BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

foto budidaya ikan hias air tawar

via pinterest.com

Panduan Memelihara Ikan Hias Air Tawar, Antara Hobi dan Investasi

September 19, 2016

Tahukah Anda? Dari 1.100 spesies ikan hias air tawar di dunia ini, 400 spesies setidaknya terdapat di Indonesia. Sampai saat ini baru 90 spesies yang telah dibudidayakan oleh masyarakat pecinta ikan hias. Karena itu, memelihara ikan hias jenis air tawar adalah sebuah hobi dan investasi yang menguntungkan.

Selain ada terdapat banyak ikan hias air tawar di Indonesia. Membudidayakan ikan hias air tawar jauh lebih mudah dibandingkan membudidayakan ikan laut. Biaya maupun teknologi untuk keperluan budidaya tersebut juga tidak terlalu mahal.

Membudidayakan ikan hias air tawar bisa menjadi suatu hobi yang menjanjikan. Selain bisa menghilangkan kepenatan, memelihara ikan hias adalah sebuah investasi tersendiri. Mengingat, peminat ikan hias dari dalam dan luar negeri juga tidak sedikit.

Apalagi, saat ini semakin banyak bermunculan wahana-wahana wisata air tawar yang tentu memerlukan ikan hias berbagai jenis sebagai daya tariknya. Nah, jika Anda ingin mendalami hobi dan investasi yang menggiurkan ini langkah pertama tentu Anda harus mempelajari seluk beluk budidaya ikan hias air tawar.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia ada 400an jenis ikan hias air tawar, namun yang menjadi primadona dan telah dikenal luas oleh masyarakat hanya beberapa jenis. Diantaranya ikan arwana, dan cupang. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air tawar yang banyak dibudidayakan dan dipasarkan di Indonesia dan mancanegara:

  1. Ikan Cupang
  2. foto ikan cupang, ikan hias air tawar

    via pinterest.com

    Ikan cupang pasti adalah jenis ikan yang sangat familiar bagi Anda dan anak-anak. Ikan yang memiliki nama latin Betta sp. ini habitat asalnya adalah rawa-rawa di daerah tropis yang hangat.

    Anda sering melihatnya dijajakan dalam botol-botol kecil namun ikan cupang tetap hidup. Hal ini karena daya tahan ikan ini sangat baik. Ia bisa hidup dalam lingkungan dengan kadar oksigen dan jumlah air terbatas. Karena itu membudidayakan ikan cupang gampang dan murah.

  3. Ikan Koi
  4. foto ikan koi, ikan hias air tawar

    via pinterest.com

    Ikan koi sebenarnya adalah ikan hasil persilangan ikan mas, yang pertama kali dipopulerkan di Jepang. Ikan ini sangat cantik jika dipelihara di kolam-kolam air tawar, tidak lain karena kombinasi warna-warninya yang unik dan indah serta gerakannya yang lembut gemulai.

    Jenis ikan koi sebetulnya mudah dikembangbiakkan, namun kesulitannya justru ada pada bagaimana mendapatkan ikan koi yang berkualitas.

  5. Ikan Arwana
  6. foto ikan arwana merah, ikan hias air tawar

    via youtube.com

    Arwana adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang harganya tinggi, jadi jika Anda ingin membudidayakan ikan endemic Kalimantan dan Papua ini Anda harus merogoh kantong yang dalam. Namun tentu jika Anda berhasil, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan dari ikan yang harga per ekornya bisa mencapai jutaan rupiah.

  7. Ikan Koki
  8. foto ikan koki, ikan hias air tawar

    via pinterest.com

    Jika Anda berencana membudidayakan ikan hias jenis ikan koki, Anda bisa langsung menuju ke Tulungagung, Jawa Timur. Karena disanalah sentra budidaya ikan koki di Indonesia yang menghasilkan 55 juta ekor ikan koki pertahun. Jumlah sebanyak itu tidak hanya diserap oleh pasar dalam negeri, namun juga untuk tujuan ekspor.

  9. Ikan Louhan
  10. foto ikan louhan, ikan hias air tawar

    via youtube.com

    Ikan louhan adalah jenis ikan hias air tawar yang popular di Indonesia. Ikan ini merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis ikan Cichlid. Ia disukai karena bentuknya yang khas dengan tonjolan di kepalanya serta corak siripnya yang unik. Malaysia dan Taiwan adalah Negara-negara yang banyak mengembangbiakkan jenis louhan.

