BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

budidaya tanaman buah dalam pot yang mudah dan menguntungkan

via myproductivebackyard.wordpress.com

Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot yang Mudah dan Menguntungkan

October 19, 2016

Metode budidaya tanaman buah dalam pot atau yang biasa disingkat dengan tabulampot merupakan solusi terbaik bagi anda yang ingin menanam buah namun tidak memiliki lahan. Terutama untuk orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk.

Kondisi rumah-rumah banyak yang berdempetan sehingga pekarangan rumah yang dimiliki sangat terbatas. Untuk itu, tabulampot adalah solusi terbaik untuk anda yang ingin menanam tanaman buah tanpa harus bingung mengenai lahan yang akan digunakan. Dengan menggunakan pot, anda tetap dapat menanam tanaman buah di pekarangan rumah Anda.

Cara budidaya tanaman buah dalam pot ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1970-an. Saat ini banyak petani yang mencoba untuk mengembangkan usaha penyediaan bibit tabulampot ini. Namun usaha ini memerlukan ketelatenan anda sebagai petani dalam menanam dan merawat tanamannya.

Hampir semua tanaman dapat tumbuh di dalam pot, namun tidak semuanya dapat berbuah. Untuk itu anda harus mengetahui tanaman buah apa saja yang dapat tumbuh di dalam pot dengan baik. Selain itu ketahui juga bagaimana cara pemeliharaan tanaman buah dalam pot agar dapat cepat berbuah.

5 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot

jenis tanaman buah dalam pot

via hgtv.com

Ada beberapa jenis tanaman buah yang dapat berbuah dengan mudah ataupun sulit jika ditanam di dalam pot. Bahkan ada juga beberapa jenis tanaman buah yang dapat berbuah dengan cepat jika dirawat dengan baik dan benar.

Jika anda tinggal di daerah perkotaan, pastikan anda memiliki tanaman buah dalam pot. Selain dapat memperindah halaman rumah anda yang sempit, tanaman ini juga dapat membuat rumah anda terasa asri.

Bahkan juga dapat mempercantik rumah anda agar tidak gersang ataupun panas. Tidak hanya itu, buahnya juga dapat anda nikmati ketika sudah matang.

Berikut adalah jenis tanaman buah dalam pot yang dapat tumbuh subur dan cepat berbuah. Diantaranya yaitu:

  1. Jeruk
  2. Hampir semua jenis jeruk dapat anda budidayakan secara mudah di dalam pot. Tanaman buah ini jika dirawat dan dipelihara dengan baik bahkan di dalam pot mampu menghasilkan buah yang manis.

    Tidak hanya itu saja, dengan perawatan yang tepat tanaman ini mampu berbuah tanpa mengenal musim. Tanaman buah jeruk dapat mempercantik rumah anda dan buahnya sendiri kaya akan manfaat berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

  3. Jambu Biji
  4. Jenis buah selanjutnya yang dapat dibudidayakan secara mudah menggunakan media tanam pot yaitu jambu biji. Menanam tanaman buah ini memang membutuhkan perawatan khusus agar tanaman dapat tumbuh subur di dalam pot.

    Hal yang penting untuk dilakukan yaitu menjaga kesehatannya dengan cara menyiram dan memupuknya secara rutin. Jenis tanaman ini mampu menghasilkan buah yang lebih banyak ketika ditanam di dalam pot dibandingkan jenis tanaman buah lain.

  5. Sawo
  6. Sawo juga termasuk salah satu jenis tanaman buah yang dapat dibudidayakan secara mudah di dalam pot. Sama halnya dengan jeruk, tanaman sawo juga dapat dijadikan sebagai penghias rumah sekaligus memiliki manfaat banyak.

    Walaupun ditanam di dalam pot, hasil buah yang diproduksi cukup banyak serta tidak kenal musim. Untuk perawatannya juga tidak ada yang spesial, anda hanya perlu menyiram dan memupuknya saja secara rutin.

  7. Buah Naga
  8. Seiring dengan permintaan pasar akan buah naga yang semakin hari semakin naik, banyak petani yang membudidayakannya. Namun ternyata buah naga dapat dikembangkan dengan cukup baik di dalam pot. Harga buah naga per kilogramnya sangat mahal, dengan menanamnya sendiri anda dapat menghemat uang.

