BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

jenis jenis umpan ikan mas untuk mancing di sungai dan kolam

via lushaquatics.wordpress.com

5 Macam Jenis Resep Umpan Ikan Mas Jitu Harian Untuk Mancing Di Sungai dan Kolam

October 21, 2016

Salah satu kunci sukses untuk memancing ikan mas adalah dengan menggunakan umpan yang tepat.

Umpan ikan mas yang digunakan agar mendapatkan ikan yang besar dan banyak adalah umpan khusus yang dibuat sendiri.

Nah, bagi anda yang senang mancing ikan mas dan ingin mendapatkan ikan yang besar maka harus membuat umpan sendiri.

Disini akan dijelaskan secara detail bahan untuk umpan ikan mas yang terbaik dan bagaimana cara membuatnya.

5 Resep Umpan Jitu Ikan Mas Yang Paling Mudah Untuk Mancing Di Kolam

5 resep umpan jitu ikan mas yang paling mudah untuk mancing di kolam

via farnhamanglingsociety.com

Umpan jitu ikan mas yang sangat disarankan untuk digunakan adalah umpan buatan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang masih segar.

Nah, jika anda ingin membuat umpan ikan mas yang paling jitu dan mudah, berikut 3 resep khusus umpan ikan mas yang paling disukai oleh ikan:

  1. Resep 1
  2. Resep pertama untuk membuat umpan ikan mas yang paling jitu adalah dengan menggunakan bahan utama sarden ikan dan berbagai bahan lainnya.

    Jika anda ingin mencoba membuat resep eyang pertama ini bahan yang diperlukan untuk disiapkan yaitu susu bubuk 1 sachet boleh merek apa saja, sarden secukupnya, santan siap saji ukuran kecil 1 bungkus, kroto 1 ons, putih telur 4 butir, daun pandan 3 lembar, dan telur 1 butir.

    Telur yang digunakan tidak harus telur bebek tapi bisa menggunakan telur ayam.

    Setelah semua bahan siap, maka cara untuk membuat umpan ikan mas ini adalah campurkan semua bahan yang sudah disiapkan kecuali sarden. Sarden sebaiknya dicampurkan pada akhir pengolahan. Jika semua bahan sudah rata maka langkah selanjutnya adalah mengukus adonan selam 15 menit.

    Pastikan jika bahan yang digunakan adalah bahan berkualitas bagus dengan tingkat kematangannya sempurna. Setelah matang, umpan ini didinginkan lalu masukkan sarden sampai tercampur rata. Sebaiknya sarden sudah dihancurkan sebelum dicampurkan.

  3. Resep 2
  4. Jika anda sudah mencoba umpan pertama tapi tidak banyak menghasilkan ikan, maka cobalah untuk membuat resep kedua dengan bahan dasar keju.

    Bahan yang diperlukan untuk membuat resep umpan ikan mas yang diperlukan yaitu tepung beras ketan dan tepung beras biasa masing-masing sebanyak 2 sendok makan, santan secukupnya, susu sachet yang bubuk, keju 1 potong, dan 1 ons kroto. Semua bahan ini harus diolah sesegera mungkin.

    Cara membuat resep yang kedua ini yaitu campurkan semua bahan dan aduk sampai tercampur dengan sempurna. Dalam pencampuran ini santan tidak boleh diikutsertakan. Baru setelah adonan tercampur rata maka tambahkan santan sampai adonan menjadi agak kental tapi tetap bisa dibentuk.

    Setelah semua bahan tercampur sempurna, maka bungkus adonan dengan daun pisang kemudian dikukus selama 20 menit. Untuk menggunakan umpan ini, maka anda harus menggunakannya ketika sudah dingin.

  5. Resep 3
  6. Resep yang ketiga untuk membuat umpan ikan mas adalah dengan menggunakan biskuit keju atau crakers. Anda bisa menggunakan biskuit keju ini untuk banyak hal termasuk dijadikan sebagai umpan pancing ikan mas.

