BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

11 manfaat obat dan 9 kandungan buah sawo

via amazon.com

11 Manfaat Obat dan 9 Kandungan Buah Sawo yang Perlu Kamu Tahu

November 29, 2016

Sudah bukan menjadi gosip lagi kalau buah sawo ternyata memiliki banyak khasiat. Buah tropis berwarna coklat yang seukuran dengan telur ayam negri ini mula-mula dianggap dan dimanfaatkan sebagai buah hidangan pencuci mulut.

Memang rasa dari buah ini sangatlah manis, dagingnya yang berwarna coklat dan mengandung banyak air ini sangat memanjakan lidah. Terlebih jika daging buahnya yang empuk itu digigit dan dikunyah, akan ada sensasi seperti bersentuhan dengan butiran pasir halus nan empuk dan lembut ketika lidah kita mulai mencecapi rasanya.

Sekilas aroma buah sawo ini mirip alkohol. Padahal, buah sawo ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Kita tidak akan pernah mabuk sekalipun kita makan buah sawo dalam jumlah banyak. Buah ini bisa langsung dimakan sekulit-kulitnya atau bisa dikupas terlebih dahulu; dua-duanya sama-sama enak.

Dalam satu buah sawo, ada beberapa biji sawo yang berwarna hitam berbentuk seperti kwaci yang ukuran besar. Namun biji sawo ini bukan kwaci lho, dan tidak bisa djadikan asinan seperti kwaci. Biji sawo ini dikenal dengan sebutan kecik.

Konon katanya buah sawo ini berasal dari Mexico dan Amerika Tengah. Lantas buah ini mulai menyebar di seluruh daerah tropis di segala penjuru dunia.

Di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah, kita akan mudah menjumpai pohon sawo yang ditanam oleh orang-orang di pekarangan ataupun dalam pot. Tanaman sawo ini bisa tumbuh di seluruh pelosok nusantara pada daerah-daerah dengan ketinggian 700-1200 m.dpl.

Pohon sawo sangat tahan panas dan tahan terhadap hujan. Pohonnya yang bisa dibilang kecil tapi kokoh ini menghasilkan daun yang lumayan tebal dengan ukuran yang tak terlalu besar.

Daun sawo ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tak hanya itu, bahkan getah sawo inipun ada gunanya lho setelah diolah menjadi lateks. Salah satu fungsi dari olahan getah sawo ini adalah dijadikan bahan untuk menambal gigi.

Apa Saja Kandungan Yang Terdapat Dalam Buah Sawo?

apa saja kandungan yang terdapat dalam buah sawo?

via pinterest.com

Jika buah sawo dikatakan memiliki khasiat untuk kesehatan, tentunya ada zat dan mineral tertentu yang terkandung dalam buah sawo.

Secara umum, buah sawo yang sangat kaya akan serat ini mengandung karbohidrat, protein nabati, lemak nabati, vitamin, mineral dan senyawa penting lainnya, diantaranya adalah tanin, folat, niasin, asam pantotenat, zat besi.

Kenapa Buah Sawo Yang Direkomendasikan?

kenapa buah sawo yang direkomendasikan?

via youtube.com

Dari beberapa kandungan yang terdapat dalam buah sawo, terutama adalah kandungan tanin dalam dosis besar, buah sawo menjadi salah satu alternatif alami untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Buah sawo merupakan buah yang gampang didapatkan. Meskipun ada musim tertentu buah ini diproduksi dalam jumlah banyak, namun buah sawo ini sebenarnya merupakan buah yang selalu ada setiap saat. Selain itu buah sawo bukanlah buah yang mahal sehingga siapa saja bisa mendapatkan buah ini.

Khasiat Buah Sawo

khasiat buah sawo

via livefoodexperience.com

Dari beberapa jenis zat yang terkandung dalam buah sawo, tentunya buah sawo memiliki banyak khasiat. Untuk itu, mari kita telusuri terlebih dahulu fungsi masing-masing zat yang terkandung dalam buah sawo:

  1. Karbohidrat
  2. Sebagaimana telah kita ketahui, karbohidrat merupakan sumber energi manusia. Karbohidrat itu sendiri merupakan unsur yang diperoleh dari glukosa yang terkandung dalam berbagai jenis makanan. Sumber karbohidrat tertinggi biasanya berasal dari makanan (tanaman) yang memiliki rasa manis (tebu, sawo, pisang, apel, dll).

