BudidayaKita

Budidaya Hewan dan Tanaman

manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

via pinterest.com

12 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

November 1, 2016

Ada yang tidak doyan makan buah pisang? Wah, rugi tuh. Kalau kamu tidak suka makan pisang atau bahkan phobia pisang, kamu melewatkan salah satu anugrah penting yang diberikan alam untuk kesehatan jasmani dan rohani manusia. Yup, pisang adalah salah satu buah yang penting untuk mendukung kesehatan jasmani dan rohani kita.

Pisang merupakan salah satu buah yang menempati posisi penting dalam khasanah kebudayaan masyarakat di Indonesia.

Pisang dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti dijadikan buah untuk dikonsumsi sehari-hari, dijadikan bahan masakan untuk es, bubur, kolak dan kue, dijadikan bahan untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh, hingga dipergunakan untuk menjadi salah satu syarat simbolis dari ritual tertentu seperti pernikahan, selamatan, ruwatan, upacara kematian, hingga sesajen.

Itu sebabnya pisang yang sejatinya adalah tanaman liar telah dibudidayakan sejak zaman nenek moyang kita. Dari zaman-ke zaman, teknik pembudidayaan pisang mengalami evolusi yang fantastis dari penanaman secara tradisional hingga melalui kultur jaringan. Hasil dari evolusi pertanian pisang, saat ini varietas pisang sudah sangat bermacam-macam.

Jenis-Jenis Buah Pisang

jenis-jenis buah pisang

via pinterest.com

Ragam pisang paling banyak ditemukan dinegara-negara tropis atau yang memiliki dua musim saja, yakni musim hujan dan musim kemarau. Secara umum, tanaman pisang merupakan tanaman yang tahan panas sekaligus gemar mengkonsumsi banyak air. Dari akar, batang hingga tangkai daun pisang mengandung 90%air.

Oleh sebab itulah para petani pisang biasanya mulai menanam pisang ketika musim penghujan sudah datang. Di Indonesia, sebagian besar petani pisang masih menanam pisang dengan cara tradisional dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Sementara di negara lain seperti meksiko, para petani pisang sudah mulai membudidayakan pisang dengan cara yang lebih canggih seperti misalnya kultur jaringan sehingga mereka bisa memproduksi buah pisang yang seragam dengan jumlah besar.

Jika kita mengintip perkebunan pisang di luar negri mungkin kita agak bergidik karena kita seperti melihat hutan pisang yang sangat luas.

Di Indonesia, pulau Jawa Khususnya, lahan untuk menanam pisang tidak terlalu luas. Itupun sudah dijadikan tersangka sebagai sarang hantu, sehingga jumlah produksi pisang petani lokal masih kalah telak dibanding dengan petani luar atau petani bermodal besar yang telah mengembangkan teknik kultur jaringan.

Namun demikian, petani lokal memiliki kekayaan variasi pisang yang luar biasa banyak jika dibandingkan dengan luar negri yang barangkali memiliki cavendish, gros michel dan sunripe.

Beberapa jenis pisang yang kita miliki diantaranya adalah pisang ambon, pisang raja, pisang susu, pisang kepok, pisang tanduk, pisang mas, pisang uter, pisang siam, dan lain sebagainya.

Dari beberapa jenis pisang yang sering kita jumpai dan bahkan tidak kita ketahui namanya itu, ada beberapa pisang yang sangat populer sebagaimana dijelaskan dibagian berikutnya.

Pisang Ambon

foto pisang ambon

via sepanjangjk.wordpress.com

Apakah pisang ambon berasal dari Ambon? Aku tidak yakin dengan jawaban yang tersedia saat ini, akan tetapi hampir di seluruh penjuru nusantara kita bisa menemui keberadaan pisang ambon.

Pisang ini termasuk jenis buah pisang yang berukuran besar. Kita bisa menemui dua jenis dari pisang ambon, yakni pisang ambon hijau dan pisang ambon kuning.

