BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

cara menanam semangka dengan teknik yang tepat

via thesoybean.wordpress.com

Cara Menanam Semangka dengan Teknik yang Tepat

October 18, 2016

Cara menanam semangka haruslah baik dan benar agar mendukung hasil panen yang memuaskan. Jika anda tertarik menjadi petani semangka, pastikan anda menanam semangka dengan teknik yang tepat. Semangka merupakan salah satu buah yang dapat tumbuh di dataran rendah.

Buah semangka memiliki kulit buahnya yang khas yaitu berwarna hijau dengan corak cokelat kehitaman. Untuk warna daging buahnya sendiri ada yang merah dan ada pula yang kuning. Begitu juga dengan bentuknya, ada yang bulat seperti bola dan ada juga yang lonjong. Buah semangka adalah buah yang kadar airnya sangat tinggi.

Berkat kandungan airnya yang tinggi, buah semangka menjadi salah satu jenis buah yang sangat menyegarkan. Oleh sebab itu buah ini sangat disukai di musim kemarau atau ketika hari sedang terik. Kadar airnya yang tinggi serta rasanya yang manis membuat para penikmatnya merasa ketagihan.

Mungkin anda sendiri adalah penggemar buah semangka, baik yang memiliki daging berwarna merah ataupun kuning. Keduanya memiliki rasa yang sama manis dan nikmat, sangat cocok jika dijadikan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan.

Teknik Budidaya Semangka

teknik budidaya semangka

via pinterest.com

Untuk anda yang mencari ulasan mengenai budidaya semangka, anda dapat menyimak uraian berikut ini. Penting untuk anda ingat, menanam semangka harus dengan menerapkan teknik yang tepat. Bukan hanya agar hasil panen berlimpah tetapi agar setiap buah yang dipanen berkualitas.

Terbayang bukan jika anda mampu memanen buah-buah semangka yang besar dengan daging yang manis dan juga berbobot. Tidak menutup kemungkinan anda mampu mengantongi keuntungan 2 kali lipat dari modal yang anda keluarkan. Untuk itu, jangan menerapkan teknik penanaman dan pemeliharaan tanaman semangka secara asal.

Jangan hanya menanam benih semangka lalu membiarkannya begitu saja, tetapi rawat dan peliharalah dengan baik dan benar. Menanam semangka sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun bukan berarti dapat dilakukan secara asal. Anda tetap harus memperhatikan hal-hal pokok seperti pemilihan bibit, penentuan lahan dan lain sebagainya.

Jika anda hanya asal dalam membudidayakan semangka maka tidak menutup kemungkinan jika anda merugi. Bukan keuntungan yang anda peroleh tetapi kerugian yang tentunya akan anda sesali sendiri. Jangan sia-siakan peluang usaha yang satu ini yang mungkin akan menjadi sumber penghasilan anda .

Cara Menanam Semangka Kuning dan Merah

cara menanam semangka kuning dan merah

via senior-gardening.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menanam semangka yang baik dan benar, simak uraian berikut. Berikut akan dibagikan berbagai hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membudidayakan semangka.

  1. Penentuan Lahan
  2. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu hal penting dalam budidaya semangka yaitu penentuan lahan. Karena tanaman semangka dapat tumbuh subur di dataran rendah maka pastikan anda memilih lokasi yang tepat.

    Lokasi yang tepat untuk lahan pembudidayaan semangka yaitu di daerah dengan ketinggian 0 sampai 1000 mdpl. Usahakan agar anda menggunakan lahan yang kaya akan unsur haranya. Dengan begitu kebutuhan nutrisi untuk tanaman semangka dapat terpenuhi. Tidak hanya itu saja, lahan yang bagus untuk budidaya tanaman semangka yaitu yang pH-nya 5 sampai 7.

    Jika lahan yang akan anda gunakan tersebut terlalu asam, lakukanlah pengapuran. Tujuannya adalah untuk menetralkan kadar asamnya, gunakan saja kapur doloit dengan dosis sekitar 1 ton per hektar tanah. Cara ini sangat penting untuk anda lakukan demi menjaga keasaman lahan yang akan anda gunakan untuk membudidayakan semangka.