    Namun yang dijadikan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat justru bukan buah-buahan, melainkan sumber makanan lain yang kandungan gizinya didominasi oleh karbohidrat seperti misalnya beras, jagung, ubi, singkong, kentang, sagu, dan gandum.

    Meski banyak jenis tanaman yang mengandung karbohidrat tinggi seperti tebu dan buah-buahan, secara kultural lambung kita tak sanggup untuk hanya mengkonsumsi buah-buahan saja (misalnya).

    Barangkali ini soal kebiasaan saja akan tetapi, sebagai contoh, jika pagi-pagi kita makan buah jeruk saja, atau seharian kita hanya mengkonsumsi jeruk, maka bisa dipastikan kita akan mengalami masalah perut.

    Karbohidrat merupakan sumber makanan pokok yang harus dikonsumsi tubuh agar tubuh bisa bekerja untuk menjalankan mekanismenya. Karbohidrat ibarat bensin yang bikin mesin bisa menyala disamping mesin tersebut butuh oli dan lain sebagainya agar bisa bekerja dengan sempurna.

  3. Protein Nabati
  4. Protein ada dua jenis, yakni protein hewani dan protein nabati. Protein hewani tentu saja adalah protein yang bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi hewan yang bisa dikonsumsi seperti ayam, ikan, kambing, kerbau, dan lain sebagainya.

    Sementara protein nabati merupakan protein yang didapatkan dengan cara mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan. Protein ini sangat penting dan diperlukan tubuh terutama bagi manusia yang masih dalam proses pertumbuhan. Gampangnya, protein ini nantinya akan menjadi daging kita.

    Protein memang sangat vital bagi pertumbuhan manusia. Namun begitu, orang-orang yang sudah lewat masa pertumbuhan tetap membutuhkan asupan protein untuk merehabilitasi sel-sel tubuh.

    Sejauh ini, banyak orang yang masih mengkonsumsi sumber protein hewani untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Akan tetapi jika tubuh mendapatkan terlalu banyak asupan supali protein hewani, dampaknya bisa sangat buruk. Setidaknya tubuh akan banyak menyimpan kolesterol jahat.

    Sementara itu, protein nabati justru merupakan protein yang sangat minim efek samping buruk. Bisa dibilang bahwa protein nabati merupakan protein yang minim kolesterol jahat sehingga baik untuk dikonsumsi tubuh setiap hari dan setiap saat tanpa khawatir soal kanker dan kolesterol atau bahkan sakit jantung.

  5. Lemak Nabati
  6. Sebagaimana protein nabati, lemak nabati merupakan lemak yang didapatkan dari mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan. Banyak sekali jenis tanaman yang menganung lemak. Bahkan ada beberapa tumbuhan yang mengandung lemak tinggi seperti misalnya kelapa dan kelapa sawit yang dijadikan minyak.

    Kelebihan lemak tentunya akan sangat buruk bagi tubuh karena tubuh akan memiliki ukuran yang berlebihan. Tak jarang banyak orang yang alergi jika tubuh mereka terlalu banyak menyimpan lemak karena tubuh semacam ini dicap sebagai tubuh tidak ideal, kurang sexy, dan bahkan kurang sehat.

    Kelebihan lemak sedikit banyak memang akan mengganggu kinerja tubuh; tubuh akan menjadi berat, sulit digerakkan, kehilangan kelincahan dan fleksibilitas hingga mudah lelah.

    Namun, jika tubuh kekurangan lemak, masalah juga akan timbul karena tubuh juga akan mengalami hal serupa sebagaimana tubuh mengalami kelebihan lemak. intinya, tubuh harus mendapatkan asupan lemak yang pas agar tetap sehat. Tetapi apasih fugsi lemak dalam tubuh? Berikut ini merupakan fungsi dari lemak:

    • Pelindung tubuh dari perubahan suhu.
    • Sumber cadangan energi jika tubuh kehabisan karbohidrat.
    • Pelindung organ tubuh mulai dari lapisan bawah kulit hingga organ vital lainnya seperti lambung, usus, dan jantung.
    • Menjadi tempat untuk membentuk membran sel dalam tubuh.
    • Menjadi salah satu unsur yang dibutuhkan untuk pembentukan hormon.
    • Membantu sirkulasi dan penyusunan vitamindan mineral dalam tubuh.