    Anda bahkan dapat menjadikan peluang ini sebagai prospek bisnis sampingan yang menjanjikan. Yang mana anda dapat menyediakan bibit tanaman buah naga di dalam pot.

  9. Stroberi
  10. Tidak dipungkiri, buah yang memiliki warna merah merona ini dapat tumbuh subur di dalam pot. Mungkin anda sudah terbiasa melihat tanaman buah stroberi di dalam pot kecil. Walaupun masih memiliki ukuran yang mungil, namun buah stroberi dapat berbuah dengan sangat baik. Tidak heran jika banyak orang membudidayakan tanaman ini di dalam pot.

    Tanaman buah ini adalah tanaman buah dalam pot yang paling cantik. Sayangnya untuk menanam tanaman stroberi sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Tanaman ini sangat cocok dibudidayakan di daerah pegunungan karena cuacanya yang selalu dingin.

    Namun bukan berarti tanaman stroberi tidak dapat tumbuh di daerah yang bukan pegunungan. Banyak petani yang pandai mengatur suhu ruangan agar tetap dingin sehingga tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik di dalam pot. Tidak lupa juga untuk menyiram dan memupuk tanaman ini untuk mendapatkan hasil yang lebih produktif.

Itulah 5 jenis tanaman buah dalam pot yang dapat tumbuh subur dengan hasil produksi yang banyak. Walaupun hanya ditanam di dalam pot, tanaman tersebut mampu menghasilkan buah dengan kualitas yang baik. Tidak hanya tanaman bunga saja yang dapat anda budidayakan di dalam pot.

Untuk anda yang memiliki halaman rumah sempit, anda tidak perlu bingung lagi bagaimana caranya untuk budidaya tanaman. Cobalah untuk menanam dan memelihara tanaman buah tersebut di dalam pot. Untuk pembibitan dapat dengan melakukan stek, cangkok, okulasi ataupun menggunakan biji.

Selain yang sudah disebutkan, masih ada banyak lagi jenis tanaman buah yang dapat ditanam dengan baik di dalam pot. Diantaranya yaitu belimbing, rambutan, mangga, kelengkeng, apel, anggur dan masih banyak lagi lainnya.

Tanaman buah dalam pot sendiri memang banyak dijual, sudah termasuk potnya. Dengan begitu, pembeli hanya perlu merawat tanaman itu saja dengan menyiram dan memupuknya. Untuk itu, anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari penghasilan tambahan. Anda dapat menekuni usaha ini dan menjual bibit tanaman buah beserta potnya.

Tips Perawatan Tanaman Buah Dalam Pot

tips perawatan tanaman buah dalam pot

via fast-growing-trees.com

Memelihara tanaman buah dalam pot dapat dikatakan mudah-mudah sulit. Bagaimana tidak, perawatan tanaman ini tidak berbeda jauh dengan tanaman yang ditanam di lahan besar. Namun dengan perawatan yang kurang tepat tanaman buah tersebut bisa jadi tidak memproduksi buah.

Bahkan jika tanamannya tumbuh subur dengan ukuran besar dan daun-daunnya lebat, tanaman tersebut tidak memproduksi buah. Bagaimana bisa? Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama cara perawatan yang anda berikan adalah kurang tepat. Pengaruh lainnya yaitu dari faktor genetik ataupun umur tanaman.

Tips bagi anda yang ingin tanaman buahnya dapat berbuah dengan baik yaitu dengan menyiram dan memupuk secara teratur. Penyiraman dan pemupukan jangan dilakukan terlalu sering, namun anda harus rutin melakukannya.

Siram tanaman 2 hari sekali atau 1 hari 1 kali, lakukan di pagi atau sore. Sementara pemupukan dapat dilakukan beberapa Minggu sekali sesuai dengan tanah di dalam pot.

Selain itu anda juga perlu melakukan pemangkasan daun-daunnya agar tanaman tersebut cepat berbunga lalu berbuah. Jika tanaman buah terlalu banyak daun-daunnya maka konsentrasi tumbuhnya hanya akan pada daun-daunnya saja.