Pisang ambon hijau adalah buah pisang yang warna kulit buahnya tetap hijau meski sudah matang. Sementara pisang ambon kuning, tentu saja kulit buahnya berwarna kuning jika buahnya sudah matang.

Baik pisang ambon yang berwarna hijau ataupun kuning ini memiliki rasa buah yang manis dengan tekstur daging buah yang permukaan luarnya berwarna putih dan terasa lembut ketika digigit.

Meskipun tergolong sebagai jenis buah pisang yang berukuran besar, ternyata pohon dari pisang ambon ini relatif kecil dan tidak terlalu tinggi.

Kita bisa mengenali pohon pisang ini ketika kita melihat daun pohon ini sewaktu berusia muda. Daun-daun yang baru selalu berwarna hijau dengan semburat coklat belang-belang ditengahnya. Jika tidak demikian, bukan pohon pisang ambon tuh.

Normalnya, dalam satu tandan pisang ambon berisi 8-15 sisir dan tiap-tiap sisir berisi antara 16 hingga 24 buah pisang. Maka dari itulah pohon pisang ambon selalu diberikan penyangga ketika sedang berbuah karena berat bobot buah yang ditanggung tidak sebanding dengan besar pohon yang menanggung.

Harga buah pisang ambon ini relatif mahal di pasaran, berkisar antara 15 ribu hingga 30 ribu per sisir tergantung dari besar dan jumlah buah dalam tiap-tiap sisir.

Selain enak sebagai buah yang langsung dimakan, pisang ambon merupakan bahan utama sale pisang yang serig kita temui di swalayan. Pokoknya jika ada sale pisang yang ukurannya besar, bisa dipastikan itu merupakan sale pisang ambon.

Pisang Kepok

foto pisang kepok

via pinterest.com

Pisang kepok identik sebagai buah pisang makanan burung atau bahan pisang goreng, pisang rebus, atau kolak pisang. Bentuk dari buah ini agak pipih segi lima atau empat dan berukuran sedang.

Tanpa diolah terlebih dahulu, pisang ini sudah memiliki rasa yang manis sebetulnya, akan tetapi ketika telah menjadi keripikpisang, pisang goreng atau pisang rebus, pisang ini lebih manis lagi rasanya.

Yang menjadi ciri khas dari eksistensi buah ini dalam hal pengolahan, pisang kepok sepertinya merupakan satu-satunya pisang yang paling pas untuk direbus.

Kita bisa menemuinya di penjual kacang atau ubi yang biasanya nongol di sore hari. Pisang kepok rebus juga sering kita temui pada acara ibu-ibu yang sedang arisan, rapat RT, atau hajatan manten di pedesaan.

Harga dari pisang ini di pasaran tidak tentu lho. Kadang murah dan kadang sangat mahal. Oh iya, jika kamu membeli buah pisang kepok di penjual pakan burung, kamu akan kaget karena harganya bisa 1000-1500 per buah. Sementara dipasar pedesaan, harga dari pisang kepok ini mulai dari 7000 rupiah hingga 20.000 rupiah per sisir.

Yang unik, pohon pisang kepok ini bisa dibilang sangatlah besar dan terlihat lebih besar dan tinggi jika dibandingkan dengan pohon pisang lainnya.

Kebanyakan ketika pohon ini berbuah, karena ukurannya yang besar dan kokoh, pohon ini jarang memerlukan bantuan penyangga untuk menopang buahnya yang satu tandannya berkisar antara 9-12 sisir.

Pisang Raja

foto pisang raja

via pinterest.com

Ih wow, namanya kok pisang raja? Apakah buah ini merupakan rajanya pisang? Siapa yang menobatkan? Nama dari buah ini tak lepas dari sejarah dan difungsikannya buah ini dalam budaya-budaya beberapa daerah di Nusantara khususnya yang memiliki masa lalu berlatarkan budaya hindu.

