepentingan penelitian, tikus ini juga dijual sebagai makanan binatang piaraan seperti ular, biawak, buaya, kura-kura, dan lain sebagainya.

  9. Tikus Kayu
  10. Tikus kayu ini boleh juga disebut sebagai tikus hutan atau tikus pohon karena mereka bersarang di pohon atau di sela-sela akar pepohonan. Tikus ini memiliki gigi depan yang sangat kuat sehingga mampu melubangi batang pohon.

  11. Tikus curut
  12. Sekawan dengan tikus got dan rumah, tikus curut ini juga tinggal disekitar rumah atau disekitar got. Tikus ini sangatlah bau dan bahkan lebih memiliki bau yang menyengat dibandingkan tikus got.

    Tidak seperti tikus lainnya, tikus curut ini tidak bisa melihat alias buta permanen turun-temurun. Namun mereka menggunakan hidung mereka yang tajam untuk menemukan jalan, mencari makanan, dan mencari pasangan.

    Itulah sebabnya, tikus curut selalu berjalan di tepi tembok. Mereka senang meninggalkan bau tubuh mereka agar mereka bisa tahu jalan pulang.

Berbagai Penyakit yang Berasal Dari Tikus

berbagai penyakit yang berasal dari tikus

via meetyourmouse.com

Salah satu alasan tikus dibenci manusia adalah selain karena mereka jorok dan suka mencuri, tikus ini mampu menularkan berbagai jenis penyakit seperti:

  1. Pes
  2. Di masa lalu, Eropa pernah terserang penyakit ini dan menjadi wabah. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan kutu pada tikus yang membawa bakteri yersinia pestis.

    Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami demam tinggi disertai rasa nyeri pada ketiak dan selangkangan. Jika sudah terlanjut parah, orang yang diserang penyakit ini akan mengalami gangguan pernafasan yang bisa berakibat pada kematian.

  3. Leptospirosis
  4. Penyakit ini berasal dari kencing tikus. Jika kencing ini mengenai bagian tubuh kita yang ada lukanya, maka bakteri dari kencing ini bisa masuk ketubuh dan menyerang sistem imun tubuh, gejala yang dialami penderita penyakit ini adalah demam, pusing disertai rasa nyeri pada persendian dan yang paling parah, penyakit ini bisa menyebabkan gagal ginjal.

  5. Murine Typhus
  6. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang cara penularannya mirip pada penyakit Leptospirosis. Meskipun penyakit ini tidak menyebabkan kematian, namun penyakit ini pastinya sangat mengganggu karena menyebabkan nyeri otot dan gatal-gatal pada kulit.

  7. Hantavirus
  8. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan kutu dan kencing tikus ini sangat berbahaya dengan gejala seperti demam, sesak nafas, dan kencing berbuih sehingga bisa menyebabkan kematian.

Alat Pembasmi Tikus

alat pembasmi tikus

via makezine.com

Saking mengesalkannya binatang yang satu ini, manusia telah menciptakan alat pembasmi tikus yang telah berevolusi dari masa ke masa. Yang paling alami dari alat pembasmi tikus adalah dengan menggunakan binatang pemangsa tikus seperti ular dan burung hantu.

Pembasmian tikus seperti ini sering dilakukan diarea persawahan. Namun metode ini sudah tidak lagi efektif karena manusia juga banyak yang beralih profesi sebagai penangkap ular dan pemburu burung hantu.

Sehingga, alat lain yang dipergunakan untuk membasmi tikus adalah racun tikus yang bermacam-macam jenisnya. Racun ini sangat efektif membasmi tikus namun tak jarang pula tikus yang sudah mati masih menimbulkan persoalan lain, yakni bau tak sedap alias bau bangkai yang kadang-kadang sulit di cari karena tikus mati di tempat yang tersembunyi.

Alat Pengusir Tikus

alat pengusir tikus

via vikingpest.com

Senakal-nakalnya tikus, ternyata kita juga bisa gantian nakalin tikus biar ia jera. Jika kamu tidak tega membunuh tikus dengan menggunakan racun seperti yang telah dipaparkan di bagian sebelumnya, kamu bisa menggunakan beberapa trik berikut ini:

  1. Menempelkan Lonceng Pada Tikus
  2. Trik ini merupakan trik lama dan agak sedikit menjijikan. Pertama-tama, kamu harus menangkap tikus hidup-hidup dengan menggunakan perangkap tikus berbentuk kotak yang dijual di pasar atau di toko bangunan.

    Cukup isi perangkap tersebut dengan umpan yang sekiranya disenangi tikus lalu tempatkan di area yang biasanya dilewati tikus. Tunggu hingga tikus tertangkap.

    Setelah kamu dapat tikus, jangan langsung dipegang ya, bahaya lho! Rendam tikus tersebut bersamaan dengan perangkapnya. Tunggu hingga tikus tersebut pingsan tapi tidak mati baru kamu ambil.

    Pakailah sarung tangan untuk melindungi tubuhmu dari kuman yang dibawa tikus. Pasangkan lonceng kecil dengan mengikatkannya di tubuh tikus. Gunakan tali yang tidak mudah putus seperti kawat elastis atau benang nylon.