    Tidak hanya itu, anda juga perlu menggemburkan tanah yang akan anda gunakan tersebut. Caranya dapat dengan mencangkulnya atau membajaknya, lakukan sesuai dengan selera anda .

    Mencangkul atau membajak tanah tidak hanya untuk menggemburkan tanah tetapi juga untuk membersihkan rumput liar. Jika sudah, lanjutkan dengan membuat bedengan dengan lebar berukuran 200 cm. Sementara tingginya yaitu sekitar 40 cm dan panjangnya dapat disesuaikan dengan kondisi lahan anda .

    Untuk jarak antar bedengan dapat disesuaikan dengan keadaan lahan, namun disarankan jaraknya sekitar 100 sampai 150 cm. Kemudian buatlah lubang tanam di atas bedengan-bedengan yang sudah anda buat. Ukurannya yaitu 30x30x30 cm, beri pupuk di dalam lubang tersebut. Pupuk yang diberikan yaitu pupuk kandang dicampur dengan beberapa pupuk kimia.

  3. Pembibitan
  4. Hal penting lainnya dalam budidaya tanaman semangka yaitu pembibitan. Untuk pembibitan, anda dapat memilih pembibitan dengan atau tanpa menggunakan biji. Namun sebagian besar petani semangka menggunakan benih berupa biji. Biji yang digunakan adalah biji unggul, benih ini dapat ditemukan di toko-toko bibit.

    Penanaman biji tersebut jangan langsung di lahan atau di bedengan, namun tanam di bedengan terlebih dahulu. Lakukan penyiangan di pagi dan juga sore hari sampai muncul tunas tanaman semangka. Setelah itu anda juga belum dapat memindahkannya ke lahan yang sudah anda persiapkan.

    Bibit yang sudah tumbuh menjadi tunas tersebut sebaiknya dipindahkan ke media tanam yang lebih besar. Kurang lebih selama 4 minggu, barulah anda dapat memindahkannya ke lahan yang sudah anda buat bedengan.

    Sebelum digunakan, bibit berupa biji dapat direndam terlebih dahulu menggunakan air hangat yang dicampur dengan fungisida dan juga bakterisida. Perendaman dapat dilakukan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu angkat dan tiriskan. Jika sudah kering, biji tersebut sudah siap untuk digunakan sebagai bibit dalam budidaya tanaman semangka.

  5. Penanaman dan Perawatan
  6. Untuk penanaman tanaman semangka sendiri yaitu cukup dengan membuat lubang di bedengan yang telah anda siapkan. Setelah itu anda dapat menyiramnya dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tanah. Barulah setelah itu anda dapat memindahkan bibit yang sudah berumur lebih dari 4 minggu tersebut ke dalam lubang di bedengan.

    Tutupi lubang yang sudah anda masuki dengan tanaman semangka tersebut menggunakan tanah yang sudah anda gali. Lakukan penanaman tanaman semangka ini di pagi atau di sore hari agar tanaman tidak mudah layu setelah dipindahkan dari media tanam sebelumnya.

    Bagaimana? cukup mudah bukan cara menanam semangka kuning ataupun merah. Apapun jenis semangka yang anda tanam, anda harus menanamnya dengan teknik yang tepat. Jika sudah selesai melakukan penanaman, yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah melakukan perawatan atau pemeliharaan.

    Pemeliharaan untuk tanaman semangka tidak berbeda jauh dengan pemeliharaan tanaman lainnya. Yang harus anda lakukan adalah menyiramnya secara rutin dan juga teratur agar tanaman tidak mudah layu atau bahkan mati. Penyiraman dapat anda lakukan secara rutin di pagi dan sore hari.

    Tanaman semangka sangat menyukai kondisi lahan yang cukup lembab. Untuk itu, sebaiknya anda menyiram tanaman semangka secara rutin dan teratur terutama di musim kemarau. Jika tanaman semangka kekurangan air, maka sangat berisiko untuk layu dan tanamannya kerdil.