    Bahan resep ketiga yang perlu disiapkan untuk membuat umpan yaitu pelet ikan, tongkol, crackres keju, dan ½ ons kroto. Kroto yang digunakan bisa diganti dengan bahan baku lain seperti cacing, ulat, dan berbagai jenis hewan lainnya.

    Cara membuat umpan ini sangatlah mudah, pertama ikan tongkol dihancurkan dengan cara merendamnya terlebih dahulu dengan menggunakan air panas. Setelah itu, tiriskan ikan tongkol lalu sisihkan. Langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan pelet dengan crackers keju.

    Jika semua bahan sudah siap, maka campurkan semua bahan dalam wadah lalu untuk menggunakannya cukup dengan mencocolkan kroto yang sudah disiapkan pada adonan ini.

  7. Resep 4
  8. Jika resep 1 sampai 3 sudah dicoba dan tetap tidak membuahkan hasil ikan yang banyak maka anda patut untuk mencoba resep yang keempat.

    Bahan yang digunakan untuk membuat umpan ikan mas pada resep yang keempat ini yaitu palet ikan 3 bungkus, ikan kaleng gaga sebanyak 3 potong, vanili 2 sachet, dan kroto kurang lebih ½ ons. Kroto yang digunakan bisa ditambah lebih banyak jika ingin mancing dalam waktu yang lama.

    Cara membuat umpan ikan mas resep keempat ini sangatlah mudah yaitu pelet yang sudah disiapkan dihancurkan kemudian campurkan dengan ikan kaleng gaga. Kedua bahan ini dihancurkan sampai benar-benar tercampur dengan sempurna lalu aduk sampai rata. Tambahkan vanili yang sudah disiapkan lalu aduk lagi sampai rata.

    Terakhir kroto yang sudah disiapkan harus direndam terlebih dahulu kemudian jika akan digunakan campurkan dengan adonan tadi lalu gunakan sebagai umpan memancing ikan mas.

  9. Resep 5
  10. Resep umpan yang terakhir untuk mancing ikan mas adalah resep 5 yang menggunakan deho. Deho ini merupakan bahan pembuat umpan ikan yang sedikit anyir atau amis.

    Umpan berbahan deho ini sangat cocok untuk digunakan memancing ikan mas didalam kolam yang cukup besar. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat umpan ini adalah umpan puti sebanyak 3 bungkus, deho sebanyak 3000, dan kroto kurang lebih ½ ons.

    Cara untuk membuat umpan ini sangatlah mudah yaitu campurkan umpan putih dengan deho yang sudah disiapkan. Jika udara panas maka tambahkan deho yang mengandung minyak, sedangkan jika tidak maka tidak perlu menggunakan deho yang sudah berminyak.

    Campuran deho dan umpan putih ini diberi air panas secukupnya lalu aduk sampai merata. Untuk menggunakan umpan ini cukup cocolkan kroto yang sudah dibeli dengan umpan ini lalu gunakan untuk memancing ikan mas dalam kolam.

Lima resep diatas merupakan resep umpan ikan mas yang sangat disarankan digunakan untuk memancing di kolam ikan.

Dengan menggunakan salah satu resep umpan diatas dijamin anda bisa mendapatkan ikan mas yang besar dan penuh dengan daging. Biasanya ukuran ikan mas dalam kolam maksimal bisa mencapai 12 kg.

Umpan Mancing Ikan Mas Di Sungai

umpan mancing ikan mas di sungai

via bigfishtackle.com

Jika anda ingin mancing ikan mas di sungai maka umpan mancing ikan mas yang digunakan berbeda dengan umpan mancing sebelumnya. Ikan mas dalam kolam dan di sungai mempunyai karakter yang berbeda sehingga umpan yang digunakan juga berbeda.

Memancing ikan mas di sungai umpan yang digunakan adalah umpan alami yang hampir sama dengan makanan asli di habitatnya. Namun jika memancing di sungai, jangan mengharapkan mendapatkan ikan mas dengan ukuran yang besar seperti di kolam.

Nah, untuk membuat umpan ikan mas yang akan dipancing di sungai bahan utama yang digunakan adalah kroto atau telur semut. Kroto digunakan untuk umpan karena kroto adalah makanan alami ikan mas di sungai.