    Jadi, kalau kita anti lemak akibatnya juga bahaya lho. Lemak nabati juga merupakan jenis lemak yang jarang menimbulkan masalah bagi tubuh. Jika dibandingkan dengan lemak hewani, lemak nabati jauh lebih bersahabat.

  7. Vitamin
  8. Tubuh tak hanya butuh karbohidrat, protein dan lemak lho. Tubuh harus mendapatkan asupan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang digolongkan berdasarkan fungsinya; jenis-jenis vitamin yang penting bagi tubuh adalah vitamin A, B kompleks (B1-B12), C, D, dan E.

    Masing-masing jenis vitamin ini biasanya didapatkan dari sumber yang berbeda-beda. Misalnya jika tubuh kekurangan vitamin A maka disarankan untuk makan wortel karena wortel banyak mengandung vitamin A disamping vitamin lainnya. Sementara untuk vitamin C, biasanya direkomendasikan untuk mengkonsumsi jeruk.

  9. Zat Besi
  10. Zat besi selalu berhubungan dengan darah. Betul sekali, zat besi tak hanya penting untuk pembentukan sel-sel darah, namun juga penting untuk kinerja darah dalam tubuh, yakni yang berfungsi untuk mengedarkan seluruh nutrisi makanan ke seluruh penjuru tubuh. Apa jadinya jika tubuh kita kekurangan zat besi?

    Jika tubuh kekurangan zat besi, tentunya jumlah darah kita juga menurun. Tak hanya itu, darah juga tidak optimal dalam melakukan fungsinya sehingga tubuh yang kekurangan darah ini selalu lemah, gampang pusing, dan kekurangan zat besi bahkan bisa berakibat fatal lho.

  11. Tanin
  12. Apa sih tanin itu? Tanin merupakan suatu senyawa yang dihasilkan oleh tanaman. Bahan makanan (tanaman atau buah-buahan) yang mengandung tanin biasanya memiliki rasa yang sedikit pahit atau sepat. Senyawa ini jika kena pada permukaan kulit, maka akan mengakibatkan permukaan kulit menjadi lebih berkerut/terasa kencang.

    Di bidang kesehatan, tanin mempunyai beberapa fungsi penting:

    • Dapat menciutkan dinding usus sekaligus membuat dinding usus menjadi lebih keras dan padat sehingga usus ini berfungsi optimal untuk menjaga peredaran makanan dan sisa makanan karena cairan tubuh baik dari luar atau dari dalam usus tidak dapat dengan mudah menembus dinding usus dan mengganggu jalannya pencenaan.
    • Sifat tanin yang seperti ini juga bisa diaplikasikan ke kulit; tanin akan membuat kulit menjadi lebih kencang, liat, dan pori-pori kulit akan menjadi semakin rapat sehingga menjadi penghalang bagi radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit.

    • Tanin merupakan anti bakteri yang bisa diaplikasikan untuk tubuh atau untuk kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan anti bakteri. Contoh aplikasi tanin untuk keperluan lain ini, tanin bisa difungsikan sebagai fungisida atau pestisida tanaman. Semantara untuk kesehatan tubuh manusia, anti bakteri ini tentu saja bekerja sebagai imun tubuh.
    • Selain berfungsi sebagai anti bakteri, tanin juga bekerja sebagai anti oksidan bagi tubuh; melawan radikal bebas yang terlanjur masuk ke dalam tubuh.
    • Tanin juga berfungsi sebagai antidotum atau penawar racun. Tubuh kadangkala menimbun terlalu banyak bahan makanan atau bahkan sisa makanan yang belum dikeluarkan sehingga hal ini berpotensi menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Tanin akan bekerja elawan racun dengan cara mengeluarkan endapan-endapan racun ini dari dalam tubuh.
  13. Niasin
  14. Niasin disebut juga sebagai vitamin B3. Niasin ini merupakan salah satu vitamin yang sangat vital dan diperlukan tubuh setiap hari.

    Fungsi niasin diantaranya adalah memecah karbohidrat menjadi glukosa sehingga tubuh memiliki energi. Niasin ini juga merupakan produsen histamine yang berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah lancar.

    Apa akibatnya jika tubuh kekurangan niasin? Tentunya suplai energi kita berkurang karena karbohidrat yang diperoleh tubuh tidak diubah secara optimal untuk menjadi glukosa, lalu energi.