    Lakukan pula penyiangan, bersihkan gulma dan rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman semangka. Gulma ataupun rumput liar dapat merebut unsur hara yang seharusnya ditujukan untuk tanaman semangka. Akibatnya tanaman semangka kekurangan unsur hara untuk dapat tumbuh dan berkembang.

    Pemeliharaan selanjutnya yaitu dengan memberikan pupuk demi menjaga kandungan unsur hara pada lahan tersebut. Caranya yaitu cukup dengan memberikan pupuk NPK ataupun pupuk kandang yang telah difermentasikan.

    Anda hanya perlu menyebar pupuk tersebut di sekitar tanaman, tidak perlu membenamkannya di dalam tanah. Namun sebaiknya jaga jarak dari lubang tanam yaitu sekitar kurang lebih 10 cm.

  7. Panen
  8. Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua petani adalah masa panen. Hal ini juga penting untuk diperhatikan bagi anda yang ingin menjadi petani semangka sukses.

    Setiap petani semangka memiliki kriteria yang berbeda-beda untuk menyatakan bahwa buah semangkanya siap untuk dipanen. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dapat dikarenakan kondisi cuaca, wilayah atau faktor lainnya.

    Namun secara umum, buah semangka yang siap panen memiliki ciri-ciri antara lain:

    • Memiliki bobot yang cukup
    • Buah mulai agak layu
    • Ketika ditepuk-tepuk akan menghasilkan suara yang berat

    Jika anda menemukan ciri-ciri tersebut pada buah semangka yang anda budidayakan, anda dapat memanennya. Atau anda dapat mengambil salah satu buah semangka terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai bahan uji coba terlebih dahulu. Jika benar-benar sudah matang dan siap panen maka anda dapat segera memanennya.

    Untuk memanen buah semangka sendiri menggunakan teknik, tidak sembarangan. Caranya yaitu dengan memotong tangkai buah pangkal menggunakan gunting atau pisau. Sisakan kurang lebih 5 cm tangkai dari pangkal buah, lalu simpan buah semangka di tempat yang sejuk.

    Usahakan agar tidak menumpuk buah semangka, tujuannya agar buah semangka tidak membusuk. Jika membusuk maka anda sendiri yang akan menanggung kerugiannya.

Secara garis besar, itulah yang harus anda perhatikan dan lakukan dalam membudidayakan tanaman semangka. Jika dilihat, tidak terlalu sulit memang dalam menanam ataupun memelihara tanaman semangka.

Namun jika anda asal dalam membudidayakan tanaman ini tentunya sulit bagi anda untuk menjadi petani semangka yang sukses dengan keuntungan tinggi.

Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Secara Singkat

cara menanam semangka dalam polybag secara singkat

via myforesthouse.blogspot.com

Apakah anda bertanya-tanya mengenai lahan yang harus digunakan untuk budidaya tanaman semangka? Bagaimana jika anda tidak menggunakan lahan tanah yang dibuat bedengan melainkan hanya menggunakan polybag? Hal tersebut sebenarnya dapat anda lakukan, memanfaatkan polybag sebagai media tanam tanaman semangka.

Namun anda perlu menggunakan polybag dengan ukuran tertentu untuk mendukung hasil panen yang memuaskan. Jika media tanamnya tidak mendukung untuk pertumbuhannya maka tanaman semangka yang anda tanam bisa saja kerdil atau tidak dapat menghasilkan buah yang berkualitas.

Penggunaan polybag sebagai media tanam memang banyak digunakan hanya untuk pembibitan saja. Untuk pembesarannya akan lebih maksimal jika dilakukan pada media tanam berupa lahan perkebunan. Oleh karena itu, gunakan polybag dengan ukuran yang cukup besar sebagai media tanam pembesaran tanaman semangka.

Cara menanam semangka dalam polybag sendiri tidak berbeda jauh seperti cara menanam semangka di bedengan. Jangan lupa, tanah yang digunakan terdiri dari tanah yang dicampur dengan pupuk organik dan pupuk kimia. Apapun media tanam yang anda gunakan, yang terpenting adalah tetap menjaga unsur hara di dalam tanahnya.