Bahan yang digunakan untuk membuat umpan untuk mancing ikan mas di sungai yaitu:

Setelah semua bahan sudah disiapkan dan sudah ada semuanya, maka langkah selanjutnya adalah mengolahnya. Pengolahan pembuatan umpan ikan mas ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan.

Karena jika dilakukan secara asal-asalan, maka umpan yang dibuat tidak akan jadi. Jika jadi pun, ikan mas yang ada di sungai tidak akan suka dan anda tidak bisa mendapatkan ikan mas dalam jumlah yang banyak.

Nah, cara atau langkah-langkah dalam membuat umpan ikan mas sungai yaitu:

  1. Pertama
  2. Langkah pertama yang dilakukan adalah merendam kroto dengan menggunakan air panas selama kurang lebih 10 menit. Perendaman ini dilakukan supaya kroto mati dan siap untuk diolah menjadi umpan ikan mas. Air panas yang digunakan tidak perlu air panas yang benar-benar mendidih tapi cukup gunakan air panas biasa.

  3. Ke-dua
  4. Selanjutnya setelah kroto direndam maka semut yang masih ada akan terpisah dan mati dengan sendirinya. Jika sudah terjadi demikian, maka langkah selanjutnya adalah mengambil bagian putih kroto saja.

    Untuk memisahkan kroto putih dengan semutnya bisa dilakukan dengan cara manual ataupun dengan menggunakan ayakan agar mudah dipisahkan. Lalu, kroto yang hanya putihnya ini disisihkan.

  5. Ke-tiga
  6. Setelah itu, pada wadah yang berbeda campurkan tepung ketan dan telur ayam serta telur bebek. Bahan ini diaduk sampai benar-benar tercampur secara sempurna.

    Untuk mencampurkannya tidak perlu menggunakan mesin mixer tapi bisa menggunakan adukan manual ataupun dengan menggunakan sendok biasa. Waktu pengadukan tidak ditentukan yang terpenting tepung dan telur tercampur secara sempurna.

  7. Ke-empat
  8. Kemudian masukkan air hangat secara perlahan dalam adonan tepung dan telur tadi. Air yang ditambahkan tidak boleh terlalu banyak sehingga menyebabkan encer.

    Jika adonan terlalu encer, maka bisa ditambahkan tepung ketan lagi. Penambahan air juga dilakukan secara perlahan agar adonan bisa tercampur dengan sempurna dan mendapatkan kekentalan yang pas.

  9. Ke-lima
  10. Setelah kental, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kroto putih yang sudah disisihkan tadi ke dalam adonan. Aduk terus adonan sampai tercampur dengan sempurna dan merata. Banyak sedikitnya kroto yang digunakan sangat mempengaruhi kualitas dari umpan yang dibuat.

  11. Ke-enam
  12. Selanjutnya adonan yang sudah jadi ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang secukupnya. Umpan yang sudah dibungkus ini lalu dikukus selama kurang lebih 10 menit. Agar kukusan tidak terlalu bau, maka tambahkan daun pandan pada panci yang digunakan untuk mengukus.

  13. Ke-tujuh
  14. Umpan ikan mas sudah jadi dan siap untuk digunakan memancing di sungai-sungai yang besar agar bisa memperoleh ikan yang besar.

Untuk membuat umpan ikan mas ini sebaiknya dibuat ketika akan memancing saja. Umpan yang masih segar sangat baik digunakan agar mendapatkan ikan mas yang banyak. Biasanya umpan ini dibuat beberapa jam sebelum aktivitas mancing di sungai dilakukan.

Jika umpan masih ada sisa, maka umpan ini harus disimpan dengan benar agar tidak bau dan basi. Cara simpan umpan ini sangat mudah yaitu dengan dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jika akan disimpan dalam jangka waktu yang lama maka disarankan untuk disimpan didalam freezer.