    Sementara, jika kita mengalami penyumbatan pembuluh darah, asupan nutrisi apapun juga akan tersendat-sendat untuk disirkulasikan oleh darah dikarenakan penyumbatan aliran darah.

    Kekurngan niasin juga akan menimbulkan suatu penyakit yang bernama pellagra yang ditandai dengan munculnya gejala-gejala seperti diare, demensia dan dermatitis.

    Selain itu, kekurangan niasin juga bisa menyebabkan gangguan syaraf yang akan berdampak pada sisi psikologis manusia; ia akan menjadi sering gelisah, depresi, sulit berkonsentrasi, apatis, dan pelupa.

    Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya tubuh selalu mendapatkan asupan niasin. Tidak banyak sih yang dibutuhkan, yakni antara 10-35 mikrogram (tidak sampai 1 mg).

  15. Folat
  16. Folat adalah nama lain dari vitamin B9 yang banyak dihasilkan oleh sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

    Secara umum, folat atau asam folat membantu proses pembentukan sel darah merah, memproduksi DNA, membentuk jaringan dalam tubuh yang berperan untuk membawa inforasi genetik, memperbaiki DNA dan RNA, dan mempercepat pembelahan dan pertumbuhan sel dalam tubuh.

    Folat juga merupakan vitamin yang berfungsi penting untuk membantu pembentukan sistem syaraf. Sementara, sistem syaraf manusia pertama-tama terbentuk ketika manusia masih menjadi janin sehingga ibu hamil sangat disarankan banyak mengkonsumsi folat untuk menghindari resiko bayi lahir cacat atau memiliki sistem syaraf kurang sempurna.

  17. Asam Pantotenat
  18. Asam pantotenat merupkan nama lain dari vitamin B5 yang sangat baik untuk menjaga kesuburan tubuh. Selain itu, asam pantotenat dipergunakan dalam medis untuk mengobati diabetes.

    Asam pantotenat juga sangat penting untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan stroke. Fungsi lain dari asam pantotenat ini adalah untuk menyembuhkan atau mempercepat penyembuhan luka.

    Dalam dunia kecantikan, asam pantotenat dipergunakan untuk perawatan rambut karena bisa menaikkan kadar pertumbuhan rambut dan memperbaiki sel-sel rambut yang telah rusak/mati.

    Selain itu, asam pantotenat juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan jerawat dan memperkecil pori-pori kulit sehingga asam pantotenat ini banyak dipergunakan untuk produksi kosmetik atau sabun kecantikan.

Berdasarkan kandungan pada buah sawo beserta fungsi dari masing-masing kandungan tersebut, buah sawo sangat baik untuk dipergunakan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Beberapa penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan buah sawo diantaranya adalah:

  1. Anemia
  2. Buah sawo kaya akan zat besi sehingga baik sekali untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain itu, buah sawo juga mengandung folat yang sangat baik bagi untuk mempercepat pembentukan sel darah sekaligus mempercepat proses regenerasi sel-sel darah yang telah rusak.

  3. Diare
  4. Buah sawo memiliki kandungan tanin yang sangat tinggi sehingga selain baik untuk memperlancar pencernaan, tanin ini bersifat sebagai anti bakteri yang menyerang pencernaan dan mengakibatkan gangguan diare. Selain itu, buah sawo juga menghasilkan niasin yang memang dipergunakan untuk menyembuhkan diare.

  5. Gangguan Pencernaan
  6. Daging buah sawo itu sendiri merupakan sumber serat tinggi serta merupakan serat berkualitas baik yang diperlukan tubuh untuk memperlancar jalannya pencernaan. Penyakit pencenaan seperti sembelit sangat mudah diatasi jika kamu mengkonsumsi sawo disaat kamu sedang mengalami gangguan ini.

    Selain itu, sawo mengandung tanin dan niasin yang mampu menangkal racun dalam tubuh akibat penumpukan sisa makanan yang sulit dikeluarkan karena kekurangan serat.

  7. Kanker Usus
  8. Salah satu penyebab munculnya kanker usus adalah karena sistem pencernaan sering terganggu. Terlebih, jika tubuh mengalami sembelit atau susah mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, hal ini sedikit banyak akan menjadi salah satu penyebab penimbunan racun dalam usus dan dalam jangka waktu lama akan meyebabkan kanker usus.