Inilah Cara Menanam Semangka Tanpa Biji

inilah cara menanam semangka tanpa biji

via etsy.com

Bagi anda yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara penanaman semangka tanpa menggunakan benih berupa biji, anda tidak perlu bingung. Baik benih biji ataupun benih bukan biji, anda dapat membelinya secara mudah di toko-toko benih. Pilih saja benih mana yang ingin anda gunakan, keduanya dapat diperoleh di toko benih secara mudah.

Untuk cara penanamannya juga sama, dapat dilakukan pembibitan terlebih dahulu di dalam polybag. Barulah setelah benih tersebut berusia lebih dari 4 minggu, anda dapat memindahkannya ke lahan perkebunan.

Untuk kesuksesan budidaya semangka tidak terletak pada jenis bibit apa yang anda gunakan. Tetapi terletak pada bagaimana anda membudidayakan tanaman yang satu ini. Apakah teknik penanaman dan pemeliharaannya sudah tepat atau belum.

Jika anda mengalami kegagalan, maka jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran. Mungkin saja cara pembibitan anda salah atau juga cara penanaman dan pemeliharaannya yang salah. Cara menanam semangka tanpa biji dapat anda lakukan jika anda percaya bibit ini adalah bibit yang terbaik.

Manfaat Buah Semangka

manfaat buah semangka

via pinterest.com

Apakah anda sudah tahu apa saja manfaat buah semangka? Jika belum, silakan simak uraian berikut ini. Buah semangka tidak hanya merupakan buah yang enak dimakan dan menyegarkan saja. Tetapi buah semangka juga merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin.

Kandungan yang ada di dalam buah semangka diantaranya yaitu protein, air, lemak, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, sirulin, asam amino, asam aminoasetat, asam fosfat, likopen, bromin,karoten dan masih banyak lagi kandungan bermanfaat lainnya. Buah semangka juga rendah kalori sehingga cocok dijadikan sebagai menu diet.

Selain mengetahui bagaimana cara menanam semangka, ketahui juga apa saja manfaatnya. Langsung saja, ini dia manfaat buah semangka yang dapat anda ketahui:

  1. Penghalus Kulit
  2. Buah semangka dapat membantu menghaluskan kulit secara alami, cocok untuk anda yang memiliki kulit kasar. Untuk cara pemanfaatannya yaitu dengan menjemur kulit semangka sampai kering. Setelah itu, anda dapat menggiling kulit semangka sampai menjadi serbuk.

    Gunakan serbuk tersebut untuk merawat wajah anda yang kasar, campur dengan jus lidah buaya dan mentimun. Aduk rata dan gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah alami. Selain dapat menghaluskan kulit wajah, masker alami tersebut juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam.

  3. Obat Kencing Manis
  4. Kulit buah semangka juga dapat dijadikan sebagai obat kencing manis. Cara pengolahannya yaitu dengan merebus kulit semangka, tambahkan jambu biji yang mengkal. Rebus sampai mendidih dan tunggu sampai dingin, barulah airnya dapat anda minum sebagai obat kencing manis.

  5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
  6. Untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi, atasilah dengan menggunakan buah semangka. Caranya sangat sederhana, anda hanya perlu mengonsumsi buah semangka dalam kondisi segar atau dijus. Dalam sehari, cukup minum 2 gelas jus buah semangka atau memakannya dengan dosis yang seimbang.

  7. Mengobati Infeksi Kandung Kemih
  8. Manfaat lain dari buah semangka yaitu dapat dijadikan sebagai obat infeksi kandung kemih. Untuk pengobatan kali ini yang digunakan adalah bijinya. Rebus biji buah semangka sebanyak 2 sendok makan menggunakan 3 gelas air bersih. Rebus sampai mendidih dan diamkan selama kurang lebih 5 menit, jangan lupa untuk menutupinya.

    Setelah itu, anda dapat membiarkannya terlebih dahulu sampai dingin dan kemudian minum sebanyak 1 sendok makan. Minum obat herbal ini 3 sampai 4 kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

  9. Mengatasi Anemia
  10. Buah semangka juga mengandung kalium, kandungan kalium dan air di dalamnya cukup tinggi. Berkat kalium dan air yang terkandung di dalamnya, buah semangka dapat membantu mengatasi anemia. Untuk pemanfaatannya, anda dapat memakan daging buah semangka secara langsung.