Sebelum muncul varian pisang yang bermacam-macam dan kedatangan pisang import di Indonesia, pisang raja menempati posisi spesial lantaran pisang ini merupakan hidangan untuk raja, petinggi-petinggi kerajaan, dan sesajian untuk dewa dan roh halus.

Di jawa khususnya, setiap ritual penting selalu menggunakan sesajian dengan beberapa elemen yang salah satu diantaranya adalah buah pisang raja.

Sesajian/sajen merupakan hal yang sakral dan dianggap penting karena sesajian merupakan wujud ungkapan syukur manusia kepada hal-hal diluar dirinya terutama kepada yang maha kuasa, para dewa, dan bentuk penghormatan kepada roh leluhur.

Pisang raja kala itu merupakan pisang terbaik lantaran rasanya sangat manis dan bisa dibilang lebih manis daripada pisang-pisang lainnya.

Bentuk dari buah pisang ini tidaklah terlalu besar; berbentuk seperti pisang ambon dengan ukuran lebih besar sedikit dari pisang kepok.

Jika matang, kulit dari pisang raja berwarna kuning dengan semburat garis hijau di beberapa sudutnya. Daging buah yang matang berwarna jingga kekuningan dan memiliki rasa manis serta lembut dan liat ketika digigit.

Biasanya pisang raja dikonsumsi secara langsung dan kurang cocok untuk dijadikan olahan seperti halnya pisang kepok yang sangat enak untuk digoreng maupun direbus.

Pisang Cavendish

foto pisang cavendish

via pinterest.com

Pisang ini disebut juga sebagai pisang ambon putih meski asalnya bukan dari Indonesia. Lho kok di beri nama pisang ambon putih? Penamaan ini yang boleh di bilang semena-mena hanya karena karakter buah ini, bentuk dan rasanya, mirip. Kulit buah pisang cavendis berwarna kuning cerah mulus dengan daging buah berwarna putih.

Sekilas melihat penampakan dari buah pisang cavendis barangkali kita langsung ingin dan penasaran untuk mencicipi rasanya. Namun ketika kita memakannya, kita pasti sedikit kecewa karena rasanya bisa dibilang mirip pisang ambon dan dalam beberapa sudut pandang, pisang ambon lebih manis daripada pisang cavendish.

Buah pisang cavendish sangat laris manis sebagai oleh-oleh untuk bertamu atau menjenguk orang sakit lantaran pisang import ini disinyalir memiliki kandungan yang lebih tinggi dari pisang lokal dan buah apel. Di sisi lain, buah ini memang memiliki penampilan yang paling menawan jika dibanding dengan pisang lokal.

Di pasaran atau di supermarket, buah pisang cavendish dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Tiga biji buah ini bisa seharga 12.000 rupiah lho.

Selain sedap untuk dikonsumsi secara langsung, buah pisang cavendish juga sangat oke untuk dijadikan olahan keripik pisang yang dimasak dengan menggunakan oven sehingga tidak terkontaminasi dengan minyak goreng.

Pemanfaatan Pisang Sebagai Makanan Olahan

pemanfaatan pisang sebagai makanan olahan

via pinterest.com

Buah pisang hingga saat ini masih terus dieksplorasi untuk dijadikan berbagai macam jenis makanan seperti misalnya sale pisang, pisang rebus, pisang goreng, keripik pisang, kolak pisang, es krim pisang, puding, kue pisang, bolu pisang, brownis pisang, tepung pisang, hingga arak pisang.

Dari beberapa jenis olahan tersebut, yang paling kuno dan tradisional adalah sale pisang, pisang rebus, pisang goreng, dan kripik pisang meskipun keripik pisang ini telah mengalami evolusi sedemikian rupa hingga memiliki berbagai macam rasa seperti kripik pisang coklat, kripik pisang asin, kripik pisang balado dan sebagainya.

Sementara, ketika pisang telah bisa diolah menjadi tepung, kini peluangnya untuk dimanfaatkan bisa lebih banyak lagi seperti pada pembuatan es krim pisang, puding, coklat pisang, dan aneka kue yang terbuat dari pisang.