    Buah sawo sangat direkomendasikan untuk mencegah hal ini karena buah ini mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan serta kanduangan tanin dan niasin yang berfungsi baik untuk anti bakteri dan anti oksidan.

  9. Sariawan
  10. Buah sawo kaya akan vitamin C yang baik juga untuk membantu penyembuhan sariawan. Selain itu buah sawo juga mengandung anti bakteri yang dapat mencegah penyakit sariawan semakin parah.

    Di sisi lain, sawo kaya akan asam pantotenat yang berfungsi baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka sehingga kombinasi ini sangat baik untuk mengobati dan mencegah sariawan.

  11. Infeksi
  12. Buah sawo dengan kandungan tanin, nisin dan asam pantotenat merupakan salah satu sumber makanan yang mampu untuk mencegah terjadinya infeksi ketika tubuh mengalami luka sehingga buah sawo ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

  13. Mudah Sakit
  14. Jika kamu sering sakit padahal kamu tidak melakukan berbagai aktifitas yang memicu terjadinya penyakit, itu artinya tubuh kamu memiliki sistem imun yang lemah. Buah sawo merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah sawo mengandung tanin yang berfungsi baik sebagai anti bakteri dan anti oksidan.

  15. Mempercepat Penyembuhan
  16. Kandungan penting dalam buah sawo yang berperan untuk mempercepat penyembuhan adalah folat dan asam pantotenat. Folat dan pantotenat membantu mempercepat rehabilitasi kerusakan sel tubuh sehingga dapat memperceat proses penyembuhan luka.

  17. Syaraf
  18. Folat dan niasin yang terkandung dalam buah sawo merupakan senyawa yang sangat diperlukan tubuh untuk merehabilitasi sel-sel syaraf. Untuk kamu yang mudah mengalami gangguan stress, depresi, susah konsentrasi, dan pelupa itu tandanya tubuhmu kekuranga niasin.

    Dengan mengkonsumsi buah sawo setiap hari boleh dipastikan kamu akan memiliki sistem syaraf yang lebih oke sehingga tidak mudah lupa, stress, dan depresi.

  19. Kolesterol dan Jantung
  20. Dua penyakit tersebut selalu berdampingan; kolesterol jahat dalam jumlah berlebih di dalam tubuh selalu memicu datangnya penyakit jantung karena kolesterol tersebut bisa menghambat aliran darah.

    Sementara itu, buah sawo mengandung nasin yang bisa memperlebar saluran darah sekaligus mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga bisa dikatakan bahwa buah sawo sangat baik untuk kesehatan jantung.

  21. Gangguan Kulit dan Rambut
  22. Fungsi asam pantotenat, tanin, dan niasin dalam sawo seperti yang telah dibahas di bagian sebelumnya sangat baik untuk memperbaiki sel-sel kulit mati atau rusak, menutup atau memperkecil pori-pori, dan mencegah masuknya radikal bebas karena memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

    Sehingga, selain baik untuk kulit, buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Buah Sawo untuk Mendapatkan Khasiatnya?

bagaimana cara memanfaatkan buah sawo untuk mendapatkan khasiatnya?

via vinicooksveg.wordpress.com

Pada bagian sebelumnya telah dibahas mengenai nutrisi yang terkandung dalam buah sawo dan fungsi dari nutrisi tersebut untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. namun, bagaimana sih cara memanfaatka buah sawo untuk berbagaimacam fungsnya tersebut?

  1. Dikonsumsi Langsung
  2. Cara ini merupakan cara yang paling mudah namun tidak berfungsi secara langsung/instant. Dalam jangka waktu yang lama, mengkonsumsi buah sawo sangat baik untuk menjaga imun tubuh, menjaga kesehatan sistem pencernaan, jantung, dan syaraf.

  3. Dijadikan Olahan
  4. Untuk beberapa macam penyakit seperti diare dan keracunan makanan, buah sawo yang masih muda bisa dipergunakan dengan cara mengolahnya terlebih dahulu (karena rasanya pahit dan mengandung tanin dalam dosis yang jauh lebih besar jika dibandngkan sawo yang sudah matang).

    Buah sawo yang masih muda atau masih keras dibersihkan terlebih dahulu lalu dipotong-potong dan selanjutnya direbus untuk diambil air rebusannya. Rasanya pahit memang, tapi air ini boleh dicampur dengan madu untuk dikonsumsi setiap hari. Efek yang dihasilkan dari cara ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan mengkonsumsi sawo matang.