  11. Ikan Guppy
  12. foto ikan guppy, ikan hias air tawar

    via pinterest.com

    Jenis ikan hias air tawar yang satu ini juga banyak terdapat di Indonesia. Namun aslinya, ikan Guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ikan yang lucu ini gampang sekali dibudidayakan. Satu induk betina bisa menghasilkan 30-100 per sekali kelahiran. Hal ini tidak lain karena guppy betina mampu menyimpan sperma di dalam tubuhnya.

  13. Ikan Discus
  14. foto ikan discus, ikan hias air tawar

    via pinterest.com

    Ikan yang bentuknya gepeng seperti kepingan CD ini punya warna-warni yang menarik. Selain itu pembawaannya yang kalem dan lembut juga membuatnya banyak memikat para penyuka ikan hias. Ikan yang berasal dari Amazon ini cocok dibudidayakan di Indonesia, namun Anda harus perhatian karena jenis ikan ini gampang stress.

Daftar ikan hias air tawar diatas adalah jenis ikan hias air tawar yang termasuk paling popular di Indonesia. Jenis yang lain sangat banyak dan memiliki keunikan masing-masing.

Jika Anda ingin mulai berinvestasi pada bisnis ikan hias air tawar, Anda tak perlu memelihara berbagai jenis. Cukup focus pada satu atau dua jenis yang paling Anda kuasai sesuai waktu dan modal yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda juga bisa meminimalkan resiko usaha yang sangat mungkin terjadi.

Kolam Ikan Hias Air Tawar Rumahan Untuk Berbagai Keperluan

foto kolam ikan hias air tawar di rumah

via pinterest.com

Memelihara ikan hias air tawar pada dasarnya sama dengan memelihara ikan konsumsi air tawar. Namun demikian, mengingat fungsinya yang berbeda maka akan ada penanganan khusus yang dilakukan.

Perbedaan langsung yang dapat dirasakan adalah kebutuhan akan kolam ikan hias air tawar yang harus mendapat perlakuan khusus dibandingkan dengan ikan konsumsi. Dengan memilih ikan yang tepat dan kolam yang tepat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi.

Sebelum memelihara ikan hias air tawar, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu habitat asli ikan tersebut. Sehingga kita akan lebih mudah untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan lebih lanjut. Anda harus memilih ikan berdasarkan ketertarikan yang Anda miliki, bukan karena hanya mengikuti tren saja.

Bila Anda telah memutuskan jenis ikan hias air tawar yang Anda inginkan, Anda bisa membangun kolam ikan hias air tawar dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Ukuran kolam harus sesuai
  2. Kolam ikan hias air tawar yang akan Anda gunakan sebaiknya disesuaikan dengan habitat asli, sehingga ikan akan mudah beradaptasi. Kolam yang Anda bangun, sebaiknya menyesuaikan dengan besarnya ikan yang akan Anda pelihara. Untuk jenis ikan kecil seperti ikan guppy dan cupang, Anda bisa menggunakan akuarium berukuran kecil dan sedang. Namun bila Anda ingin memelihara ikan arwana, Anda bisa membeli akuarium yang cukup besar atau juga bisa membangun kolam.

  3. Membuat habitat buatan yang cocok dengan jenis ikan
  4. Membangun habitat kolam ikan hias air tawar sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum ikan yang Anda inginkan datang. Anda bisa membangunnya sendiri atau bisa juga menggunakan jasa pembuatan habitat akuarium professional yang kini telah mulai banyak di Indonesia. Jenis kolam yang Anda bangun apakah indoor maupun outdoor akan mempengaruhi cara perawatan kolam yang ada. Karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa detail yang bisa dikatakan penting.

  5. Memperhatikan pH dan suhu air
  6. Air pada kolam dapat mengalami perubahan kadar keasaman dan perubahan suhu yang dapat mengganggu kesehatan air. Selain itu, dengan pH dan suhu yang tidak tepat beberapa bakteri dan penyakit dapat tumbuh sehingga akan mengganggu kesehatan ikan kesayangan Anda. Anda bisa memasang thermometer dan alat pengukur pH yang banyak tersedia di tempat ataupun toko penjualan ikan hias hingga kolam ikan hias air tawar Anda akan aman.