Umpan Ikan Mas Harian Tanpa Menggunakan Kroto

umpan ikan mas harian tanpa menggunakan kroto

via youtube.com

Nah, jika sebelumnya dijelaskan agar memancing ikan mas berhasil adalah dengan menggunakan kroto lalu bagaimana jika tidak bisa menemukan kroto? Kroto saat ini memang cukup sulit untuk ditemui, hal ini dikarenakan pohon-pohon besar tempat bersarang semut sudah semakin langka sehingga jumlah kroto juga semakin berkurang.

Jika tidak ada kroto, maka umpan ikan mas harian untuk mancing di sungai ataupun di kolam bisa diganti dengan bahan yang lainnya.

Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat umpan ini tanpa kroto adalah:

Adapun cara membuat umpan ini yaitu:

  1. Pertama
  2. Langkah awal untuk membuat umpan ini yaitu dengan meletakkan pelet pada wadah mangkuk plastik ataupun wadah yang sudah disediakan. Pelet ini dihancurkan bersama dengan biskuit yang sudah disiapkan lalu sisihkan.

  3. Ke-dua
  4. Selanjutnya pada wadah yang lain rendam pindang tongkol dengan menggunakan air panas sampai dagingnya menjadi lunak dan mudah untuk dihancurkan. Bagian hitam yang ada pada rendaman ikan ini dibuang. Daging hitam ikan tongkol bisa merusak kualitas umpan ikan mas yang dibuat.

  5. Ke-tiga
  6. Setelah itu, buang air yang ada pada ikan pindang tongkol yang sudah dihancurkan lalu masukkan ke dalam wadah pelet dan biskuit. Campurkan semua bahan ini sampai tercampur merata. Adonan yang dihasilkan adalah adonan setengah kental dan tidak terlalu encer. Jika masih terlalu encer, maka sebaiknya ditambah dengan pelet atau biskuit lagi.

  7. Ke-empat
  8. Langkah selanjutnya adalah menggunakan cacing yang sudah disiapkan untuk umpan. Cara menggunakannya yaitu dengan melapisi cacing dengan bahan yang sudah dibuat tadi kemudian diletakkan pada pancingan. Anda bisa dapat ikan mas besar dengan menggunakan umpan ini.

Jumlah bahan yang digunakan dalam membuat umpan ini bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mancing lama di sungai atau di kolam yang banyak ikan masnya, maka buatlah umpan yang lebih banyak.

Namun jika mancing dilakukan tidak dalam waktu yang lama maka sebaiknya buat sedikit saja. Umpan ikan mas yang dibuat terlalu banyak dan disimpan terlalu lama akan terbuang percuma saja. Jadi, sebaiknya dalam membuat umpan untuk mancing ikan mas secukupnya saja.

Bahan Alami Untuk Umpan Ikan Mas

bahan alami untuk umpan ikan mas

via cayugafisher.net

Berbagai umpan ikan mas yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah umpan buatan dari bahan-bahan makanan sehari-hari. Tapi jika anda tidak mempunyai waktu untuk membuat umpan seperti yang sudah dijelaskan, maka dapat menggunakan umpan dari bahan alami yang tidak perlu lagi diolah.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mancing ikan mas di kolam ataupun di sungai:

  1. Udang Rawa
  2. Udang jenis ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil sehingga sangat mudah untuk dijadikan sebagai umpan mancing ikan mas. Selain bentuknya yang relatif kecil, udang rawa ini juga termasuk makanan alami ikan mas di sungai. Sehingga dengan menggunakan umpan udang rawa ini dijamin ikan mas akan segera datang dan menyerbu pancingan anda .

    Untuk mendapatkan udang rawa ini tidaklah terlalu sulit, anda hanya tinggal membelinya di penjualan pakan ikan segar. Biasanya penjual ini mangkal didaerah dekat pantai atau tempat pemancingan.

  3. Ulat Pisang
  4. Umpan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mancing ikan mas adalah ulat pisang. Jenis ulat pisang ini bisa didapatkan di daun ataupun pohon pisang. Sampai sekarang ini belum ada yang menjual ulat pisang ini.