  11. Membersihkan Ginjal
  12. Seperti yang anda ketahui, kandungan air di dalam buah semangka sangat tinggi. Jika anda mengkonsumsinya dalam dosis yang cukup, hal tersebut dapat membantu membersihkan ginjal.

    Terbukti dari seringnya seseorang buang air kecil setelah mengonsumsi buah semangka dalam dosis besar. Sama halnya jika anda meminum air terlalu banyak, maka anda akan sering buang air kecil.

Selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat buah semangka yang sangat bagus untuk kecantikan ataupun kesehatan. Baik daging buahnya, biji ataupun kulit buahnya, semuanya dapat dimanfaatkan.

Jika selama ini anda memakan daging buahnya saja, saat ini anda dapat memulai untuk memanfaatkan biji dan kulitnya. Baik untuk merawat kecantikan atau menjaga kesehatan, manfaatkan semangka semaksimal mungkin. Berkat manfaat-manfaatnya tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa pangsa pasar buah semangka cukup luas.

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Tanaman Semangka

peluang usaha budidaya tanaman semangka

via cherrygal.com

Pembudidayaan semangka dapat dilakukan secara mudah, namun tidak hanya itu saja. Pembudidayaan semangka yang baik dan benar mampu menghasilkan buah yang berlimpah dan berkualitas.

Walaupun buah semangka sangat laris manis di musim kemarau, namun permintaan pasar akan buah semangka di sepanjang tahun tetap tinggi. Oleh sebab itu, anda dapat melakukan panen lebih dari 2 kali dalam setahun.

Jika anda melakukan budidaya semangka dengan teknik yang baik dan benar, maka keuntungan yang anda dapatkan sangat besar. Menjadi petani semangka yang sukses bukan hal yang sulit untuk anda gapai.

Dari uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan kenapa usaha budidaya tanaman semangka layak untuk dijadikan sumber penghasilan anda . Alasan-alasannya yaitu:

Satu lagi yang menjadi faktor atau alasan kenapa budidaya semangka merupakan usaha yang menjanjikan yaitu karena keuntungan yang cukup besar.

Beberapa petani semangka mengungkapkan bahwa modal untuk usaha ini hanya sekitar 10 sampai 15 juta rupiah. Namun dalam sekali panen dapat mendapatkan penghasilan mencapai 30 juta rupiah. Dengan kata lain, keuntungan yang diperoleh mencapai 2 bahkan 3 kali lipat dari modal awal.

Anda mungkin dapat menjadi salah satu petani semangka yang sukses dengan penghasilan mencapai puluhan juta rupiah. Dengan syarat anda harus membudidayakan semangka dengan teknik yang tepat.

Bahkan bagi anda yang tidak memiliki lahan sendiri, anda dapat menyewanya. Akan tetapi keuntungan yang anda dapatkan harus berkurang untuk membayar biaya sewa tanah. Sebagai tambahan, berikut ada tips jitu menjadi petani semangka yang sukses:

Usaha budidaya tanaman semangka memang menjadi usaha yang memiliki peluang besar. Jika selama ini anda belum menemukan usaha dengan prospek yang cemerlang, cobalah untuk menjalankan usaha yang satu ini. Terutama jika anda tinggal di daerah dengan ketinggian sekitar 0 sampai 1000 mdpl.

Didukung dengan lahan yang cocok, usaha budidaya tanaman semangka yang anda lakukan akan lebih mudah untuk mencapai ke titik sukses. Terlebih lagi jika anda memperhatikan tips-tips tersebut dan ulet dalam menjalankan usaha budidaya tanaman semangka ini.

Penting untuk anda ingat, harga buah semangka di pasaran dapat naik atau turun kapan saja. Jika anda panen ketika harganya sedang naik, maka tidak dipungkiri anda dapat mengantongi keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara menanam semangka, manfaat buah semangka dan peluang usahanya.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service