    Setelah lonceng terpasang, baringkan tikus di dekat persembunyiannya. Jika tikus tersebut sudah siuman, ia akan kembali ke sarangnya.

    Nah, lonceng tersebut akan membuat kawanan tikus lainnya khawatir dan ketakutan, sementara tikus yang dipasangi lonceng bisa dibilang kena gangguan kejiwaan yang membuat hidupnya merana setidaknya sampai lonceng itu lepas.

    Cara ini untuk beberapa waktu akan ampuh mengusir gerombolan tikus, tetapi barangkali pada kesempatan lain, akan ada tikus lain yang datang lagi.

  3. Mewarnai Tubuh Tikus
  4. Nah, cara yang ini tak kalah jahat dari cara sebelumnya. Lakukan tahap penangkapan tikus seperti yang telah dijelaskan di poin pertama.

    Jika tikus sudah tertangkap, jangan rendam tikus tersebut dengan air, tetapi langsung saja kamu semprot tikus tersebut dengan cat kaleng. Baiknya cat ini disemprotkan dengan cat spray sehingga tikus tidak basah kuyup. Jika ada beberapa warna, itu lebih baik.

    Cat yang baru saja diwarnai rambutnya itu sepintas akan tampak keren seperti habis nyalon. Tetapi bagi tikus itu sendiri dan kawanan tikus lain, warna pada tubuh tikus merupakan teror yang menakutkan. Lepaskan tikus itu dari perangkapnya, biarkan ia lari melapor ke kawan-kawannya.

    Apa yang terjadi sobat? Kawanan tikus akan ketakutan dan menjauh dari area rumahmu karena takut mendapatkan pengalaman serupa. Seperti halnya lonceng, cara ini tidak ampuh secara permanen.

  5. Menyemprotkan Bebauan Ke Tubuh Tikus
  6. Nah, yang ini juga sangat menyebalkan lho bagi tikus. Mirip poin sebelumnya, setelah tikus tertangkap, semprotkan minyak kayu putih, minyak yang mengandung mint, atau pewangi makanan aroma durian ke tubuh tikus. Beri yang banyak ya, jangan sungkan-sungkan.

    Setelah itu, tikus akan mabuk dan pontang panting kembali kesarang membawa bebauan yang merupakan horor bagi tikus lain. Niscaya para tikus akan pergi setidaknya sampai bebauan itu hilang.

Selain beberapa trik tersebut, ada beberapa jenis tanaman dan alat penghasil suara yang tidak disukai oleh tikus. Simak pada uraian dibawah ini:

Tanaman Pengusir Tikus

tanaman pengusir tikus

via bobvila.com

Ada beberapa tanaman dan buah-buahan yang tidak disukai oleh tikus. Oleh karena itu, tanaman ini dan buah-buahan ini bisa dipergunakan untuk menakut-nakuti tikus yang sering nyolong di rumahmu.

  1. Tanaman Papermint
  2. Tanaman ini bisa ditanam di pot dan ditaruh di tempat-tempat rawan dikunjungi tikus. Selain dapat mempercantik ruangan seperti dapur dan ruang makan, aroma alami dari tanaman ini sangat dibenci oleh tikus. Semakin banyak tanaman yang di tanam, semakin besar kemungkinan tikus tersebut enggan singgah di rumah lagi.

  3. Durian
  4. Kulit durian ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya gampang, letakkan di tempat yang sekiranya menjadi sarang tikus, pasti mereka akan pergi. Sayangnya kulit durian ini juga ada umurnya, jadi kalau sudah busuk ya harus ganti lagi. Lama-lama tekor juga sih, atau kamu jadi naik tensi dan tambah ndut karena harus makan banyak duren.

  5. Cengkeh
  6. Aroma wangi dari cengkeh ini ternyata ampuh untuk mengusir tikus, apalagi aroma wangi cengkeh ini sangat awet. Kamu bisa meletakkan cengkeh kering di tempat-tempat yang rawan bencana tikus.

  7. Biji Kopi
  8. Seperti halnya cengkeh, ternyata tikus juga benci biji kopi. Lakukan dengan cara yang sama seperti halnya cengkeh.

  9. Kayu Putih
  10. Kalau yang ini mirip dengan tanaman papermint. Kamu bisa menanam cangkokan atau benih dari pohon kayu putih dalam pot untuk di tempatkan di tempat-tempat rawan. Hanya saja, sesekali kamu harus meletakkan tanaman ini di bawah matahari agar mereka tidak mati.

  11. Bawang Merah dan Bawang Putih
  12. Umbi bawang-bawangan ini selain tidak disukai tikus, ternyata menanam tanaman ini sedikit membantu lho. Tikus lebih memilih untuk menjauh dari tanaman ini.

  13. Tanaman Patah Tulang
  14. Tanaman ini beracun lho. Biasanya tikus iseng suka makan tanaman. Nah, dari bentuknya, tanaman ini ibarat biskuit yang berbetuk stik dan berwarna hijau. Jika mereka makan ini, seluruh tubuh tikus akan mengalami kram hebat dan mereka akan kapok untuk mendekati tanaman ini.