Untuk jenis olahan semacam ini, jenis pisang yang sering dimanfaatkan adalah pisang ambon dan pisang cavendish karena mereka memiliki aroma yang kuat serta ukuran buah yang besar.

Dari berbagai cara untuk mengkonsumsi pisang, tentunya kita juga perlu mengintip zat-zat apa saja kiranya yang terkandung dalam buah pisang seperti yang diuraikan pada bagian dibawah ini.

Kandungan yang Terdapat dalam Buah Pisang

kandungan buah pisang

via pinterest.com

Setelah para ahli melakukan berbagai macam investigasi atas kecurigaan mereka terhadap ampuhnya buah pisang dalam menunjang kesehatan dan kekebalan tubuh manusia, dalam beberapa tahun mereka meneliti dan menemukan bahwa buah pisang mengandung zat-zat penting bagi tubuh seperti yang dipaparkan di bawah ini.

  1. Kalsium
  2. Ada yang tidak tahu kalsium? aku pun tidak tahu bagaimana wujudnya, akan tetapi kalsium ini selalu berhubungan dengan tulang.

    Mendengar kata kalsium pikiranku langsung melayang membayangkan tulang. Ternyata kalsium tidak hanya berasal dari susu lho, pisang sangat kaya akan kalsium yan baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang.

  3. Folat
  4. Nah, ibu hamil pasti tidak asing dengan zat yang satu ini. Sepulang dari periksa di bidan atau puskesmas, ibu hamil pasti dioleh-olehi folat untuk persediaan selama dua minggu.

    Folat ini sangat penting untuk membentuk sistem syaraf otak pada bayi. Sementara untuk orang dewasa, folat tentu saja penting untuk merehabilitasi sel-sel syaraf yang telah usang karena selalu tegang menghadapi kenyataan.

  5. Tiamin
  6. Tiamin? Apa itu? tiamin adalah nama lain dari vitamin B1 yang berfungsi penting untuk mengubah karbohidrat menjadi tenaga. Di sisi lain, tiamin diperlukan untuk normalisasi otot syaraf dan jantung.

    Bagi para pekerja keras yang suka makan, suka marah-marah, dan suka deg-degan, dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi tiamin biar rileks.

    Oleh karena itulah buah pisang dikatakan sebagai buah yang mengobati stres atau buah yang jika dimakan sesuai dosisnya bisa menyebabkan rasa tenang dan nyaman.

  7. Riboflavin
  8. Nama yang aneh bukan? Rivoflavin tak lain adalah vitamin B2 yang peran utamanya adalah membantu pembentukan sel darah merah dan antibodi.

    Riboflavin juga merupakan kawan akrab tiamin yang selalu berurusan dengan metabolisme karbohidrat. Jadi bagi kamu yang merasa sering merasa lemah dan kekurangan darah akibat gigitan vampir, penangkalnya adalah pisang.

  9. Niasin
  10. Yang ini mirip merk mobil. Tetapi bukan lho. Niasin adalah vitamin B3 yang menjadi sahabat bagi penderita kolesterol dan penyakit jantung.

    Kok gitu? Kata ahlinya tuh, niasin memerangi kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

  11. Karbohidrat
  12. Buah pisang selalu manis rasanya dan rasa manis itulah tanda atas kehadiran karbohidrat dalam jumlah besar. Karbohidrat ini, sebagaimana semua orang tahu, adalah sumber energi. Kekurangan karbohidrat tentunya akan membuat kita kehilangan daya hidup, lemah, dan merasa sangat lapar.

    Jikalau sudah lapar, ini bukan berarti tidak berbahaya lho, kita bisa rentan kena maag. Dan berbicara soal sakit maag, buah pisang membantu perut kita agar tidak mual jika kita telat makan.

  13. Kalium
  14. Nama lain dari kalium adalah potassium, yakni salah satu mineral yang mutlak diperlukan tubuh. Kalium adalah teman kalsium dalam berkolaborasi menjaga kesehatan tulang.