  7. Hindari untuk mencampur berbagai jenis ikan
  8. Anda harus memperhatikan ikan yang Anda miliki dan ikan yang akan Anda beli. Usahakan agar ikan dalam satu akuarium atau kolam ikan hias air tawar Anda adalah jenis yang sama. Hal tersebut untuk menghindari aksi predatorisme yang mungkin terjadi. Untuk jenis ikan tertentu, seperti ikan cupang yang bersifat soliter (penyendiri) yang agresif Anda bisa memberi sekat pada akuarium ataupun kolam yang Anda miliki.

Ikan hias air tawar yang Anda miliki bila diletakkan dalam kolam maupun akuarium dengan posisi yang pas tentu saja akan memperindah tempat tinggal Anda.

Kolam ataupun akuarium dalam ruangan akan memberikan kesan sejuk dalam rumah Anda. Sedangkan kolam diluar ruangan atau outdoor akan memberikan suasana asri pada rumah Anda. Untuk kolam outdoor, Anda bisa menambahkan taman disekitar kolam agar tampak lebih indah.

Penyakit Ikan Hias Air Tawar Dengan Penyebab Umum

foto ikan hias air tawar yang unik dan mudah dipelihara

via pinterest.com

Seperti halnya setiap spesies yang ada di bumi, ikan juga memiliki penyakit yang dapat membahayakan kesehatan dan kelangsungan hidup. Namun demikian, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa cara. Penyakit ikan hias air tawar bila terdeteksi dari dini maka bisa memungkinkan untuk terjadinya penanganan yang perlu dilakukan.

Untuk dapat mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Pastikan ikan hias milik Anda memiliki kualitas bibit yang unggul
  2. Penyakit ikan hias air tawar, memiliki dua penyebab utama, yaitu penyakit yang ditimbulkan karena keturunan, ada juga penyakit yang terjadi karena tertular.

    Dengan memilih bibit yang baik, Anda bisa memastikan kualitas kesehatan ikan yang Anda miliki. Anda bisa mendapatkan bibit ikan atau ikan hias yang baik dari penjual langganan Anda. Atau Anda bisa meminta referensi dari sesama pecinta ikan di daerah Anda.

    Penyakit ikan hias air tawar yang terjadi karena tertular ikan yang lain, biasanya karena adanya penambahan populasi ikan dengan adanya pembelian baru.

    Bila Anda baru membeli ikan, sebaiknya pisahkan dulu dalam kolam karantina yang tidak tercampur dengan ikan yang lain. Apabila ikan dalam waktu seminggu hingga tiga minggu dalam keadaan baik, Anda bisa mencampurkannya dengan ikan yang lainnya.

  3. Pastikan kualitas dan kuantitas pakan ikan yang Anda berikan
  4. Memilih pakan yang sesuai dengan ukuran dan jenis ikan adalah salah satu cara terbaik untuk menjauhkan ikan hias Anda dari penyakit ikan hias air tawar yang membahayakan.

    Jenis pakan ikan yang diberikan biasanya berupa pakan pabrikan dan pakan hidup. Untuk pakan pabrikan kita bisa melihat tanggal kadaluarsa dan bentuk kemasan harus dalam keadaan baik. Untuk pakan curah, pastikan makanan tidak lembab dan berjamur saat diberikan.

    Untuk jenis pakan segar atau pakan hidup, Anda juga perlu waspada dengan penyakit dan tekstur pakan yang mungkin akan berbahaya. Pilih pakan hidup yang memiliki tekstur lunak seperti cacing atau ulat.

    Bila ingin memberikan jangkrik atau belalang, pastikan Anda telah melepas kaki tajam yang ada pada binatang yang akan Anda jadikan pakan ikan hias kesayangan Anda. Dengan memperhatikan kualitas makanan, maka penyakit ikan hias air tawar bisa diatasi.

    Selain kualitas pakan yang patut diwaspadai, pemberian dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menimbulkan penyakit ikan hias air tawar. Anda harus disiplin dalam jadwal pemberian makanan pada ikan hias.