Untuk selengkapnya, anda dapat menyimak tips berikut agar tanaman buah dalam pot cepat berbuah:

  1. Berikan Suplemen
  2. Seperti yang sudah disebutkan, pemupukan sangat disarankan untuk kesuksesan budidaya tanaman. Pupuk dapat menjadi suplemen bagi tanaman untuk merangsang tanaman agar cepat berbuah. Namun pemberiannya jangan berlebihan serta sebaiknya gunakan pupuk organik.

    Pupuk kimia juga dapat diberikan namun dalam dosis kecil dan cukup beberapa kali saja. Pemberian pupuk kimia terlalu banyak akan membuat tanah di dalam pot menjadi keras atau tidak gembur. Berikan pupuk NPK dengan dosis 1 sendok makan, taburkan secara merata.

    Pemberian pupuk tersebut dapat membantu menyuburkan daun dan juga membesarkan batang. Namun pemberian pupuk NPK jangan dilakukan terlalu sering karena jika daun terlalu lebat maka sulit untuk berbuah.

    Segala sesuatu yang anda berikan untuk tanaman buah dalam pot anda harus diberikan dalam dosis yang cukup, tidak kurang atau berlebih. Perawatan tanaman buah dalam pot ini memang tidak boleh dilakukan secara asal.

  3. Lakukan Stres Air
  4. Jika anda sudah menyiram tanaman buah dalam pot secara teratur namun tidak kunjung berbuah, lakukan stres air. Dimana anda tidak menyiram tanaman dalam jangka waktu tertentu agar tanaman cepat beradaptasi.

    Lakukan cara ini selama 3 hari untuk anda yang tinggal di tempat yang dingin. Sementara anda yang tinggal di tempat yang panas dapat dilakukan selama 1 minggu.

    Untuk teknik penyiramannya sendiri yaitu langsung disiram ke tanah dan lakukan di pagi dan sore hari. Di pagi hari jangan menyiram daun karena dapat mengganggu proses fotosintesis tanaman.

    Bagi petani tanaman buah dalam pot yang sudah sangat ahli, stres air bahkan dilakukan hingga berbulan-bulan. Caranya yaitu dengan tidak menyiram tanaman sama sekali menggunakan air dalam kurun waktu tertentu.

    Penyiraman hanya digunakan agar tanaman tidak mati saja, jadi ada yang menunggu sampai tanaman tampak sedikit layu barulah disiram. Penyiraman dapat dilakukan 1 minggu atau 10 hari sekali dan teknik ini dapat berlangsung selama kurang lebih 3 bulan.

    Teknik ini memang lebih mudah untuk diterapkan di musim kemarau karena tidak ada hujan yang turun.

    Jika di musim hujan maka anda memerlukan plastik tembus pandang untuk menutupi tanaman agar tidak terkena air hujan. Untuk stres airnya sendiri mungkin dapat dilakukan 1 bulan sekali karena kondisi cuaca yang cukup lembab.

    Biasanya teknik ini memiliki peluang berhasil yang sangat besar, tunggulah 1 sampai 2 bulan. Setelah itu, anda akan mendapati tanaman buah dalam pot anda yang sudah mulai berbunga atau berbuah. Namun pastikan anda tidak membiarkan tanaman layu terlalu lama karena akan mengakibatkan tanaman mati.

  5. Pengeratan Batang
  6. Pengeratan batang adalah teknik di mana batang seolah-olah dilukai untuk merangsangnya agar cepat berbuah. Teknik ini perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar batangnya tidak membusuk. Sangat disarankan untuk melakukan teknik ini di luar musim penghujan karena risiko gagalnya yang sangat tinggi.

    Jika dilakukan dengan benar, pengeratan dapat merangsang tumbuhnya buah. Namun jika salah maka pengeratan dapat menjadi lubang untuk masuknya air dan batang akan membusuk.

  7. Pemangkasan
  8. Seperti yang sudah disampaikan bahwa anda perlu melakukan pemangkasan untuk tanaman yang anda budidaya. Tidak hanya tanaman yang di tanam di lahan besar saja, tetapi juga tanaman yang ditanam di dalam pot. Pemangkasan dapat dilakukan untuk mempercantik tanaman agar terlihat lebih terawat dan tampak kokoh.