    Selain itu, orang yang kekurangan kalium rentan terhadap penyakit darah tinggi, stroke, dan kencing batu. Yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan, kalium berperan untuk menjaga metabolisme fungsi otak.

    Kalium membawa suplai oksigen ke otak sekaligus menjaga kinerja syaraf agar mampu mengirim sinyal ke seluruh jaringan tubuh. Nah, dahsyat bukan?!

  15. Vitamin C
  16. Apa hayo fungsi dari vitamin C? Yup, vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh terutama bagi kamu yang sering melakukan aktivitas berat, sering bergadang, perokok dan peminum alkohol dosis besar.

    Jika tubuh kekurangan vitamin C, ciri-ciri awal yang bisa dikenali adalah kita sering bersin tanpa sebab, pusing, lemah, dan kemudian disusul dengan demam. Jika itu terjadi dan dibiarkan saja, percayalah tubuh sangat beresiko terserang penyakit lain yang lebih serius.

  17. Vitamin B6
  18. Fungsi penting dari vitamin B6 adalah menyelamatkan kita dari serangan gagal jantung meski vitamin ini jugaa mutlak diperlukan sebagai suplemen bagi otak dan sistem syaraf tubuh kita.

  19. Vitamin A
  20. Nah vitamin yang satu ini baik untuk kamu-kamu yang suka salah lihat alias bermasalah dengan penglihatan. Tentu kamu kekurangan vitamin A selain juga sering melihat yang tidak-tidak. Pastikan kamu cukup mendapatkan asupan vitamin A agar tidak salah lihat. Bahaya lho!.

  21. Vitamin D
  22. Vitamin D ini dikenal juga sebagai vitamin matahari karena vitamin ini diproduksi juga oleh kulit dengan bantuan sinar matahari.

    Fungsi dari vitamin D ini adalah untuk perkembangan tulang. Jika tubuh kekurangan vitamin D, resiko yang mungkin dialami adalah penyakit osteomalacia (tulang lunak) dan osteoporosis (pengeroposan tulang).

  23. Vitamin K
  24. Jika kamu adalah seseorang yang sering bermasalah dengan pendarahan atau sulitnya darah untuk membeku, maka bisa dipastikan kamu kekurangan vitamin K.

    Betul, salah satu fungsi penting dari vitamin K ini adalah untuk mempercepat pembekuan darah ketika tubuh terluka. Vitamin K banyak dipergunakan di rumah sakit khususnya untuk membantu pasien yang dioperasi.

  25. Mineral
  26. Buah pisang kaya akan berbagai mineral penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh seperti misalnya magnesium, zat besi, fosfor, tembaga, mangan, seng, flourida dan selenium.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan dan Kecatikan

12 manfaat pisang untuk kesehatan dan kecatikan

via pinterest.com

Dari beberapa kandungan yang terdapat dalam buah pisang, tentunya kita bisa mengira-ngira apa saja manfaat pisang bagi tubuh kita.

Namun demikian, ada baiknya aku mencoba untuk mengeksplorasi kembali seputar manfaat buah pisang bagi kesehatan dan kecantikan.

  1. Mengatasi Maag
  2. Buah pisang ini bisa dimakan bahkan sebelum kita makan makanan pokok. Namun bagi penderita maag, makan makanan berat bisa menjadi derita tersendiri karena mereka aka mual sebelum makan. Untuk itu dianjurkan kepada para penderita maag untuk rutin makan buah pisang sebelum makan makanan berat.

  3. Memberikan Efek Tenang
  4. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan tiamin pada buah pisang sangat baik untuk menjaga suhu tubuh agar tetap adem sekaligus membuat otot tubuh terasa rileks.

    Jika dikatakan bahwa buah pisang itu baik bagi orang yang pemarah, bisa jadi memang demikian. salah satu sebab yang membuat orang marah adalah tubuh yang secara tidak langsung menjadi pemicu kemarahan orang. Sehingga jika suhu tubuh adem dan otot rileks, pastinya orang tidak lekas marah.