    Jadi jika anda ingin menggunakan umpan ulat pisang ini, maka harus mencarinya sendiri. Biasanya ulat ini ada di daun pisang yang masih berbentuk lingkaran atau contong. Cukup sulit memang untuk mendapatkan ulat pisang ini tapi dijamin anda bisa dapat ikan mas besar dalam jumlah banyak.

  5. Ulat Bambu
  6. Nah, ada lagi umpan alami untuk mancing ikan mas yaitu ulat bambu. Hampir sama dengan ulat pisang tapi ulat bambu ini ada di pohon bambu. Untuk mendapatkan ulat bambu ini anda perlu mencari bambu yang sudah ditebang atau bambu yang sudah lama tidak digunakan.

    Bentuk dari ulat bambu ini hampir sama dengan rayap hanya saja bentuknya lebih besar dan lebih berisi. Ulat bambu ini adalah makanan alami ikan mas di sungai. Jadi umpan ini sangat cocok untuk digunakan memancing ikan mas di sungai.

Umpan ikan mas alami ini bisa dicari sendiri ataupun beli langsung di pengumpul bahan untuk umpan. Agar mendapatkan ikan yang banyak umpan yang digunakan memang harus benar-benar diperhatikan.

Trik Agar Berhasil Mancing Ikan Mas Kolam dan Sungai

trik agar berhasil mancing ikan mas kolam dan sungai

via thestar.com

Mancing ikan mas agar dapat banyak kuncinya tidak hanya pada umpannya saja tapi juga ada pada pancing yang digunakan. Nah, adapun trik jitu khusus yang bisa membuat anda mendapatkan ikan mas dalam jumlah yang banyak adalah:

  1. Gunakan Pancingan Stik
  2. Agar mudah dalam mancing ikan mas, maka trik pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan pancingan stik. Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih pancingan katrol dibandingkan dengan pancingan biasa. Padahal setiap pancing mempunyai keistimewaan tersendiri dan cocok untuk mancing ikan yang berbeda-beda.

    Untuk memancing ikan mas sebaiknya pilih pancingan stik yang tanpa katrol. Pancingan jenis ini lebih mudah digunakan untuk memancing ikan mas.

  3. Gunakan Senar Pancing Kecil
  4. Untuk mancing ikan mas sebaiknya pilih senar pancing yang kecil. Senar pancing yang kecil ini sangat cocok dan aman untuk mancing ikan mas.

    Walaupun ukuran sebenarnya kecil tapi tidak perlu khawatir senar akan patah, hal ini dikarenakan senar pancing kecil ini masih mampu untuk menahan serangan ikan mas yang tidak terlalu kuat. Dalam mancing ikan mas tidak perlu khawatir senar putus.

  5. Fokus Pada Pelampung
  6. Dalam mancing ikan mas biasanya tarikan pada senar tidak terlalu terasa, hal ini dikarenakan tarikan ikan yang tidak terlalu kuat. Nah, agar anda tidak kehilangan ikan mas yang sudah terjerat maka anda perlu fokus pada pelampung yang ada pada pancingan. Segera atasi jika ada pergerakan sedikit dari pelampung.

    Terkadang pelampung yang digunakan tidak bergerak padahal sudah ada ikat yang terjerat. Oleh sebab itu, diperlukan untuk fokus ketika mancing ikan mas.

  7. Pada Saat Strike Tetap Tenang dan Fokus
  8. Kegagalan para pemancing biasanya pada ketika melakukan strike. Strike ini merupakan keadaan dimana ikan terperangkap dalam pancing. Ketika strike dan terasa sangat beras maka anda harus tetap tenang dan fokus.

    Tidak perlu takut senar menjadi putus karena senar yang digunakan adalah senar berkualitas bagus yang tidak mudah patah.

Dengan trik khusus dan umpan ikan mas yang khusus dijamin anda bisa mendapatkan ikan mas dalam jumlah yang banyak sekali memancing. Untuk mancing jenis ikan lainnya umpan yang digunakan tentu saja berbeda.

Hal ini dikarenakan setiap jenis ikan mempunyai karakteristik makanan yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Selain itu, habitat ikan juga sangat mempengaruhi jenis makanan ikan.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service