    Namun selain itu, fungsi utamanya adalah untuk mengurangi daun atau ranting yang dapat menghabiskan nutrisi dari dalam tanah. Dengan begitu tanaman buah dalam pot akan cepat berbuah. Karena pemangkasan sendiri cukup menarik, tidak ada salahnya jika anda membuat bentuk yang unik untuk mempercantik tanaman.

  9. Sinar Matahari
  10. Setiap tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesisnya. Namun tidak semua tumbuhan dapat tumbuh subur karena mendapatkan pasokan sinar matahari yang banyak. Untuk itu anda harus mengenali karakteristik tanaman buah yang anda budi dayakan untuk dapat mengatur posisinya.

    Posisi yang tepat akan berpengaruh pada pasokan sinar matahari setiap harinya dan berpengaruh pada tumbuh kembang tanaman. Beberapa tanaman buah yang membutuhkan sinar matahari yang banyak antara lain yaitu kelengkeng, sirsak, mangga dan ceri. Sedangkan tanaman manggis hanya membutuhkan sinar matahari yang sedang saja.

  11. Penangan Hama
  12. Sama halnya dengan tanaman buah yang ditanam di lahan luas, tanaman buah dalam pot juga perlu dijaga dari serangan hama. Misalnya saja tanaman mangga, anda mungkin dapat melihat bercak putih atau kutu daun ketika musim hujan.

    Untuk penanganannya, anda dapat menggunakan insektisida atau biopestisida. Caranya yaitu dengan menggunakan daun mindi, biji sirsak, daun intaran dan bawang. Tumbuh halus semua bahan tersebut lalu campur dengan air, gunakan untuk menyemprot tanaman.

  13. Kebersihan Lingkungan
  14. Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan jika ingin tanaman buah dalam pot cepat berbuah. Untuk itu, letakkan tanaman buah dalam pot yang anda budidayakan di tempat yang mudah untuk anda jangkau. Sehingga anda tidak lupa untuk membersihkannya dan mudah untuk memantaunya.

Itulah tips sukses bagi anda yang ingin tanaman buah dalam pot cepat berbuah. Selain itu juga penting untuk anda ketahui bahwa tidak semua tanaman buah dalam pot dapat cepat berbuah.

Dengan kata lain, walaupun anda sudah menerapkan tips-tips tersebut tanaman tidak kunjung berbuah. Hal tersebut dapat dipengaruhi jenis tanaman atau kualitas bibit yang digunakan.

Harga Tanaman Buah Dalam Pot di Pasaran

harga tanaman buah dalam pot di pasaran

via bonnieplants.com

Beberapa waktu terakhir, tanaman buah dalam pot sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan atau daerah yang padat penduduk. Namun tidak jarang juga masyarakat di desa yang gemar dengan tanaman buah dalam pot.

Selain praktis, tanaman buah dalam pot juga terlihat lebih simpel dan lebih mudah perawatannya. Ketika ada hama, anda dapat memantaunya dengan lebih mudah. Terlebih lagi jika lokasinya merupakan tempat yang sering anda lewati. Untuk harganya sendiri, tanaman buah dalam pot ditawarkan dengan harga yang sangat bervariasi.

Harga untuk setiap tanaman buah dalam pot di pasaran sangat dipengaruhi oleh kualitas tanaman. Selain itu juga dipengaruhi oleh umur dan jenis tanaman serta pot yang digunakan. Untuk tanaman yang sudah berbuah biasanya akan ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi.

Di mana para konsumen lebih percaya bahwa tanaman buah tersebut mampu berbuah dengan baik. Tidak seperti tanaman buah yang belum memproduksi buah, kemampuannya berbuah masih dipertanyakan. Oleh sebab itu, tanaman buah yang sudah menghasilkan buah lebih banyak diminati walaupun harganya jauh lebih tinggi.