  5. Baik Untuk Jantung
  6. Vitamin B kompleks yang terdapat dalam buah pisang merupakan perpaduan sempurna untuk menjaga metabolisme jantung dan darah dalam tubuh terutama bagi para penderita kolesterol. Kandungan niasin dalam pisang mampu menjaga tubuh dari kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

  7. Baik Untuk Ibu Hamil
  8. Tidak hanya folat tentunya yang direkomendasikan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang. Selain membantu untuk membentuk sistem syaraf pada janin, buah pisang berperan aktif dalam menjaga kestabilan emosi ibu hamil karena bagaimanapun juga ibu hamil sangat rentan terhadap stres dan depresi.

  9. Mempercepat Proses Penyembuhan
  10. Tak salah jika banyak orang yang menjenguk orang sakit selalu membawa buah pisang. Secara medis, kandungan vitamin dan mineral dalam buah pisang sangat baik untuk proses penyembuhan penyakit apapun terutama yang berkenaan dengan pendarahan, jantung, dan syaraf.

  11. Membantu Pertumbuhan dan Peremajaan Tulang
  12. Tingginya kalsium, kalium, dan vitamin D dalam buah pisang tak ayal lagi merupakan tersangka yang mampu membantu pertumbuhan dan peremajaan tulang. Maka pisang tak hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak melainkan juga orang tua.

  13. Merawat Sistem Syaraf dan Fungsi Otak
  14. Kalium tak hanya baik untuk tulang. Kalium merupakan mineral yang berperan penting untuk membantu sirkulasi oksigen dalam darah yang dialirkan ke otak dan sistem syaraf lainnya. Mengkonsumsi buah pisang tiga kali sehari bisa menghindarkan kita dari gejala pikun dan pikiran sumpek.

  15. Mencegah Anemia
  16. Vitamin B2 dalam buah pisang sangat berperan penting untuk membantu reproduksi sel darah merah dalam tubuh. Jadi bagi kamu yang sering pusing karena kurang tidur, sering bergadang, dan pucat seperti vampir, sebaiknya kamu makan pisang setidaknya tiga kali sehari dan diusahakan untuk rutin mengkonsumsinya.

  17. Meningkatkan Imun Tubuh
  18. Ini sudah pasti, apa lagi kandungan vitamin C dalam buah pisang sangatlah tinggi.

  19. Menghilangkan Jerawat
  20. Nah kalau ini kamu harus menghaluskan buah pisang dan menggunakannya sebagai masker. Tahu kan caranya? Diamkan masker pisang pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air.

  21. Mengencangkan Kulit
  22. Tak hanya dagung buahnya yang ternyata berguna, kulitnyapun oke untuk merawat wajah. Gunakan kulit pisang bagian dalam untuk dioleskan dan dipijit-pijitkan ke kulit wajah atau area lainnya.

    Diamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas dengan air. Jika hal ini rutin dilakukan, pasti kulit yang keriput hingga yang pecah-pecah akan kembali mulus.

  23. Memutihkan Gigi
  24. Kulit pisang bisa juga digunakan untuk memutihkan gigi lho. Caranya gampang, gosok kulit pisang bagian dalam ke gigi yang tampak kekuning-kuningan, kehitam-hitaman, kecoklat-coklatan, atau sudah tidak putih lagi.

    Lakukan secara rutin sehabis kamu makan buah pisang sehingga kamu tidak hanya mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kesehatan gigi.

Kira-kira demikian tersebut merupakan uraian yang sangat sedikit dari fungsi pisang yang sangat banyak manfaatnya. Akhir kata, marilah kita jaga tubuh kita dengan nutrisi alami seperti mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

Sharing is Caring

«

»


KATEGORI

BACAAN TERKAIT

Copyright © 2018 BudidayaKitaContact / Privacy Policy / Copyright / IP Policy / Term of Service