  5. Dipergunakan Untuk Obat Luar
  6. Buah sawo yang sudah matang bisa dipakai untuk obat luar lho, misalnya untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya cukup mudah, buah sawo matang dihaluskan terlebih dahulu untuk dijadikan masker. Hal ini dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit.

    Selain itu, buah sawo yang telah dihaluskan juga bisa digunakan untuk memijit kulit kepala sebelum keramas. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan tidak terhambat pertumbuhannya.

Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

buah sawo untuk ibu hamil

via rmqld.com.au

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung folat. Tak jarang seusai ibu hamil periksa di dokter, bidan atau puskesmas selalu diberi resep berupa vitamin dan folat dalam bentuk kapsul ataupun tablet.

Folat ini sangat bagus untuk pembentukn sistem saraf si kecil yang masih dalam tahap pembentukan selama masih berada di kandungan.

Jika ibu hamil kekurangan folat, dikhawatirkan bayi yang akan dilahirkan nantinya memiliki sistem syaraf yang kurang sempurna sehingga berdampak pada tumbuh kembang bayi mulai dari lemahnya kinerja otak hingga merembet ke sistem lain dalam tubuh.

Untuk itulah, selain mengkonsumsi folat dalam bentuk resep dokter, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan alami yang mengandung folat karena justru makanan alami ini selalu memiliki khasiat lebih bagus (tanpa efek samping) ketimbang yang non-alami.

Buah sawo merupakan salah satu buah diantara buah-buahan lain yang mengandung folat tinggi. Dengan mengkonsumsi setidaknya dua buah sawo setiap hari, hal ini menambah suplai nutrisi yang dibutuhkan oleh sang ibu dan anak.

Selain bahwa buah sawo memiliki kandungan folat yang tinggi, buah sawo ini juga mengandung serat sehingga baik untuk pencernaan ibu. Saat ibu sedang hamil, tak jarang sang ibu sering mengalami masalah BAB.

Terlebih, ibu hamil tidak disarankan untuk berada dalam posisi BAB dalam waktu yang lama dan tidak boleh terlalu menegangkan perut saat BAB sehingga masalah ini sebenarnya bukan masalah sepele. Buah sawo ini kemudian bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah BAB pada ibu hamil.

Kadangkala saat kandungan masih berusia muda, tak jarang ibu hamil mengami mual-mual dan fase ini bisa berlanjut bahkan hingga kandungan sudah mulai membesar.

Dalam situasi seperti ini, banyak ibu hamil yang tidak doyan makan sehingga mereka justru malah semakin lemah, kekurangan karbohidrat dan nutrisi lain yang penting untuk mensuport kehamilan. Biasanya buah-buahan menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Akan tetapi mengkonsumsi satu jenis buah saja, misanya pisang, tidak akan banyak membantu karena masih akan menyebabkan mual dan justru malah bikin sembelit.

Mual-mual dan sulit makan makanan pokok dapat diselingi sementara dengan mengkonsumsi berbagai macam buah dalam satu porsi. Sawo bisa menjadi salah satu buah yang dimakan bebarengan dengan buah yang lain.

Memang banyak sekali jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun demikian, baiknya ibu hamil pandai-pandai dalam membuat variasi makanan. Bagaimanapun juga, makanan tidak selalu dan sepenuhnya bisa diproses secara sempurna dalam lambung.

Bahkan, kadangkala ada beberapa makanan (terutama makanan olahan atau makanan instan) yang apabila dikonsumsi secara berlebihan justru akan menjadi polusi bagi tubuh. Sawo memiliki senyawa antioksidan yang sangat baik untuk mengikat racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Efek Samping Buah Sawo

efek samping buah sawo

via sulcatagrove.blogspot.com

Bagaimanapun juga buah sawo mengandung glukosa dengan kadar yang sangat tinggi. Sehingga, jika kamu mengkonsumsi sawo secara berlebihan, dikhawatirkan kadar gula dalam darah juga akan ikut meningkat.

Tentu ini bukan hal yang bagus bukan? Kamu tidak akan mendapat manfaat sehatnya melainkan mendapatkan kebalikan dari semua manfaat sehat dari buah sawo. Khusus bagi penderita penyakit gula, tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah sawo yang telah matang.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service