  15. Daun Sirsak
  16. Aroma dari daun sirsak yang dicincang membuat tikus tidak nyaman berada dekat dengan sumber aroma tersebut, jadi rajin-rajinlah mencincang beberapa helai daun sirsak untuk ditaruh di posko-posko tikus.

  17. Mengkudu
  18. Buah mengkudu ini bisa diaplikasikan sebagaimana halnya daun sirsak. Hanya saja aroma buah ini sangat menjijikkan buatmu. Tetapi jika kamu tahan, cara ini bisa dicoba.

  19. Tanaman Berduri
  20. Tanaman berduri seperti mawar pagar, kaktus, euphorbia merupakan tanaman yang bisa dijadikan pagar untuk mencegah tikus dari luar area rumah masuk. Tanaman ini sangat efektif khususnya untuk menangkal si jorok tikus got masuk ke dalam rumah.

Suara Pengusir Tikus

suara pengusir tikus

via alibaba.com

Tikus sangat takut atau tidak nyaman dengan suara-suara tertentu seperti suara jangkrik, suara tokek, suara bel, lonceng, dan suara-suara yang terdengar nyaring dan bising.

Secara alami tikus dapat diusir dengan menggunakan suara jangkrik dan tokek yang artinya kita bisa memelihara banyak jangkrik atau membiarkan tokek berada di dalam rumah.

Akan tetapi kelemahannya, binatang tersebut mereka tidak selamanya dan setiap saat berbunyi. Maka dari itu, saat ini banyak sekali aplikasi atau musik dengan format mp3 yang bisa terus menerus diputar untuk mengusir tikus.

Aplikasi tersebut menyediakan berbagai variasi suara yang dibenci tikus dan membuat tikus pastinya tidak akan betah berada di dekat suara tersebut.

Suara lain yang sangat dibenci oleh tikus adalah suara atau gelombang ultrasonik. Manusia barangkali tidak bisa menangkap suara dengan frekuensi yang sangat tinggi atau bisa disebut dengan gelombang ultrasonik, akan tetapi tikus sangat ketakutan mendengar gelombang tersebut.

Oleh karena itu, ada alat khusus untuk memancarkan gelombang ultrasonik yang bisa dipasang di rumah.

Cara Ampuh Mengusir Tikus

cara ampuh mengusir tikus

via pinterest.com

Untuk kamu yang mau tidak mau harus tinggal di pemukiaman yang tidak hanya padat penduduk namun juga padat tikus, kamu harus rela untuk melakukan beberapa trik agar rumahmu terbebas dari serangan tikus.

Dari beberapa uraian di atas, setiap cara ada kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu, kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara bersamaan agar benar-benar bebas dari tikus selamanya.

Cara yang akan saya jelaskan berikut ini bukanlah cara untuk membunuh tikus, melainkan mengusir tikus-tikus tersebut agar menjauh dari rumah. Membunuh tikus dengan racun malah akan membuat repot kita sendiri atau tetangga kita karena jika bangkainya tidak ketemu, dalam beberapa hari kedepan kita harus mual-mual.

Pertama, pastikan kamu mulai menyukai berbenah dan merapikan rumah. Tak hanya itu, kamu juga harus rajin menyapu setiap hari. Tikus sebenarnya merasa deg-degan jika berada di tempat yang bersih dan rapi karena itu serasa asing bagi mereka yang suka tempat kotor dan penuh tumpukan barang.

Kedua, tanamlah banyak-banyak tanaman mint di sekitar rumah. Selain mampu mengusir tikus, tanaman ini juga baik kok untuk dikonsumsi.

Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan sejauh kamu mau memanfaatkannya tidak sebatas untuk mengusir tikus. Tidak ada salahnya juga untuk menanam tanaman berduri di area pekarangan rumah yang sekiranya menjadi jalan masuk bagi tikus.

Terakhir, dan menurutku cara ini sangat ampuh, yakni dengan merelakan sedikit uangmu untuk membeli pemancar gelombang ultrasonik yang kini banyak dijual secara online jika kamu tidak menemukannya di toko manapun.

Alat ini tidak boros listrik tetapi tidak hanya ampuh untuk mengusir tikus namun juga bisa mengusir kecoa dan nyamuk hingga radius tertentu. Beberapa merek dari alat ini menawarkan spesifikasi tertentu, misalnya untuk radius yang mampu diangkal berkisar antara 50-100 meter (atau bahkan ada yang lebih).

Kisaran harga alat ini tidak mahal kok, mulai dari 30.000 kamu sudah bisa membeli merek tertentu. Jika dibandingkan dengan aplikasi atau MP3 yang artinya kamu butuh player, android, atau speaker dan tentunya suara-suara ini terdengar berisik, pemancar gelombang ultrasonik merupakan yang terbaru dan yang tercanggih sementara ini.

Demikianlah kiranya beberapa hal yang bisa saya bagikan untuk ngerjain tikus-tikus nakal yang sering ngerjain kamu. Selamat mencoba, semoga bebas dari tikus selamanya.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service