Harga tanaman buah dalam pot di pasaran memang sangat beragam, dimulai dari 50 ribuan sampai jutaan rupiah. Bahkan untuk harga tanaman buah mangga yang sudah berbuah, harga paling murah yang ditawarkan yaitu sekitar 300 ribu rupiah. Jika hanya menggunakan polybag biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

Namun jika menggunakan pot maka harganya berkisar antara 300 sampai 900 ribu rupiah. Bayangkan betapa besar keuntungan petani tanaman buah tersebut. Sementara modal yang harus dikeluarkan mungkin tidak mencapai 100 ribu rupiah walau sudah menggunakan pot.

Untuk bibit tanaman buah mangga yang dibanderol dengan harga mulai 300 ribuan tersebut biasanya memiliki ukuran sekitar 1 meter. Bibit tanaman yang dijual yaitu berumur antara 3 sampai 7 bulan. Jika bibit diberi pupuk NPK, bibit akan tumbuh subur dan juga sehat yang membuatnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Petani tanaman buah dalam pot dituntut pandai dalam melakukan perawatan. Jika teknik perawatannya kurang tepat maka bibit tanaman akan memiliki kualitas yang kurang bagus. Akibatnya harga jualnya juga akan menurun dan merugikan petani tersebut.

Untuk anda yang ingin menjadi petani tanaman buah dalam pot, pastikan anda merawatnya sesuai dengan tips yang sudah dibagikan diatas. Untuk harga, anda dapat mematok harga sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya setelah menghitung semua pengeluaran anda dalam membudidayakan tanaman buah yang anda tawarkan tersebut.

Jika anda menggunakan obat perangsang untuk mempercepat munculnya buah maka harga tanaman tersebut akan lebih mahal. Pasalnya obat perangsang tersebut juga dijual dengan harga yang tidak murah.

Namun akan lebih menguntungkan jika anda tidak menggunakan obat perangsang buah. Akan tetapi anda lebih mengandalkan pada pemilihan bibit yang berkualitas dan perawatan dengan teknik yang tepat. Tanpa mengeluarkan biaya tambahan, anda tentu dapat mengantongi keuntungan yang lebih banyak.

Seperti yang sudah disebutkan, bibit yang sudah berbuah dapat dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah. Sementara modal yang anda keluarkan mungkin hanya sekitar 100 sampai 200 ribu rupiah. Oleh karena itu anda dituntut untuk menjadi petani tanaman buah yang pandai dalam menerapkan teknik tanam dan perawatannya.

Peluang Bisnis Usaha Jual Bibit Tanaman Buah Dalam Pot

peluang usaha jual bibit tanaman buah dalam pot

via pinterest.com

Budidaya tanaman buah dalam pot termasuk bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Jika selama ini anda gemar bercocok tanam maka manfaatkan hobi anda tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mengingat tingginya permintaan pasar untuk tanaman buah dalam pot, anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari penghasilan tambahan.

Cara pengerjaan usaha ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan modal yang besar. Terutama jika selama ini anda sudah terbiasa menanam tanaman buah. Bukan hal yang sulit bagi anda untuk menjadi petani tanaman buah dalam pot yang sukses dengan penghasilan berlimpah.

Mulailah dengan menanam tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah seperti jeruk, jambu biji ataupun jenis buah yang anda sukai. Tidak perlu menanam terlalu banyak, namun pastikan tanaman buah yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik.

Jika tanaman tersebut sukses untuk berbuah, mulailah lagi untuk menanamnya dalam jumlah yang lebih banyak. Lanjutkan dengan jual bibit tanaman buah dalam pot tersebut ke tetangga atau orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Dari keuntungan yang anda peroleh, gunakan untuk memodali usaha anda terutama untuk pembelian pot.

Semakin banyak tanaman buah dalam pot yang anda budidayakan maka anda dapat menjualnya untuk pangsa pasar yang lebih luas. Keuntungan yang dapat anda peroleh untuk setiap tanaman yang laku terjual tergantung dari seberapa pandai anda menawarkan produk Anda. Namun tanpa merayu panjang lebar, jika tanaman anda memang berkualitas maka banyak orang yang ingin membelinya.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menjadi petani tanaman buah dalam pot? Usaha ini merupakan usaha sampingan dengan prospek dan keuntungan yang menjanjikan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai tanaman buah dalam pot, semoga dapat menginspirasi Anda.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service