    Selain waktu yang konsisten, pemberian makan dengan kuantitas yang pas juga akan mencegah terjadinya penyakit karena bakteri yang mungkin akan tumbuh dan berkembang pada sisa makanan yang tidak dimakan oleh ikan hingga akan berbahaya.

  5. Pastikan kualitas dan kuantitas air tetap terjaga
  6. Kualitas air yang baik bisa kita lihat dari sumber yang ada untuk mengisi kolam atau akuarium air tawar yang kita miliki. Untuk kualitas terbaik, disarankan Anda menggunakan air tanah atau air sumur yang bebas dari kontaminasi.

    Anda bisa menggunakan air sumur permukaan atau air sumur dalam (sumur bor). Tidak dianjurkan untuk menggunakan air ledeng atau PAM yang telah mengandung bahan penjernih air.

    Alasan digunakan air sumur bukan air ledeng adalah karena adanya bahan kimia yang ada pada air ledeng. Meskipun dapat digunakan sebagai anti bakteri dan anti kuman, namun terkadang ikan hias akan sensitive terhadap bahan kimia.

    Dengan menggunakan air sumur, penyakit ikan hias air tawar mungkin tetap ada, karena itu perlu adanya sterilisasi yang tetap menjaga kualitas air dengan bahan yang khusus dapat ditoleransi oleh ikan hias air tawar.

    Kualitas air yang baik meliputi suhu air, pH atau keasaman air, kejernihan air, dan kadar oksigen yang terkandung dalam air. Suhu air sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat kolam berada, selain itu juga oleh kuantitas air. Maka dari itu, Anda perlu secara rutin memeriksa dan memastikan air tetap dalam kondisi yang ideal.

  7. Pastikan kondisi peralatan kolam ataupun akuarium
  8. Alat standar yang digunakan seperti saringan air, perlu dijaga agar kualitas air tetap terjaga. Semakin padat populasi akuarium atau kolam maka akan semakin sering penyaring air harus diganti atau dibersihkan.

    Apabila tidak, air kolam atau akuarium akan keruh, selain itu kotoran dan sisa makanan yang menumpuk pada saringan air akan meningkatkan keasaman yang dapat menimbulkan penyakit ikan hias air tawar.

    Demikian juga alat bubble atau gelembung juga harus selalu diperiksa dan berfungsi dengan baik. Alat gelembung atau pompa membantu akuarium (terutama untuk indoor) mendapatkan pasokan oksigen yang bagus untuk populasi ikan yang ada.

    Semakin padat populasi, maka alat ini akan semakin dibutuhkan untuk menjaga ikan hias air tawar Anda terbebas dari penyakit ikan hias air tawar yang disebabkan karena kurang oksigen.

Penyakit pada ikan hias air tawar selain disebabkan oleh hal umum juga bisa terjadi karena hal yang bersifat khusus. Biasanya penyakit pada ikan hias air tawar bisa diobati dengan obat-obatan yang telah ada di pasaran saat ini.

Obat-obatan selain bisa digunakan untuk melakukan pengobatan setelah terjangkit, juga dapat digunakan untuk melakukan pencegahan agar penyakit ikan hias air tawar tidak menjangkiti ikan hias Anda.

Perkembangan Dan Peluang Pasar Usaha Ikan Hias Air Tawar

perkembangan dan peluang pasar usaha ikan hias air tawar

via pinterest.com

Memulai usaha pembibitan dan pengembangbiakan ikan hias air tawar selain membutuhkan ketekunan juga diperlukan kejelian dalam melihat pasar. Anda sebaiknya juga belajar bagaimana pasar ikan hias air tawar dan tantangan-tantangan yang bakal Anda hadapi ketika terjun dalam bisnis basah ini.

Apalagi selama ini Indonesia baru menempati posisi ke-3 ekspor ikan hias di dunia, dengan nilai ekspor sekitar 12,6 juta dolar AS pertahun. Indonesia masih kalah dengan Singapura yang nilai ekspor ikan hiasnya mencapai 41,5 juta dolar AS. Padahal Indonesia adalah surganya ikan hias.

Sisi baiknya, kita memang harus banyak belajar dari Singapura. Dimana, pemerintah sangat mendukung para penghobi ikan hias dengan memberikan banyak dukungan dan memfasilitasi penyelenggaraan pameran-pameran ikan hias internasional dan segala bentuk fasilitas.

Hanya dari penyelenggaraan pameran ikan hias, Singapura yang sangat minim dengan keanekaragaman hayati dan sumberdaya alam bisa meraup jutaan dolar devisa bagi negaranya.

Jika Anda bertekad menekuni bidang ini, Anda harus memahami bahwa pasar ikan hias air tawar sangat tergantung kepada dukungan pemerintah dan inisiatif serta kerjasama berbagai pihak.

Organisasi-organisasi dan kelompok penghobi ikan hias, pengusaha ikan hias, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, semua harus bergandengan tangan untuk mengoptimalkan potensi ikan hias air tawar Indonesia yang sangat kaya. Dengan demikian, semua pihak dapat maju bersama dari keuntungan bisnis dan hobi ikan hias air tawar tersebut.

Saat ini, beberapa langkah seperti mengusahakan hak paten atas jenis-jenis ikan hias air tawar asli Indonesia seperti ikan Arwana juga telah dilakukan.

Perdagangan Arwana tingkat Internasional jangan sampai justru banyak dinikmati negara lain, padahal para penghobi ikan hias dan produsen kita lah yang selama ini telah bersusah payah mengembangbiakkan ikan yang tadinya hanya hidup di alam liar Kalimantan dan Papua tersebut.

Nah, mungkin Anda penasaran, selain memiliki potensi sumberdaya alam dan nilai ekspor yang tinggi, pasar ikan hias air tawar juga menawarkan pendapatan yang menakjubkan. Hal ini bisa dilihat dari harga-harga ikan hias di pasar ikan hias air tawar tingkat local selama ini.

Harga ikan guppy atau ikan seribu ini walaupun nampaknya murah hanya sekitar 3000 rupiah hingga 10.000 rupiah per ekor namun ikan ini juga sangat cepat dan mudah perkembangbiakannya. Jika satu bulan Anda bisa memproduksi 1000 ekor ikan guppy, minimal Anda akan mendapat 3juta perbulan hanya dari ikan guppy.

Jika Anda ingin menjajal pengembangbiakan ikan Oscar, harga ikan ini per ekornya antara 100.000 hingga 250.000 rupiah. Harga tersebut sedikit lebih mahal dari ikan Discus yang mencapai 75.000 hingga 100.000 rupiah per ekor.

Namun, jika Anda ingin mencoba mengembangbiakkan ikan jenis lain yang lebih mudah seperti ikan koki, walaupun per ekor hanya sekitar 10.000 hingga 20.000, namun tetap menguntungkan jika Anda bisa memproduksi dalam jumlah stabil dan banyak.

Sementara, Anda tak perlu kaget dengan harga ikan Arwana yang bisa mencapai 1 milyar rupiah. Ini benar! Ikan Arwana jenis Super Red Albino pada ajang Indonesia Pets Plants Aquatic Expo tahun 2010 terjual dengan nilai yang fantastic tersebut.

Tentu saja, butuh ketekunan dan perhatian ekstra untuk mendapatkan jenis dengan kualitas tinggi seperti ikan Arwana tersebut. Sama halnya degan harga ikan Koi, yang merupakan ikan keramat bagi sebagian orang Jepang. Ikan yang dianggap membawa keberuntungan ini harganya antara 5-7 juta untuk yang sudah berukuran 30an cm.

Karena itu, dengan pasar ikan hias air tawar yang begitu terbuka dan besar potensinya, maka jangan ragu untuk mencoba menekuni hobi dan bisnis yang menggiurkan ini. Anda bisa memulainya dengan modal kecil bahkan di rumah Anda sendiri.

Pasar local ikan hias air tawar bisa Anda bidik sambil mengembangkan diri dan mencoba menjajal kemungkinan dan peluang-peluang baru di pasar ekspor, jika Anda sudah cukup mampu, baik dari sisi kapasitas produksi, maupun dari kualitas.

Yang jelas, setiap bisnis tentu ada resikonya, perhitungkan baik-baik segala langkah Anda dengan seksama dan jangan ragu belajar.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service